Ciee yang lagi nyari pidato, pasti buat perpisahan sekolah ya. Tenang aja sob, semua orang sepertinya pernah mengalaminya juga semasa sekolah. Nah buat membantu sobat-sobat yang sedang kebingungan mencari pidato perpisahan yang pendek atau singkat, kali ini kami akan memberikan beberapa contoh pidato perpiahan yang bisa sobat gunakan.Tapi sebelumnya, apa sih pidato itu ?

Devenisi Pidato

Pidato adalah suatu bentuk cara penyampaian/pengungkapan pikiran secara lisan dalam bentuk kata-kata yang tersusun dengan baik untuk disampaikan kepada orang banyak. perlu anda ketahui bahwa Pidato disebut juga orasi dan orang yang berpidato disebut orator.

Sebuah Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi para pendengar pidato tersebut. Perlu anda ketahui junga bahwa Kemampuan berpidato atau berbicara di depan publik / umum dapat membantu mencapai jenjang karir yang baik.

Etika Dalam Berpidatopidato

Selain Teknik Berpidato, Hal yang tak kalah penting harus kita ketahui sebelum berpidato ialah Etika Berpidato. Dalam berpidato, tentu sebisanya kita harus dapat beradaptasi serta membedakan siapa yang menjadi audience kita saat berpidato. Berikut beberapa etika dalam berpidato yang harus kita perhatikan :

Etika berpidato di depan umum meliputi :

  • Mengenakan pakaian yang sesuai dengan suasana pertemuan, rapi, bersih dan sopan; Tampil dengan bersahaja, sopan dan rendah hati;
  • Menyisipkan beberapa humor segar dalam pidato;
  • Gunakan kata-kata yang sopan, halus, dan sederhana;
  • Sebagai kata penutup jangan lupa mengucapkan maaf bila terdapat tutur kata yang kurang berkenan dan lain-lain.

1. Etika berpidato di depan pejabat:

  • Menghilangkan rasa rendah diri;
  • Jangan tampil seolah-olah menggurui, sikap lebih tahu dan lain-lain;
  • Jangan terlalu memberikan penghormatan yang berlebihan pada audience.

2. Berpidato di depan Pemuka Agama

  • Jangan mengeluarkan kata-kata yang bisa menyinggung umat beragama;
  • Jangan ada nada merendahkan atau memuji agama tertentu;
  • Perbanyak istilah-istilah keagamaan

3. Etika Berpidato di depan para wanita. Bila pembicara seorang laki-laki, hati-hati jangan sampai menyinggung harkat dan martabat wanita; menggunakan istilah-istilah yang tepat seperti ibu-ibu atau saudari sekalian; hindari kata-kata kasar, kurang senonoh dan kurang sopan;

4. Etika Berpidato di depan Pemuda/Mahasiswa. Pidato harus mengutamakan penalaran yang berikaitan dengan dunia anak-anak muda; Jangan mengeluarkan kata-kata yang bersifat menentang; Jangan mengkritik dan menyalahkan anak-anak muda

5. Etika Berpidato di depan masyarakat Desa. Jangan berbohong; Gunakan kata-kata yang sopan dan sederhana, kapan perlu sisipkan beberapa istilah dalam bahasa stempat.

Beberapa Hal Penting Berkaitan dengan Berpidatopidato pendek

Ketika kita ingin berpidato tentunya ada hal-hal yang perlu mendapat perhatian diantaranya yaitu :

  1.  Posisi Berbicara. Seorang pembicara harus sedapat mungkin dilihat oleh semua audience. Kalau boleh tidak duduk, usahakan untuk berdiri, agar semua audience dapat menatap wajah dan penampilan pembicara;
  2. Mengatur Suara Dalam Berpidato. Usahakan mengeluarkan suara dengan jelas, tegas, dan nyaring dan sesuaikan dengan ruang pertemuan, apakah ruang kecil atau ruang aula yang luas dan besar;
  3. Volume, Intonasi dan Pelafalan. Pada saat berpidato, usaha mengatur: volume suara, intonasi, dan pelafalan;
  4. Sisipkan humor yang sopan, segar dan relevan;
  5. Gerak Tubuh, seperti tangan, telapak tangan, jari, kepala, raut muka, dan lain-lain juga mendukung daya tarik dalam berpidato, namun jangan terlalu berlebihan, dan harus sesuai dengan apa yang sedang dibacarakan;
  6. Penggunaan mikropon. Bila ada mikropon, gunakanlah dengan sebaik-baiknya, dan jangan menempel di mulut, namun agak jauh dari mulut pada saat berbicara agar suaranya bagus; dan
  7. Bila ada slide( berupa OHP dan LCD), alat peraga, papan tulis, sangat efektif untuk menunjang kegiatan saat berpidato.

Contoh Pidato Perpisahan Serta Metodenyametode pidato

  1. Yang pertama ada metode hafalan/menghafal (berpidato dengan cara menghafal naskah).
  2. Selanjutnya ke dua metode pakai teks/naskah (metode ini biasanya cenderung membaca teks yang telah disiapkan)
  3. Metode ekstemporan (metode ini berpatokan dengan garis besar gagasan yang akan di sampaikan)
  4. Metode impromptu (metode ini bersifat langsung, spontan, tanpa persiapan). Lalu apakah yang terjadi jika kita memakai metode ke 4.

Ya jelas aja anda harus banyak jam terbang atau banyak latihan, lalu bagaimana jika kita tidak mempunyai pengalaman dalam berpidato, ya otomatis akan terkena demam panggung.

Tapi jangan kawatir gaes saya sudah menyiapan obat untuk menangani demam panggung, obatnya yaitu berlatih pidato,oleh karena itu silahkan simak contoh pidato perpisahan sekolah di bawah ini.

Contoh Pidato Perpisahan untuk Tk

pidato singkat

dimasfan.com

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Yang terhormat para guru semuanya. Yang kami hormati orang tua kami tercinta. Dan juga hadirin sekalian dan teman-teman yang berbahagia.

Rasa syukur kami ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan berharga bagi kita semua untuk berkumpul di hari yang cerah ini dalam rangka “Pelepasan Murid Taman Kanak-Kanak Tahun Ajaran 2018-2019”.

Rasa cinta juga selalu tercurah untuk Nabi Besar Muhammad SAW yang menjadi junjungan umat muslim semuanya. Semoga kita semua bisa mendapat syafaat  dan perlindungannya kelak di akhirat nanti. Amin ya rabbal alamin.

Pada hari ini kami selaku murid Taman Kanak-Kanak merasa sangat berbahagia karena telah dinyatakan selesai dalam menempuh pendidikan di tahun ajaran ini. Rasa syukur selalu kami ucapkan kepada semua orang yang sudah membantu kami.

Beribu terima kasih tak henti terucap untuk seluruh guru kami tercinta yang sudah mendidik kami dengan penuh kesabaran dan hati yang selalu lapang dada. Kami mohon maaf jika selama ini sudah membuat ibu dan bapak guru kesusahan karena tidak mendengarkan nasihat dengan benar.

Perjalanan kami memang masih sangat panjang. Maka dari itu, dukungan tak henti kami butuhkan dari guru beserta ayah bunda. Kami memang merasa sedih karena harus meninggalkan sekolah dan teman-teman sekalian. Namun kami akan selalu semangat dalam belajar di tempat baru nanti.

Untuk adik-adik yang lain, kami berharap adik-adik bisa selalu semangat dalam belajar. Sehingga nantinya kita bisa menjadi generasi cerdas penerus bangsa. Semoga ilmu dari bangku sekolah ini bisa kita amalkan dengan baik dan benar.

Akhir kata, terima kasih semuanya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Pidato Perpisahan untuk SD

Pidato-Singkat

http://syahrulanam.com

Assalamu’alaikum Warrohmatullah Wabarokatuh.

Alhamdulillahirobbil ‘alamin, Waasholatuashalamu’ala ashrofil ‘ambiyaiwalmursalin Waa’ala alihi wasohbihi ajma’in. Ammaba’du. Yang kami hormati :

  • Bapak kepala sekolah kami beserta majlis guru.
  • Bapak kepala desa atau yang mewakili beserta staf aparatur pemerintahannya.
  • Bapak ibu wali murid yang hadir
  • Dan teman-teman yang di rahmati Allah

Puji syukur kehadirat Allah swt zat yang telah memberikan kenikmatan-kenikmatan yang tidak bisa dihitung dan dibandingkan dengan hal lain. Dialah Allah yang telah memberikan kita nikmatnya iman dan indahnya Islam, dan Allah juga yang memberikan nikmatnya sebuah pertemuan dan perpisahan.

Shalawat dan salam marilah senantiasa kita hadiahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad saw. Suri tauladan umat islam yang telah mengajarkan umatnya kebaikan dengan keteladananNya.

Beliaulah yang telah mengajarkan arti tanggung jawab dan mengajarkan kewajiban kepada kita semua, sehingga kita sebagai umatnya selalu ingin menjadi umat terbaik sepanjang zaman.

Bapak ibu guru yang di rahmati Allah Taala, Ini adalah hari terakhir kami di sini setelah enam tahun bersama. Tapi itu bukan berarti kami akan melupakan segala jasa-jasa mu dalam mendidik kami hingga detik ini. Begitu banyak hal yang sudah guru berikan untuk kami, tidak hanya ilmu, bahkan waktu sengaja engkau berikan untuk kami agar hidup kami lebih berarti.

Bapak dan ibu guru Kami di sini ingin mengucapkan terima kasih atas apa yang telah Bapak dan Ibu guru berikan kepada kami. Semoga semua yang bapak Ibu guru berikan akan dicatat sebagai amal kebaikan dan amal ibadah di sisi Allah swt. Amin.

Bapak dan Ibu guru, Pada kesempatan kali ini kami semua memohon maaf apabila selama ini tingkah laku kami secara sengaja maupun tidak sengaja telah melukai hati dan membuat bapak dan ibu guru marah. Kami berharap bapak dan Ibu guru berlonggar hati untuk memberikan maaf kepada kami semua.

Untuk adik-adikku, Disini kami sebagai kakak-kakak yang akan meninggalkanmu di sekolah tercinta ini ingin berpesan, belajarlah dengan baik, tuntutlah ilmu jangan sampai kalian merasa bosan dengan ilmu yang kalian cari, dan janganlah lupa untuk selalu menghormati dan patuh kepada Bapak dan Ibu guru.

Untuk orang tua kami, Terima kasih, karena telah hadir dan mengantarkan kami di sini. Dari Sekolahan inilah kami mendapatkan ilmu-ilmu yang bermanfaat seperti ilmu berhubungan dengan bekal di akhirat. Yang isnyaAllah bisa menjadi penuntun jalan hidup ini. Bapak, Ibu guru, teman-teman dan orang tua kami. Kami ucapkan Terimakasih sebanyak banyaknya.

Cukup sekian dari kami. Kami ucapkan wassalamualaikum warohmatuAllohi wabarokatuh.

Contoh Pidato Perpisahan untuk SMP

pidato untuk sd

ciptacendekia.com

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yth. kepada bapak kepala dinas pendidikan atau yang mewakilinya, yang kami hormati bapak kepala SMPN, yang kami hormati komite sekolah. Bapak-bapak dan ibu-ibu guru, Staff TU, para tamu undangan, serta siswa-siswi yang saya Sayangi.

Pertama tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa karena pada hari yang cerah ini kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal afiat. Untuk memeriahkan acara Perpisahan Murid SMP Negeri Angkatan 2018-2019″.

Kedua, saya atas nama perwakilan kelas dan ketua osis ( ketua pelaksana ) mengucapkan terima kasih kepada Bapak kepala sekolah, Bapak/Ibu guru yang telah menyumbangkan tenaga, pikiran tanpa mengenal waktu dalam membimbing.

Serta memberi arahan guna terlaksananya acara ini, dan saya berterima kasih kepada panitia yang telah mengizinkan saya untuk berdiri di sini menyampaikan salam perpisahan ini di depan para hadirin sekalian.

Ketiga, setelah hari ini kakak-kakak kelas 9 akan mengetahui hasil yang di peroleh dan yang ditunggu-tunggu selama ini, yaitu kelulusan atau lulus tidaknya kakak dalam mengikuti ujian yang diadakan kemaren.

Mungkin sekarang kakak-kakak kelas 9 bisa dianggap bukan anak SMP lagi ! ya tidak ? karena mungkin kakak-kakak kelas 9 yang ada disini Lulus Semua ( Amin ) !!! kakak-kakak kelas 9 akan meninggalkan sekolah ini dan kita semua akan berpisah.

Berbicara tentang perpisahan. Setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan . Kebanyakan dari kita pasti baru bertemu dan berteman akrab saat bersekolah di sini. Atau mungkin juga ada yang sudah berteman sejak SD atau bahkan sejak masih balita.

Alangkah senangnya apabila pertemanan yang telah kita jalin selama tiga tahun ini dapat bertahan selamanya. Seakan tak tergoyahkan oleh apapun tak tergantikan dan tak lekang termakan oleh waktu.

Namun tak dapat kita ingkari bahwa seiring dengan berjalannya waktu kehidupan kita, seiring dengan datangnya hal-hal baru seperti SMA, kuliah, ngekos, kerja, menikah, dan juga seiring dengan datangnya orang-orang baru, teman baru, cowok baru, cewek baru, perpisahan memang hal yang lumrah terjadi.

Mungkin di antara kita ada yang merasa bergairah mengalami perpisahan karena yang ia tunggu selama ini adalah hal-hal baru yang terlihat lebih menyenangkan dibanding hal-hal di sini yang sangat membosankan.

Tapi mungkin di sisi yang berbeda, ada yang merasa sangat sedih karena telah mengalami banyak hal menyenangkan di sini dan betapa banyaknya kenangan yang telah tercipta.

Kenangan… Teman-teman dan kakak-kakak kelas 9 yang saya cintai, sebelum kita terlambat menyadari bahwa waktu tak dapat diputar kembali dan sebelum kita menyesal karena telah menyia-nyiakan masa SMP kita tanpa mengalami satu pun hal berharga.

Maka buatlah kenangan sebanyak banyaknya! Lakukanlah apa yang ingin kita lakukan. Katakanlah apa yang ingin kita katakan. Katakanlah kepada guru yang terlalu kaku dalam mengajar untuk lebih santai.

Katakanlah kepada cewe-cewe berisik yang ngerasa sok cantik dan populer kalau otak tuh lebih penting dibanding penampilan! Katakanlah kepada cowo cupu di sekolah untuk lebih percaya diri.

Katakanlah kepada orang yang kamu cintai bahwa kalian memang mencintainya!! It’s NOW or NEVER, friends! Come On! As time goes by, memory remains. Seiring berjalannya waktu, hanya kenanganlah yang tersisa.

Keempat, khusus untuk kakak-kakakku kelas 9 yang tercinta, teriring doa kami semoga kakak-kakak lulus dan dapat melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi dan diberi kesuksesan dalam segala hal ( Amin ).

Harapan kami Semoga kakak tidak melupakan jasa para guru yang telah mendidik dan membimbing kita, juga tidak melupakan sekolahan tercinta ini.

Untuk rekan-rekan kelas 8 dan adik-adik kelas 7, perjuangan kita belum berakhir sampai disini, jadi kita jangan menyerah dan mudah puas atas apa yang telah kita dapatkan. Kita harus terus berjuang mengejar cita-cita dan membanggakan orang-orang disekitar kita.

Terakhir.. saya kutip dari film Cinta Pertama yang dimainkan oleh Bunga Citra Lestari dan Benjamin Joshua bahwa memang pertemuan tidak ada yang abadi. Tapi saya percaya, seperti pertemuan, perpisahan juga tidak ada yang abadi! Jangan lupakan setiap hal berharga yang telah kita alami selama bersekolah tiga tahun di sini. Simpanlah kenangan itu dalam hati kita semua..

Hadirin sekalian, kami atas nama panitia tidak lupa mohon maaf yang sebesar-besarnya, apabila dalam penyambutan, penyediaan tempat dan lain-lain , terdapat hal-hal yang kurang berkenan dihati para Bapak dan Ibu sekalian semoga, semoga para bapak dan ibu membukakan pintu maaf yang selebar-lebarnya.

Demikianlah sambutan dari saya. Terima kasih atas segala perhatian dan sekali lagi mahon maaf sebesar-besarnya atas segala kekurangan. Dan Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.

Akhiru kalam, wabilahi taufik walhidayah….Wasalamu’alaikum Wr. Wb

Contoh Pidato Perpisahan untuk SMAteks pidato

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi kepada seluruh para hadirin di aula ini.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada kehadirat Allah SWT atas limpahan karunia dan juga rahmat, kita semua dapat hadir dan berkumpul di aula ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT, karena sudah diberikan rejeki berupa kelulusan kepada seluruh siswa siswi SMAN ini.

Kemudian, kita juga ucapkan salawat kepada Nabi Muhammad SAW dan semoga saja kita bisa mendapatkan syafaatnya kelak. Dengan syafaat yang diberikan, kita akan memiliki kesempatan untuk dapat berkumpul kembali di surga.

Kepada yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMAN
Kepada yang terhormat Bapak, Ibu guru dan juga jajaran staff SMAN semuanya
Serta kepada Bapak dan Ibu Wali murid yang hadir
Juga teman-teman sekalian yang saya cintai

Saya sangat berterima kasih kepada seluruh guru yang ada di SMAN ini. Berkat ilmu-ilmu yang diberikan, kami menjadi lebih pandai. Semoga ke depannya akan langsung dapat bermanfaat kepada masyarakat.

Kami juga berharap akan doa restu dari para guru dan juga Bapak serta Ibu Wali murid supaya kami semuanya dapat meraih cita-cita kami. Semoga kami dapat mencapai apa yang dicita-citakan selama ini. Apabila selama 3 tahun ini terdapat kata-kata dan tindakan kami yang menyakiti hati Bapak dan Ibu guru, kami mohon maaf sebesar-besarnya.

Sekian pidato saya, saya akhiri dan saya minta maaf apabila terdapat kekurangan dalam pidato ini. Terima kasih. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Perpisahan dengan Sedikit Sentuhan Pantun

pidato untuk sma

http://www.senangbicara.com

Assalamu`alaikum wr.wb.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ

(Alhamdulillaahil malikil haqqul mubiin. Alladii habana bil imaani walyaqiin.Allohuma shali `ala sayidina Muhammadin, khotami anbiayai walmursaliin. Wa`ala alihi thoyibin. Waashabihi akhyari ajma`in. Waman tabi`ahum biihsani illa yaumidiin. `Ama ba`du)

Segala puji hanya milik Allah semata, Dialah yang memberikan kita nikmat iman dan islam. Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, Nabi Akhir zaman, dan begitu pula pada keluarganya yang baik, kepada para sahabat pilihan, dan yang mengikuti mereka dengan penuh ihsan hingga hari kiamat.

Bapak Kepala Sekolah beserta bapak/ ibu guru yang saya hormati dan rekan-rekan sekalian yang saya cintai, semoga Allah berkenaan memberikan kalian semua limpahan berkah dan rahmat-Nya sehingga kita menjadi hamba-hambanya yang selalu taat. Perkenankan, pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan menyampaikan pidato perpisahan ini.

Waktu berlalu begitu cepat, sehingga tidak terasa kita sudah lulus dari sekolah kita tercinta ini. Rasanya baru kemarin bagaimana Bapak dan Ibu mengajarkan kita bagaimana cara membaca dan menulis. Mereka begitu sabar dan tidak pernah mengeluh apabila kenakalan kita sudah melampui batas. Sungguh jasa-jasamu akan kami selalu kenang.

Tahun berganti, kami pindah kelas. dimulai dari kelas 2, kelas 3, kelas 4, kelas 5 dan kelas 6. Bapak dan ibu guru dengan penuh kasih sayang membimbing kami, mengajarkan kami ilmu dan etika kehidupan. Tak sedikit kami membuat bapak dan ibu jengkel, namun dengan penuh kesabaran bapak atau ibu membimbing kami.

Bapak atau ibu maafkan kami yang selama ini membuat bapak ibu jengkel. Kini kami sadar, ternyata sungguh berat bapak atau ibu menghadapi kenakalan kami. Dibalik senyum bapak ibu guru, mungkin tersimpan kejengkelan. Namun kami percaya, kejengkelan itu hanyalah sementara, karena di lubuk hati yang paling dalam di hati bapak ibu guru tersimpan keihlasan dalam mendidik kami.

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku
Tuk pengabdianmu

Engkau sebagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa
Tanpa tanda jasa

Bapak ibu guru yang saya hormati
Kini kami telah tiba di penghujung waktu. Saatnya untuk segera meninggalkan sekolah yang penuh kenangan ini. Selama enam tahun kami belajar di sekolah ini, sungguh banyak kenangan yang tak kan lupa.

Tak ada kata yang bisa kami ucapkan, hanyalah ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas keikhlasan Bapak Ibu guru mendidik kami selama enam tahun.

Tak lupa kami ucapkan permohonan maaf dari hati yang paling dalam atas kenakalan kami selama ini. Semoga bapak ibu guru selalu diberkahi Allah SWT dan senantiasa diberi kesabaran dalam menghadapi murid-murid di sekolah.

Semoga hasil jerih payah bapak ibu guru menjadi bekal kami dalam kehidupan selanjutnya. Kami akan pergi meninggalakan kenangan indah ini. Selamat tinggal, selamat berpisah. Semoga satu saat kita bertemu lagi.

Hari yang indah kan berlalu
Saat berpisah tibalah
Suka ria hidup bersama
Kenangan manis tak terlupakan

Selamat jalan selamat berjuang
sepanjang hayatku kan ku kenang
Kado-kado akan kebahagiaan
Tuhan melimpahkan

Rupanya sekian yang dapat kami sampaikan. Atas segala kekurangan kami mohon maaf yang sedalam-dalamnya. Wassalamu`alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Perpisahan untuk Gurupidato untuk kuliah

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Tiada ada kalimat yang bisa mewakili semua nikmat yang Allah berikan kepada kita selain kalimat syukur. Karena dengan nikmat dan petunjuk dari Allah lah yang membuat kita dapat berkumpul pada pagi hari dengan keadaan iman dan islam.

Sebuah nikmat yang tidak diberikan kepada seluruh makhluknya, oleh karena itu kita patut bersyukur. Karena Allah memilih kita untuk menjadi manusia-manusia yang mulia dihadapan Allah.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam. Seoraang utusan yang berjasa, yang telah memperjuangkan islam ini dari jaman jahiliyah menuju jaman islamiyah seperti saat ini yang kita rasakan.

Murid-muridku yang saya cintai, tibalah masa dimana usia memaksa saya untuk meninggalkan kalian. Tibalah saya di hari ini, hari dimana saya harus meninggalkan perkerjaan saya sebagai tenaga pengajar.

Mungkin ini akan menjadi yang kesempatan terakhir saya untuk memberikan nasihat kepada kalian semua. Para siswa yang saya cintai, saya berharap kalian sadar bahwa kalian adalah manusia yang akan menjasi penerus bangsa ini.

Oleh karena itu, kalian harus memiliki cita-cita yang besar untuk memajukan bangsa ini. Kalian harus lebih giat dalam belajar, selalu taat kepada setiap peraturan yang ada dan selalu menghormati guru yang mengajar.

Jika selama mengajar saya pernah menghukum, mencubit, memukul kalian saya minta maaf. Semua itu saya lakukan sebagai bentuk kasih sayang saya kepada kalian semua. Agar kalian menyadari bahwa kalian melakukan sebuah kesalahan, dan supaya kalian mau merubah diri menjadi lebih baik lagi.

Saya melakukan itu semua bukan berdasarkan kebencian saya kepada kalian, tidak sama sekali. Jadi apabila selama mengajar saya memiliki kesalahan dari perkataan, tutur kata, cara mengajar dan lain sebagainya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Tak lupa saya berharap semoga sekolah ini tetap menjadi sekolah yang berprestasi dan melahirkan bibit unggul bangsa ini. Yang terakhir saya mengucapkan terima kasih karena selama mengajar kalian semua menghormati saya sebagai guru kalian.

Mungkin itu saja yang dapat saya haturkan pada kesempatan pagi hari ini, atas perhatian yang diberikan saya mengucapkan terima kasih.

Contoh Pidato Lucu dan Singkatcontoh mukadimah pidato dan ceramah islami

Assalamualaikum Warahmatuloh Wabarakatuh

Terima kasih saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang selalu memberi keberkahan kepada kita semua sehingga kita bisa hadir di acara ini.

Apa kabar para hadirin sekalian? Apakah baik-baik saja? Tidak ada suaranya, kurang keras coba teriakan sekali lagi. Saya ingin berpidato sedikit tentang cerita Nabi Muhamad.

Tapi ngomong-ngomong, kenapa cahaya yang terpancar dari para hadirin sekalian ini subhanallah sekali? mungkin karena pendengar pidato di sini termasuk golongan kekasih Allah ya. Eh, tapi sepertinya bukan, itu kan cahaya dari panggung yang memantul pada kalian.

Kita kembali ke tema, Nabi Muhamad dilahirkan ke bumi bukan hanya untuk bersenang-senang saja seperti misalnya, ‘ Wahai istriku (Siti Khadijah), saya ada di dunia ini Cuma ingin jalan-jalan aja naik onta, makan kacang arab sambil nonton ABG pacaran.’

Tentu bukan seperti itu karena Nabi Muhamad membawa misi menyelamatkan umat di dunia, dan kita harus mengikuti sunnah yang Rasul ajarkan agar kita termasuk golongannya.

Demikian pidato singkat tentang Nabi Muhamad ini, mohon maaf atas candaan saya jika tidak berkenan di hati para hadirin sekalian. Semoga pidato ini bermanfaat bagi kita semua, sekian dan terima kasih.

Contoh Pidato Perpisahan untuk Mahasiswa

pidato singkat

www.lirikcinta.com

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.

Kepada yang terhormat Bapak Dekan Universitas Islam Indonesia
Kepada yang terhormat Bapak dan Ibu Dosen sekalian
Kepada yang berbahagia, orang tua siswa ….
Dan teman-teman yang saya cintai serta saya banggakan.

Pertama-tama, kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT. Berkat karunia-Nya kita semua dapat berkumpul di sini dan diberikan kesehatan.

Kemudian, kita panjatkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW yang merupakan suri telaudan bagi umat Islam. Semoga kita dapat berkumpul lagi di surge dengan mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

Saya di sini mewakili para wisudawan dan wisudawati yang lainnya untuk menyampaikan pesan dan kesan selama berkuliah di Universitas Islam Indonesia. Hari ini adalah hari yang paling dinantikan oleh semua mahasiswa yang berkuliah.

Tentu saja kita merasakan sangat bersyukur atas ilmu dan juga kesabaran para Bapak dan Ibu Dosen. Kami juga berharap agar langsung bisa menerapkan ilmu kepada masyrakat sekalian.

Saya juga mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak-Ibu Dosen, seluruh Wali Mahasiswa, dan juga teman-teman sekalian atas dukungannya, sehingga bisa lulus.

Menempuh studi di bangku perkuliahan bukanlah waktu yang lama. Maka dari itu, kami sering menemukan banyak masalah dan sering berdiskusi dengan dosen, orang tua mahasiswa, dan juga teman-teman sekalian. Berkat dukungan ini, akhirnya kami dapat menyelesaikan skripsi kami dan lulus.

Apabila selama ini ada kata-kata dan perilaku kami yang menyakiti hati para hadirin semua, kami mohon maaf. Sekian dari saya dan saya mohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam pidato ini. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Nah mungkin itu dia temen-temen contoh pidato perpisahan yang dapat saya sampaikan pada artikel saya kali ini. Semoga yang sedikit tadi bisa bermanfaat dan membantu permasalahan kalian semua, jika ada lebihnya mungkin bisa di bagikan kepada temen-temen kalian semua.

Tapi kali ada salahnya, mungkin dari perkataan, pernulisan atau apalah. Mohon sampaikan kepada saya melalui kolom komentar di bawah artikel ini. Atas kunjungannya ke halaman ini saya mengucapkan terima kasih.

Kategori: Ragam

ievoolme

Berpikir positif, tidak peduli seberapa keras kehidupan ini

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *