Cara mencangkok tanaman merupakan suatu materi percobaan yang pasti pernah kita lakukan pada saat kita masih menyandang baju putih merah di pendidikan sekolah dasar. Pengalaman mencangkok yang mungkin akan terus membekas dalam fikiran kita semua.

Mencangkok Tanaman merupakan salah satu cara perkembangbiakan vegetatif buatan yang bertujuan untuk memperbanyak tanaman yang memiliki sifat yang sama dengan induknya dan cepat menghasilkan buah.

Pengertian Secara Istilahi

fredikurniawan.com

Mencangkok adalah usaha manusia dalam memperbanyak tanaman baru atau Pengembangbiakan dengan cara Vegetatif buatan. Mencangkok tumbuhan tidak dapat dilakukan kesemua jenis tanaman, tapi tumbuhan yang dapat dicangkok hanya tumbuhan dikotil dan biji terbuka.

Dengan mencangkok kita dapat mudah memperbanyak tumbuhan. Cara perkembangbiakan dengan mencangkok adalah sangat istimewa terutama untuk buah-buahan. Karena rasa dan bentuk buah yang dihasilkan biasanya akan sama persis dengan induknya.

Berbeda jika perkembang biakan di lakukan dengan menanam biji, terkadang tanaman yang dihasilkan tidak sama dengan kriteria yang dimiliki oleh induknya. Antara rasa buah dicangkok sama hasil tumbuhan dari biji pasti sangat beda meskipun tidak jauh.

Syarat Tanaman yang bisa Dicangkok

www.pexels.com

Sebenarnya banyak jenis tumbuhan yang bisa dicangkok. Umumnya pada tanaman yang berjenis dikotil atau tanaman yang memiliki kambium. Ciri-ciri tanaman berkambium antara lain adalah tanaman yang biasanya memiliki batang yang keras serta bisa dikupas kulitnya.

Bagi kalian yang belum tahu kambium. Kambium biasanya terdapat pada anatara kulit dan batang, kambium bisa keluar dari batang apabila kita mengupas kulit pada batang tersebut. Untuk mencangkok kita cukup menghilangkan kambium agar kulit tidak dapat terbentuk kembali.

Syarat tanaman yang bisa dicangkok kurang lebih seperti yang demikian :

  • Pohon yang dicangkok harus berasal dari tanaman induk yang produktif, artinya selama dlam masa hidupnya pohon itu berkali-kali menhasilkan buah yang lebat.
  • Dalam proses pertumbuhan pohon tanaman tersebut berkualitas bagus serta dalam penyerbukan bunga selalu menjadi buah dikemudian harinya.
  • Pastikan batang yang akan dicangkok memiliki batang yang kuat dan setidaknya memliki 2-3 cabang utama.
  • Tinggi maksimal batang yang akan dicangkok kurang lebih dari dua meter, dengan umur kurang lebih dari tiga tahun keatas.
  • Pastikan pohon induk terbebas dari hana dan penyakit.

Teknik Mencangkok Tanaman

gopena.net

Seiring dengan berjalannya waktu dengan zaman semakin modern dan canggih dalam perkebangbiakan mencangkok memiliki dua jenis teknik yaitu dengan teknik tradisional dan teknik kontemporer {hidroponik}.

Teknik Mencangkok Secara Tradisional

http://paktani02.blogspot.com

Teknik mencangkok secara tradisional adalah teknik mencangkok tanaman dengan menggunakan media cangkok berupa tanah yang dibungkus kain, serabut kelapa atau plastik  dengan diberikan asumsi pengairan yang banyak.

Mencangkok tanaman dalam teknik tradisional kita perlu mengupas seluruh bagian kulit yang telah dikerat dan menghilangkan kambiumnya dari batang keras pohon untuk kemudian diberi tanah dan dibungkus.

Teknik Mencangkok Secara Kontemporer

steemit.com

Sedangkan, teknik kontemporer adalah teknik mencangkok tanaman dengan media cangkok berupa air yang dicampur dengan nutrisi hidroponik. Sebenarnya teknik kontemporer ini sangat sederhana, hanya saja memerlukan kondisi dahan yang khusus agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Dalam teknik kontemporer yang dibutuhkan untuk menggunakan teknik ini adalah gelas atau botol plastik yang telah dipotong, tali. air dan nutrisi hidroponik.

Teknik kontemporer kalian hanya perlu membuat sayatan atau mengupas sebagian kulit tanpa harus melepaskan dari dahannya. Setelah itu salah satu sudut bibir gelas atau botol plastik yang telah berisi air dan nutrisi hidroponik bisa kita selipkan diantara kulit kayu yang kita sayat.

Masukkan kulit kayu tersebut dalam gelas atau botol plastik, setelah itu ikat agar gelas atau botol plastik tersebut tidak lepas atau jatuh. Kurang lebih dalam jangka waktu dua bulanan, kulit kayu yang kalian masukkan kelarutan air hidroponik akan muncul akar.

Kenapa Hanya Tumbuhan dikotil yang bisa dicangkok ?

www.smpn6bandarlampung.sch.id

Alangkah sedikitnya kita tengok struktur batangnya. Struktur batang tumbuhan dikotil dan monokotil memiliki beberapa berbeda, adapun perbedaannya antara lain :

  1. Berkas pembuluh pada tumbuhan dikotil teratur. Floem terletak di bagian luar pembuluh dan xylem terdapat di bagian dalam pembuluh, di antara dua bagian ini terdapat kambium yang meripakan jaringan meristematis sekunder. Sedangkan pada tumbuhan monokotil berkas pembuluhnya menyebar. Xylem dan floemnya berdekatan tapi menyebar di seluruh bagian.
  2. Batang dikotil memiliki kambium untuk pertumbuhan sekunder (membesar / melebar) sedangkan tumbuhan monokotil tidak.

Dua hal di ataslah yang menyebabkan hanya tumbuhan dikotil yang bisa dicangkok. Mencangkok memerlukan susunan batang yang teratur. Saat mencangkok jaringan floem dihilangkan agar zat makanan hasil fotosintesis terhenti di daerah pemotongan dan merangsang pertumbuhan akar.

kelebihan dan Kekurangan Mencangkok Tanaman

detikriau.org

Adanya cara mencangkok yang bertujuan untuk menjaga kualitas buah dari tumbuhan tersebut, disamping itu pasti akan ada keuntungan dan kerugian dari cara tersebut. Kurang lebih keuntungan dan kerugian dalam mencangkok tanaman seperti berikut ini :

Kelebihan Mencangkok

rumahtanaman.com

Tanaman Lebih Cepat Berbuah

unsplash.com

Tanaman hasil cangkokan memiliki keunggulan yaitu cepat berbuah bila dibanding dengan tanaman yang berasal dari biji. Karena tanaman hasil cangkokan didapatkan dari pohon induk yang pernah berbuah, jadi tentu saja akan cepat untuk berbuah.

Tanaman Memiliki Sifat yang Sama Dengan Induknya

unsplash.com

Pengen tahu bagaimana cara memiliki tanaman yang sama dengan tanaman induknya, hasil buahnya juga sama, rasa buahnya juga sama, maka mencangkok adalah salah satu alternatifnya. Produksi dan kualitas buahnya akan persis sama dengan tanaman induknya.

Tigkat Keberhasilannya Lebih Tinggi

www.pexels.com

Apabila kalian menanam tumbuhan hasil budidaya mencangkok, akan dipastikan tingkat keberhasilannya sangat tinggi. Dalam pembuahannya juga akan lebih cepat dibanding tanaman hasil dari bibit.

Tanaman Hasil Cangkok Relatif Pendek

pixabay.com

Tanaman hasil budidaya dari cangkok biasanya sudah dapat berbuah meskipun memiliki ukuran yang tidak tinggi. Bahkan pohon yang masih pendekpun sudah dapat menghasilkan buah, tidak seperti tanaman yang didapatkan dengan cara budidaya menggunakan biji atau cara generatif.

Menghasilkan Individu Baru dengan Induknya

rumahtanaman.com

Cara generatif memerlukan perkawinan yang relatif lama, namun dengan cara vegetatif, waktu yang dibutuhkan menjadi lebih singkat. solusi mudah untuk memperkembangkan tanaman.

Kekurangan Mencangkok

pixabay.com

Ini merupakan hukum alam pada kehidupan. Apapun yang dihasilkan dengan cara yang singkat tanpa melalui proses dan tahapan yang seharusnya, biasanya memiliki beberapa kelemahan. Tidak hanya manusia tumbuhan pun memerlukan proses demikian. Berikut ini adalah kelemahannya :

Tanaman Tidak Tahan Kering pada Musim Kemarau

penjagarumah.com

salah satu kelemahan tanaman hasil cangkokan yaitu tanaman tersebut tidak tahan apabila musim kemarau datang. Dengan demikian diperlukan penyiraman rutin agar tanaman tidak mati.

Tanaman Mudah Roboh bila Terkena Angin Kencang

http://duniatanamanhijau.blogspot.com

tanaman hasil cangkokan relatif mudah untuk roboh apabila terkena angin kencang karena akar tanaman bersifat serabut. Berbeda dengan tanaman berakar tunggang yang kuat meskipun diguncang angin yang kencang.

Pohon Induk Mudah Cepet Rusak

www.liputan6.com

Tanaman induk akan menjadi rusak karena banyaknya cabang yang dipotong sebab dicangkok. Sehingga bisa saja tanaman induk cepat mati.

Langkah-Langkah Proses Mencangkok Tanaman

Menyiapkan Peralatan Mencangkok

sipananda.files.wordpress.com

Dalam proses mencangkok kalian tidak butuh mengeluarkan uang, karena peralatan sangat mudah didapat dan disekeliling kalian pasti ada, Siapkan saja:

  1. Pisau yang tajam yang tidak ada karatnya dan bersih untuk mengerat dan mengupas kulit.
  2. Kantong kresek, polybag atau sabut kelapa, untuk pembungkus.
  3. Tali apa saja, tetapi saya lebih suka pakai tali dari pelepah atau kedebong pisang yang kering, karena kesat dan kuat, gratis lagi.
  4. Tanah yang subur atau ber-humus, tandanya ketika dikepal terasa kalis dan gembur, begitu dilepas langsung megar. Lebih baik lagi dicampur abu atau tanah bakar untuk mengurangi kadar asam pada tanah.

Tahapan Mulai Mencangkok Tanaman

fredikurniawan.com

Tahap Pertama : Pilihlah ranting yang akan dicangkok menurut pengamatan kalian yang paling bagus dan sehat serta jarang diserang hama. Usahakan cari dahan yang berukuran sedang-sedang, tidak terlalu besar dan kecil.

Tahap Kedua : Setelah memilih dahan yang akan dijadikan bahan cangkokan, kupaslah kulit dahan tersebut secara milingkar dengan pisau kurang lebih panjang 20 cm. Bersihkan kambium yang keluar dari dahan sampai benar-benar bersih menggunakan lap bersih.

Tahap Ketiga : Usahakan ketika dalam proses pengupasan kulitnya tadi jangan sampai membikin luka yang lainnya disekitar dahan itu.

Tahap Keempat : Setelah kambium yang keluar dari bekas kupasan kulit tadi, tunggu sampai kira-kira 15 menit agar dahan kering dan tidak mengeluarkan getah.

Tahap Kelima : Ketika sudah kering, tutup dahan yang telah dikupas kulitnya tadi dengan menggunakan tanah subur atau menggunakan tanah yang telah dicampur dengan pupuk.

Tahap Keenam : Yang sebelumnya dahan dikupas lalu ditutup dengan tanah, selanjutnya bungkus tanah tersebut dengan menggunakan sabut kelapa atau kain. Tatkala membungkus usahakan sebelumnya kain atau sabut kelapa tersebut dikasih rongga.

Selanjutnya ikat antara ujung dengan tali agar tanah tidak mudah jatuh tatkala terkena hujan atau dibawa angin.

Tahap Ketujuh : Tahap terakhir adalah tahap proses pemeliharaan. Sirami cangkokan tadi secara rutin dikondisikan tanah tidak sampai kering jadi dalam kondisi lembab terus.

Itulah step by step cara mencangkok tanaman yang baik dan benar. Silahkan dipelajari dengan betul agar ketika praktek nanti mendapatkan hasil yang memuaskan.

 

 


ievoolme

Berpikir positif, tidak peduli seberapa keras kehidupan ini

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *