Melafadzkan doa masuk rumah dan keluar rumah berdasarkan sunnah Nabi Muhammad SAW merupakan kebiasaan yang sudah seharusnya kita amalkan dan terus kita jaga agar kita selalu ingat Allah. Sebab dengan berdoa masuk dan keluar rumah kita akan senantiasa selalu dalam penjagaan dan perlindungan-Nya.

“Rumah adalah surgaku”, slogan yang sering diutarakan banyak orang yang sangat peduli dengan rumah dan keluarganya, yang selalu mengidamkan kebahagiaan keluarga di saat banyak orang mencari kebahagian di luar rumah dengan meninggalkan keluarga.

Dari sudut pandang aturan Islam Hal itu tidak mungkin terjadi jikalau, nilai-nilai Islam tidak dihidupkan di rumah keluarga. Rumah serasa bak kuburan yang dipenuhi denga memedi gentayangan. Supaya hal itu tidak terjadi maka perlu amalan dan “mantra” sebagai wasilah pengusir memedi yang tak tampak mata.

Di artikel ini Anda akan mempelajari mengenai adab, dzikir dan doa dari mulai keluar rumah sampai dengan masuk rumah kembali. Oke, tanpa berlama-lama lagi, silahkan simak pembahasannya berikut ini.

Adab Masuk Rumah Susuai yang Diajarkan Rosullullohadab masuk rumah

Ketika memasuki rumah disunnahkan untuk melakukan hal-hal berikut ini.

1. Ketuk pintu

Mengetuk pintu rumah dengan tidak keras ketika ingin memasuki rumah.

2. Menyebut nama Allah

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ

Artinya: “Jika seseorang memasuki rumahnya lantas ia menyebut nama Allah saat memasukinya”. [HR. Muslim no. 2018].

3. Mengucap salam

Mengucap salam saat memasuki rumah sudah menjadi perintah dalam Islam, terdapat dalil dari Al Qur’an dan pula Hadits.

فَإِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِنْ عِنْدِ اللَّهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً

“Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah- rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik.” [QS. An Nur: 61].

Adapun dalil hadits mengucap salam ketika ingin memasuki rumah adalah sebagai berikut.

يَا بُنَىَّ إِذَا دَخَلْتَ عَلَى أَهْلِكَ فَسَلِّمْ يَكُونُ بَرَكَةً عَلَيْكَ وَعَلَى أَهْلِ بَيْتِكَ

“Wahai anakku, jika engkau memasuki rumah dan menemui keluargamu, ucapkanlah salam biar datang berkah padamu dan juga pada keluargamu.” [HR. Tirmidzi no. 2698].

4. Mendahulukan kaki kanan

Rasulullah amat menyukai mendahulukan yang kanan apabila ingin melakukan aktivitas oleh karenanya sebagai umatnya sudah sewajarnya kita mengikuti apa yang Nabi kita sukai karena sebaik-baiknya pemberi petunjuk adalah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam dikarenakan segala yang ia tunjuki adalah dari Allah Azza Wa Jalla Sang Pemberi Petunjuk bagi manusia ciptaan-Nya.

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – يُعْجِبُهُ التَّيَمُّنُ فِى تَنَعُّلِهِ وَتَرَجُّلِهِ وَطُهُورِهِ وَفِى شَأْنِهِ كُلِّهِ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat menyukai mendahulukan yang kanan ketika memakai sandal, ketika menyisir rambut dan ketika bersuci, juga dalam setiap perkara (yang baik-baik).” (HR. Bukhari no. 186 dan Muslim no. 268).

Doa Masuk Rumahdoa masuk rumah

Salah satu cara mencegah syetan dari bangsa jin, menginap di rumah, atau makan malam bersama penghuni rumah, dengan zikir atau doa masuk rumah. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits berikut ini:

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لاَ مَبِيتَ لَكُمْ وَلاَ عَشَاءَ. وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ. وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

Jika seseorang memasuki rumahnya maka ia menyebut nama Allah ketika ia masuk, dan saat ia makan, Syetan pun berkata (kepada teman syetan lainnya), “Tidak ada tempat menginap untuk kalian dan tidak ada pula makan malam.” Dan ketika ia memasuki rumahnya dengan tanpa menyebut nama Allah saat ia masuk, syetan pun mengatakan (kepada teman sebangsanya), “Kalian mendapatkan tempat menginap.” Ketika ia tidak menyebut nama Allah saat makan, maka setan pun berkata, “Kalian mendapat penginapan dan makan malam.” (HR. Muslim)

Doa Masuk Rumah dengan Salamdoa masuk rumah dengan salam

Ucapan salam merupakan doa keselamatan kepada yang disalami. Ucapan ini sangat dianjurkan untuk dilantunkan ketika memasuki rumah, bertemu kawan dan menjawab salam.

فَإِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِنْ عِنْدِ اللَّهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً

Maka apabila kalian memasuki rumah – rumah, maka hendaklah kalian memberi salam kepada kepada diri-diri kalian, sebagai penghormatan dari sisi Allah, yang dibarokahi, yang baik. (QS. An Nur: 61)

يَا بُنَىَّ إِذَا دَخَلْتَ عَلَى أَهْلِكَ فَسَلِّمْ يَكُونُ بَرَكَةً عَلَيْكَ وَعَلَى أَهْلِ بَيْتِكَ

Wahai anakku, jika engkau masuk (rumah untuk menemui) keluargamu, maka ucapkanlah salam yang akan jadi barokah bagimu dan keluargamu. (HR. Tirmidzi)

Doa Masuk Rumah dengan Riwayat Laindoa masuk rumah

Hadits berikut ini dhaif riwayatnya, masalah pengamalan dikembalikan kepada pendapat masing-masing. Tapi yang jelas salam merupakan doa masuk rumah yang sudah disepakati ulama. Berikut lafal doanya:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلِجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pada-Mu kebaikan tempat masuk dan tempat keluar. Dengan nama Allah, kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar dan hanya kepada Allah Rabb kami, kami bertawakkal.

Di dalam riwayat tersebut juga ada perintah untuk salam setelah melantunkan doa tersebut.

Doa Masuk Rumah Kosongdoa masuk rumah

Jikalau yang diatas adalah doa untuk masuk rumah yang ada penghuninya, maka doa berikut adalah lafadz doa yang kosong atau tidak berpenghuni semisal kita ingin membeli rumah atau mengontrak rumah saat melakukan survei dirumah kosong itu maka bacalah doa masuk rumah kosong berikut ini.

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ

Assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shoolihiin.

Artinya: “Semoga keselamatan atas kita, hamba-hamba Allah yang shalih.”

Doa Ketika Keluar Rumahkeluar rumah

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengajarkan seorang muslim berupa adab, dzikir dan doa ketika keluar rumah dengan tujuan demi keselamatan muslim tersebut, agar dicukupkan keinginan dan kebutuhannya serta dijaga dari segala keburukan dan bencana.

Berikut tiga adab serta doa masuk rumah dan keluar rumah yang bisa Anda amalkan dalam keseharian Anda ketika Anda keluar rumah untuk mencari rezeki maupun untuk aktivitas lainnya

Ketika keluar dari rumah dan hendak pergi ke suatu tempat, Rasulullah mengajarkan kita untuk membaca doa keluar rumah agar selama pergi kita terhindar dari bahaya dan kejelekan. Berikut doa tersebut;

باسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ على اللَّهِ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ باللَّهِ

Bismillahi tawakkaltu ‘alallaahi wa laa haula wa laa quwwata illaa billah(i)

Artinya: Dengan menyebut nama Allah. Aku bertawakkal kepada Allah, dan tiada daya serta kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah. (Diriwayatlan oleh Imam Abu Daud, Tirmidzi, an-Nasa’i dan Ibnu Majah)

Kawan-kawan semua. Kalimat di atas amatlah ringan untuk kita ucapkan saat kita keluar rumah. Berdasarkan hadits Nabi Muhammad Saw., orang yang mengucapkan doa keluar rumah tersebut akan mendapat banyak fadhilah atau keutamaan.

Diantaranya, pertama orang tersebut mendapat kecukupan. Orang yang hidup di dunia hampir semuanya memerlukan kebutuhan. Banyak waktu yang dihabiskan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Doa Saat Keluar Rumah dengan Riwayat lainkeluar rumah

Selain doa diatas, Nabi juga tidak pernah keluar rumah kecuali beliau terlebih dahulu mengangkat pandangannya ke langit dan berdoa :

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

Allahumaa Inii Audzubbikaa An Adhilla Uu Udholla Auw Adzii Auw Udzalla Auw Adhlima Auw Adhlama Auw Ajhala Auw yujhalaa Alayaa.
Artinya :
“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu, jangan sampai aku sesat atau disesatkan (setan atau orang yang berwatak setan), berbuat kesalahan atau disalahi, menganiaya atau dianiaya (orang), dan berbuat bodoh atau dibodohi”.

Keutamaan Berdoa Keluar Rumahkeutamaan keluar rumah

Dalam hadis dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
menjelaskan keutamaan doa ini,

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ، وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟

”Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemduian dia membaca doa

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Maka disampaikan kepadanya, ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.’ Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, ’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.’ (HR. Abu Daud, no. 5095; Turmudzi, no. 3426; dinilai shahih oleh Al-Albani)

Shalat Dua Rakaat Sebelum Keluar Rumahdoa masuk dan keluar rumah

Shalat dua rakaat tak hanya di masjid aja namun sholat dua rokaat dirumah termasuk hal yang dapat menjaga kita dari ketergelinciran, keburukan dan musibah. Hal tersebut berdasarkan sabda Nabi :

“Jika engkau keluar dari rumahmu, maka shalatlah dua rakaat, niscaya dua rakaat tersebut akan melindungimu dari keburukan-keburukan di luar. Jika kamu masuk rumahmu, maka shalatlah dua rakaat, niscaya dua rakaat tersebut akan melindungimu dari keburukan-keburukan di dalam.” [HR. Al-Bazzar dalam Sunan-nya

Demikian ulasan tentang doa masuk rumah dan doa keluar rumah yang dapat kami ulaskan untuk kalian. Selengkapnya dapat kalian kunjungi salah satu artikel dari web Alhadi Ibrahim yang berkaitan dengan penjelasan diatas.

Selain mengucapkan doa yang benar agar Anda terlindungi selama berada di luar rumah juga lakukan sesuai dengan adab yang dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW.

Jika artikel ini bermanfaat maka silahkan beritahukan kepada keluarga, teman, saudara dan kerabat siapa tahu mereka ingin pula mengetahuinya dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Kategori: Pendidikan

ievoolme

Berpikir positif, tidak peduli seberapa keras kehidupan ini

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *