Di negara Indonesia budidaya kentang pertama kali dilakukan pada abad ke-18 di daerah dataran tinggi Cibodas, Lembang, Pangalengan dan Tengger. Yang kemudian mulai meluas ke wilayah Sumatera tepatnya di dataran tinggi kerinci.

Kentang yang disebut sebagai Solanum tuberosum L. termasuk tanaman berkeping dua (dikotil) dari keluarga Solanaceae. Tanaman ini merupakan tanaman semusim dan mempunyai kemampuan berkembang biak secara vegetatif melalui umbi.

Kentang dikenali orang sebagai makanan pokok di luar negeri. karena kentang mengandung karbohidrat. Di Indonesia sendiri, kentang masih dianggap sebagai sayuran yang mewah. Namun demikian, kentang adalah makanan yang enak serta sangat bernutrisi.

Dalam kentang mengandung sejumlah vitamin dari A, B-kompleks, vitamin C, hingga asam folat. Juga terdapat mineral, protein, karbohidrat, karotenoid, dan polifenol. Tak hanya itu kentang juga mengandung zat solanin yang dikenal sebagai obat penenang.

Budidaya Tanaman Kentang

Panduan Lengkap Cara Budidaya Kentang yang Baik

sites.google.com

Budidaya kentang akan tumbuh subur pada daerah beriklim dingin, suhu udara yang tinggi menyebabkan tanaman tidak dapat membentuk umbi. Saat ini banyak tempat Di indonesia terutama didaerah pegunungan menjadi sentra budidaya kentang.

kondisi tanah yang gembur dan mengandung banyak unsur hara sangat baik untuk budidaya kentang. Seperti daerah dataran tinggi yang memiliki kurang lebih ketinggian antara 1000-2000 mdpl.  Serta suhu udara yang dingin antara 14-22 oC.

Seperti halnya membudidayakan jenis tanaman lainnya, kalian harus memperhatikan beberapa teknik cara menanam kentang yang harus diperhatikan. Berikut ini  kami akan memberikan ulasan tentang menanm kentang yang benar.

Memilih Bibit Kentang yang Berkualitas

cara menanam kentang yang baik

abahtani.com

Tahap pertama dalam cara menanam kentang  adalah  mendapatkan bibit unggul kentang agar hasil yang nanti didapat juga sesuai harapan. Bibit yang digunakan sebaiknya berasal dari umbi yang sudah tua dengan ciri umbi kuat. serta berbobot kurang lebih 30g – 60g.

Untuk mendapatkan umbi yang baik dapat dilakukan dengan pemilihan dan cara :

  • Umbi yang baik adalah umbi bertunas dan juga kuat yang telah melewati proses penyimpanan 4 bulan setelah panen
  • Benih yang bagus jika telah tumbuh tunas kurang lebih 2 cm dan jumlah tunas mencapai 3 hingga 5 tunas per umbi.
  • Permukaan umbi harus mulus dan bebas dari cacat.

Pengolahan Lahan

cara menanam kentang didataran rendah

http://ultragen.co.id

Pertama-tama hal yang harus perhatikan dalam budidaya kentang adalah keadaan tanah yang akan dipakai, apakah keadaan tanah gembur atau padat. Untuk tanah yang padat diperlukan pembajakan atau pencangkulan dengan kedalaman kurang lebih 30 cm.

kemudian digaru sedalam 5 cm, lalu semprotkan tanah dengan obat black bos dan diamkan selama satu minggu. Untuk kondisi tanah yang gembur, pengolahan cukup dengan digaru dan disemprotkan obat black bos, lalu biarkan selama satu minggu.

Pemberian obat black bos dan pembiaran waktu sampai satu minggu bertujuan untuk memperbaiki aerasi tanah. memberikan waktu pada bakteri apathogen (bakteri menguntungkan) melakukan proses dekomposisasi pada tanah.

Setelah selesai pembajakan kemudian dilakukan penjemuran minimal satu minggu. Bedengan dibuat dengan lebar 80 cm, tinggi 10 cm serta panjang bedengan disesuaikan dengan kondisi lahan. Usahakan buatlah bedengan dengan menghadap timur – barat agar mendapatkan pasokan sinar matahari yang optimal.

Jarak antar bedengan kurang lebih 40 cm untuk akses aliran air hujan agar tidak menggenangi bedengan. Buatlah lubang tanam di atas bedengan dengan jarak antar lubang tanam kira – kira 20 cm hingga 25 cm.

Cara Menanam Bibit Umbi Kentang

cara menanam kentang di pot

abahtani.com

Tahap selanjutnya adalah menanam umbi kentang yang telah dipersiapkan. Sebaiknya awal tanam dimulai pada saat musim hujan agar tanaman bisa langsung mendapatkan suplay air yang cukup.

Tanamlah umbi Kentang yang telah bertunas kurang lebih 2 cm , kemudian tutup kembali dengan tanah setebal 5 cm. Jangan terlalu tebal dalam menimbun umbi kentang sebab akan mengurangi produktivitas kentang.

Pemeliharaan Tanaman Kentang

cara menanam kentang yang benar

http://fredikurniawan.com

Setelah usai penanaman kentang, selanjutnya tentang bagaimana cara memelihara kentang agar tanaman kentang dapat tumbuh dengan baik. Pemeliharaan tanman kentang meliputi penyiraman, penyiangan, pemupukan dan pengendalian hama.

Penyiraman Tanaman Kentang

cara menanam kentang organik

www.mongabay.co.id

Penyiraman dilakukan sesuai dengan kondisi tanah dan cuaca. Di daerah lembab dan sering turun hujan, relatif tidak memerlukan penyiraman. Apabila keadaan tanah terlihat kering baru lakukan penyiraman.

Menyirami tanaman kentang tidak harus hingga membuat tanah tergenang, justru terlalu banyak air akan menghentikan pertumbuhan umbi kentang.

Penyiangan Tanaman Kentang

cara menanam kentang agar hasil melimpah

steemit.com

fase berikutnya dalam cara menanam kentang adalah perbaikan guludan serta membersihkan area disekitar lahan dari gulma maupun rumput yang menggangu pertumbuhan kentang. Biasanya penyiangan pertama dilakukan setelah tanaman berumur satu bulan setelah masa tanam.

Penyiangan gulma berikutnya dilakukan setelah tanaman berumur dua bulan. Setelah itu, tidak diperlukan lagi penyiangan, karena tajuk tanaman sudah rimbun sehingga gulma sulit tumbuh.

Pemupukan Tanaman Kentang

cara menanam kentang beserta gambar2

bisnis.tempo.co

Tahap selanjutnya adalah proses pemberian pupuk pada tanaman. Pemupukan dibutuhkan sebab dapat mempengaruhi hasil panen kentang. Di perlukan pemupukan dari atas dan dari bawah tanaman kentang.

Pemupukan dari atas dengan cara menyemprot tanaman kentang dengan POC GDM pada seluruh tanaman kentang setiap 1 minggu sekali dengan dosis 2 gelas air mineral per tangki, agar pertumbuhan tanaman lebih cepat. Tanaman terlindungi dari serangan penyakit, umbi kentang lebih cepat keluar serta lebih cepat besar dan berat maksimal.

Pemupukan dari bawah menggunakan pupuk NPK dan aplikasikan setiap 20 hari sekali, dengan cara dibenamkan di dalam tanah dengan jarak sekitar 5-10 cm dari pohon kentang.

Pengendalian Hama dan penyakit yang Menyerang Tanaman

cara menanam bibit kentang

abahtani.com

Dalam budidaya tanaman apapun, pengendalian hama dan penyakit adalah sesuatu yang sangat penting. Tidak terkecuali dalam budidaya kentang. Pengendalian sebaiknya dilakukan sejak dini, sebab jika sudah terlanjur parah serangan hama dan penyakit akan sulit untuk dikendalikan.

Sebenarnya pencegahan penyakit dan hama dapat dilakukan dengan cara penyemprotan fungisida maupun insektisida dimulai sejak tanaman berumur 10 hari. Interval penyemprotan dilakukan dua kali seminggu, atau tergantung dari gejala kerusakan yang terlihat.

Sebagai pengatahuan buat pembudidaya kentang. Jenis-jenis hama dan penyakit yang biasa ditemukan dalam budidaya kentang di Indonesia antara lain:

  • Busuk daun (Phytophthora infestans)
  • Penyakit layu bakteri (Pseudomonas Solanacearum)
  • Bercak lunak (Altenaria Solani)
  • Penyakit layu fusarium (Fusarium Oxysporum)
  • Virus gulung daun (PLRV)
  • Root knot nematodes (Meloidogyne Spp.)
  • Ulat gulung (Phthorimae Operculella)
  • Pekung (Rhizoctonia Solani)
  • Virus (Virus X, Virus Y, Virus S)
  • Oteng-oteng (Epilachna Puntata)
  • Ulat tanah (Agrotis Ipsilon)
  • Kutu daun hijau (Myzus Persicae dan Aphis Nasturtii)
  • Orong-orong (Cryllotalpa Sp.)

Untuk mengatasi dan mencegah sebelum semua penyakit yang disebutkan di atas menyerang dengan cara menggunakan bLACK BOS yang di semprotkan pada tanah dengan dosis 3 tutup botol per tangki setiap seminggu sekali dan semprotkan POC GDM pada tanaman yang terserang penyakit dengan dosis 2 gelas air mineral setiap 2 kali seminggu.

Masa Panen Kentang

contoh cara menanam kentang

www.beritasatu.com

Tips dan langkah terakhir dalam cara menanam kentang yaitu periode atau masa panen dari tanaman kentang. Masa panen dari tanaman kentang biasanya pada umur 3 hingga 4 bulan lamanya. Pada masa tersebut, umbi kentang sudah dapat kita ambil atau kita panen secara serentak.

Pemanenan tanaman kentang harus diperhatikan, jangan terlalu dini atau terlalu tua. Ketika memanen yang terlalu dini akan membuat kualitas kentang rendah, karena pembentukan karbohidrat dalam umbi masih belum optimal. Sedangkan pemanenan kentang terlalu tua meningkatkan resiko umbi kentang terserang penyakit dan rusak.

Setelah Kentang dipanen, diamkan di lahan sekitar 1 jam agar terpapar sinar matahari agar kulit umbi mengering dan kotoran tanah terlepas semua.
Pemanenan dilakukan ketika umbi-umbian memiliki masak optimal, yang ditandai dengan daun mulai mengering.

Pemangkasan daun dilakukan sebelum panen, tanaman kentang yang masih berada di atas tanah. Panen dilakukan dengan hati-hati terutama ketika membongkar pegunungan dan dilakukan selama cuaca cerah tidak hujan.

Demikianlah ulasan diatas bagaimana cara menanam kentang yang dapat membuat hasil panen yang maksimal dan terbukti efektif untuk meningkatkan hasil panen tanaman kentang. Selamat bercocok tanam kentang !!


ievoolme

Berpikir positif, tidak peduli seberapa keras kehidupan ini

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *