Sebuah Anugerah yang indah Allah memberikan salah satu kenikmatan kepada kita dengan kehadiranya seekor ayam, dimana dengannya itu bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan dan berbagai variasi macam olahan makanan. Oleh karena itu, bagi seorang muslim diharuskan mengetahui tata tertib bagaimana cara memotong ayam dengan benar sesuai yang disunnahkan Rosululloh SAW.

Daging ayam adalah salah satu jenis daging yang sangat mudah didapat dan menjadi menu sehari hari, apalagi pada saat bulan puasa dan lebaran. Mungkin sudah menjadi lauk favorit semua orang. Daging ayam mempunyai tekstur yang sangat lembut seperti halnya daging hewan kelinci.

Untuk memperoleh daging ayam, kita dapat memotong sendiri hewan ini. Berbekal keberanian dan sebilah pisau, serta melafazkan “Bismillahi Allahu Akbar” atau “Bismilahirrohmannirrohim” siapa saja dapat melakukan proses pemotongan ayam. Apakah sudah cukup demikian?

Tahukah anda, jika proses pemotongan ini tidak benar sesuai syariat islam maka daging ayam yang kita peroleh menjadi tidak halal? Mengapa tidak halal? Titik kritis dalam proses memperoleh daging adalah saat penyembelihan. Salah satu syarat pemotongan halal adalah memotong atau menyayat 3 saluran yaitu saluran nafas, saluran makan dan pembuluh darah kiri dan kanan yang ada di bagian leher.

Beberapa kesalahan posisi juru sembelih atau posisi ayamnya saat akan disembelih dapat menyebabkan ketiga saluran tidak terpotong sekaligus (ada saluran yang tidak terpotong).

Tata Cara Menyembelih Ayam yang Benar Sesuai Syariat Islam

memotong ayam

www.wajibbaca.com

Dalam islam sendiri ada berbagai tata cara penyembelihan hewan yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah doa memotong hewan, baik ayam, angsa, kambing, bebek ataupun hewan yang lainya yang dihalalkan untuk dimakan. Mari kita simak bagaimana cara, adab serta doa memotong ayam yang sesuai syariah.

Penyembelih Harus Beragam Islam

memotong ayam betina

www.wajibbaca.com

Hal ini tentu saja kita mengetahui bahwa memang orang yang menyembelih binatang peliharaan itu harus beragama islam. Hal ini karena memang di tangan orang Muslim lah, sebutan nama Allah itu akan berarti dalam syariah.

Selain itu, memang dari awal syariat sesuai yang diajarkan Rosululloh SAW mewajibkan agar penyembeli harus beragama islam. Maka dalam membaca doa potong ayam juga akan berarti jika pemotong adalah beragama islam.

Membaca Doa Yang diajarkan Rosululloh

memotong ayam jago

www.bimakini.com

Setelah beragama islam, Syarat kedua yang harus dilakukan seorang yang dibolehkan menyembelih hewan peliharaan adalah mengucapkan kalimat bismillah wa Allahu Akbar. Insya Allah dengan menyebut nama Allah ini, akan membuat rukun dalam penyembelihan ini atau doa potong ayam ini menjadi sah.

Daging yang kita sembelih akan menjadi haram kalau seandainya kita sengaja tidak menyebut nama Allah. Sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an surah Al-An’am ayat 121.

وَلَا تَأْكُلُوا مِمَّا لَمْ يُذْكَرِ اسْمُ اللَّهِ عَلَيْهِ وَإِنَّهُ لَفِسْقٌ ۗ وَإِنَّ الشَّيَاطِينَ لَيُوحُونَ إِلَىٰ أَوْلِيَائِهِمْ لِيُجَادِلُوكُمْ ۖ وَإِنْ أَطَعْتُمُوهُمْ إِنَّكُمْ لَمُشْرِكُونَ

Artinya : Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan. Sesungguhnya syaitan itu membisikkan kepada kawan-kawannya agar mereka membantah kamu; dan jika kamu menuruti mereka, sesungguhnya kamu tentulah menjadi orang-orang yang musyrik.

Menggunakan Alat Pisau atau Parang

pisau sembelih sapi

texasbookdiva.blogspot.com

Alat yang dianjurkan untuk digunakan pada saat proses pemotongan hewan adalah seperti pisau atau alat sejenisnya yang tajam kecuali tulang dan benda tumpul. Selain itu juga dibenarkan jika hewan matinya akibat terkena busur panah atau peluru akan masuk dalam pembahasan yang agak lebih rumti lagi, dan ada banyak pembahasan ulama tentang itu.

Oleh karena itu, dalam pemotongan sebaiknya memang menggunakan pisau atau parang saja, baik ayam ataupun hewan lainnya.

Tidak Menunjukan Pisau Kepada Hewan yang akan disembelih

Cara menyembelih ayam

kajiandoa.com

nyembunyikan pisau adalah salah satu adab dalam penyembelihan hewan. Jangan memperlihatkan pisau yang akan kita pakai kecuali ketiaka mau menyembelih hewan tersebut. Adab ini juga adalah salah satu bentuk kasih sayang kepada hewan yang akan disembelih.

Lafadz niat dan Doa Menyembelih Ayam

doa menyembelih hewan

http://bagikandakwah.blogspot.com

Agar mudah difahami disini kami akan membagikan urutan bagaimana cara berdoa dan berniat sebelum menyembelih

Membaca Bismillah

Bacaan yang pertama dalam doa memotong ayam adalah membaca basmalah, karena setiap perbuatan harus di awali dengan membaca basmalah, termasuk dalam memotong ayam.

Bacaan yang pertama dalam doa memotong ayam adalah membaca basmalah, karena setiap perbuatan harus di awali dengan membaca basmalah, termasuk dalam memotong ayam.

بِسْمِ اللَّهِ

 

Tapi lebih baik kita membaca basmalah lebih lengkap, tujuannya agar lebih afhdol, kecuali memang jika kita memiliki waktu yang sempit.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Membaca Sholawat Kepada Rosululloh SAW

Berbagai macam sholawat bisa dibacakan kepada baginda nabi Muhammad SAW. Boleh membaca yang panjang ataupun yang pendek. Tapi langkah baiknya membaca shalawat yang pendek agar hewan yang akan kita sembelih tidak tersiksa lama.

Salah satu shalawat yang bisa di baca adalah ;

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَهْلِ بَيْتِهِ

Artinya, Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, kepada keluarganya dan kepada penghuni rumahnya (ahlil bait).”

 

Lafadz Niat menyembelih Ayam Jago

Doa menyembelih ayam jago :

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ: نَوَيْتُ أَنْ أَذْبَحَ هَذَا الدَّيْكَى أَنْ يَقْطَعَ حُلْقُوْمَ وَالْمَرِىءَ فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، ا، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

A’udzu billahi minasy-syaithonir rojiym. Nawaitu An Adzbaha Hadzad- Daika Ay-yaqtho’a khulquma wal mari-a Fardhol-lillahi T’a’ala, Allahu-Akbar – Allahu-Akbar Bismilahir rohmanir rohim.

Artinya: Aku Berlindung kepada Allah dari Godaan Syetan yang terkutuk. Aku niat Menyembelih Ayam Jago ini untuk memutskan tenggorokan dan kerongkongannya fardhu karena Allah Ta’ala. Allah yang Maha Besar, Allah yang Maha Besar. Dengan Nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Lafadz Niat menyembelih Ayam Betina

Doa menyembelih ayam betina :

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ: نَوَيْتُ أَنْ أَذْبَحَ هَذَا الدَّجَاجَةَ أَنْ يَقْطَعَ حُلْقُوْمَ وَالْمَرِىءَ فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، ا، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

A’udzu billahi minasy-syaithonir rojiym. Nawaitu An Adzbaha Hadzad- Dajaajata Ay-yaqtho’a khulquma wal mari-a Fardhol-lillahi T’a’ala, Allahu-Akbar – Allahu-Akbar Bismilahir rohmanir rohim.

Artinya: Aku Berlindung kepada Allah dari Godaan Syetan yang terkutuk. Aku niat Menyembelih Ayam Betina ini untuk memutskan tenggorokan dan kerongkongannya fardhu karena Allah Ta’ala. Allah yang Maha Besar, Allah yang Maha Besar. Dengan Nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Tata Cara menyembelih Hewanayam bangkok

Disini kami akan memberikan sedikit wawasan bagaimana tata cara menyembelih hewan, yaitu dengan dua cara tradisional dan dengan cara mekanik.

Menyembelih Hewan Dengan Cara Tradisional

  • Menyiapkan peralatan untuk menyembelih dan Hewan yang akan disembelih.
  • Hewan yang akan disembelih dibaringkan kekiri menghadap kiblat. Lehernya diletakkan di atas lubang penampungan darah yang sudah disiapkan.
  • Kaki Hewan yang akan disembelih diikat atau dipegang dengan kuat.
  • Alat yang akan digunakan jangan ditunjukan kepada binatang.
  • mengalirkan darah dan selalu memastikan kalau semua urat sudah terputus semua.

Menyembelih Hewan Dengan Cara Modern

Menyembelih hewan dengan cara modern atau mekanik yaitu menyembelih hewan menggunakan mesin khusus untuk memotong dan hukumnya sah. Menyembelih hewan dengan cara ini lebih cepat dilakukan sehingga hewan tidak merasakan sakit terlalu lama.

Menyembelih hewan dengan cara modern tentunya berbeda dengan cara tradisional. Berikut cara menyembelih hewan dengan menggunakan mesin atau dengan cara mekanik.

  • Sebelum hewan disembelih, hewan tersebut harus dipingsankan terlebih dahulu.
  • Setelah hewan tersebut pingsan. Kemudian hewan tersebut disembelih dengan alat yang sudah disiapkan sebelumnya dengan mengucapkan basmalah dan membaca doa.

Itulah mengenai tata cara menyembelih hewan lengkap dengan rukun, sunah dan syarat-syarat menyembelih. Dengan dengan mengikuti ketentuan-ketentuan tersebut tentunya hewan yang disembelih terjamin kehalalannya serta sebagai rasa syukur kita kepada Allah Swt, atas karunia dan nikmat yang dilimpahkannya.

Demikianlah pembahasan kita pada artikel doa menyembelih ayam menurut islam dan berbagai point penting lain ketika hendak menyembelih hewan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang proses penyembelihan hewan.

Kategori: Flora & Fauna

ievoolme

Berpikir positif, tidak peduli seberapa keras kehidupan ini

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *