Pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa macam doa penenang hati agar terhidar dari perasaan gelisah dan sedih. Semua manusia pasti pernah merasakan senang dan sedih di dalam hatinya.

Seseorang saat sedang sedih biasanya akan diikuti dengan rasa stress, gelisah bahkan hingga putus asa. Oleh karena itu di dalam ajaran islam tidak boleh bersedih hati terlalu mendalam karena, rasa sedih yang berlarut-larut akan berdampak kurang baik bagi diri seseorang.

Hati adalah lentera yang terang bagi pemiliknya. Cahayanya mudah redup ketika kita merasakan kegelisahan yang menjelma dan telah merasuki serta mengelabuhi hati kita.

Sahabatku semua  jangan biarkan cahaya hati semakin meredup berilah hati sarapan yang cukup karena sesungguhnya bukan hanya tubuh yang membutuhkan asupan tapi hati juga butuh akan hal-hal yang membangkitkan kebaikan di dalamnya.

Caranya dengan menghindarkan diri kita dari hal yang dapat memunculkan penyakit hati seperti iri serta sombong. Sifat iri bisa kita kalahkan dengan perasaan senang ketika saudara kita yang lain memperoleh Rahmat Allah SWT.

Sifat sombong bisa kita matikan dengan cara mengingat akan kekurangan diri kita serta menjadikan kelebihan sebagai wujud rasa syukur kita terhadap pemberian Allah SWT.

Sebagai seorang muslimin dan muslimat, mungkin kita lupa bahwa kita diajarkan untuk berserah diri kepada Allah SWT. Mungkin bisa dilakukan melalui doa penenang hati seperti berikut ini :

Bacaan Doa Penenang Hati (Arab, Latin dan Artinya)
doa penenang hati

Doa penenang hati yang pertama

Doa penenang hati ini merupakan doa yang berasal dari Hadist Shahih Bukhari. Dalam doa penenang hati ini dijelaskan bahwa meminta berlindung kepada Allah SWT supaya terhindar  dari penderitaan, dan berbagai takdir yang buruk. Hingga dari keberhasilan musuh yang membuat rugi bagi hambaNya.

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنْ جَهْدِالْبَلَاءِ وَدَرْكِ الشَّقَاءِ وَسُوْءِ الْقَضَاءِ و شَمَاتَةِ الْاَعْدَاءِ

Allahumma inni a’uuzubika min jahdil bala’. Wa darkish shaqa’. Wa suu il qadhaa’. Wa shamaamatil a’daa’.

Dari Hadist Shahih Bukhari yang artinya adalah : Ya Allah, aku berlindung kepada Engkau dari menemui penderitaan, dari takdir yang buruk serta dari keberhasilan musuh.

Doa penenang hati yang kedua

Doa penenang hati ini berasal dari hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi. Doa yang satu ini meminta dan yakin kepada Allah SWT yang merupakan Dzat Yang Maha Hidup, Yang Maha Berdiri Sendiri tanpa bantuan siapapun dan apapun. Serta benar-benar memohon pertolongan kepada Allah SWT.

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْث

Yaa hayyu yaa qayyuumm. Bi rahmatika astaghiiths.

Dari Hadist Riwayat Tirmidzi yang artinya di sini adalah : Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Maha Berdiri Sendiri tidak memerlukan segala sesuatu, dengan rahmat Engkau, aku meminta pertolongan.

Doa penenang hati yang ketiga

Untuk doa penenang hati yang ketiga ini untuk memohon kepada Allah SWT. Memohon apa yang sekiranya terlihat mudah dapat menjadi susah karena kehendak Allah SWT. Dan meyakini sebaliknya, sesuatu yang susah, mampu dijadikan mudah oleh Allah SWT Yang Maha Pengasih.

اللهُمَّ لا سَهْلَ إلا مَا جَعَلتَهُ سَهْلا وَ أنتَ تَجْعَلُ الحزْنَ إذا شِئْتَ سَهْلا

Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla wa anta taj’alul hazna iza syi’ta sahla.

Dari Hadist Sahih Ibnu Hibban yang artinya di sini adalah : “Wahai Tuhanku, tidak ada kemudahan melainkan apa yang Engkau jadikan mudah dan perkara yang susah dapat Engkau jadikan mudah, jika Engkau mengkehendakinya.”

Doa penenang hati yang keempat

Doa penenang hati yang keempat ini merupakan doa  sebagai permintaan seorang supaya dijauhkan dari perasaan malas, rasa sedih dan gelisah.  Serta terhindar dari sifat pengecut, bakhil dan dari hutang piutang ketika di dunia.

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ
وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ
وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ
وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

Allahumma inni a’uuzubika minal hammi wal hazan. Wa a’udzubika minal ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal.

Dari Hadist Shahih riwayat Imam Bukhari yang artinya adalah : Ya Allah, hamba berlindung pada Engkau dari rasa sedih dan gelisah. Aku memohon perlindungan daripada sifat lemah dan malas, dan aku berlindung pada Engkau dari sikap pengecut dan bakhil. Serta aku berlindung pada Engkau dari hutang-hutang serta penindasan orang.

Doa penenang  hati yang kelima

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ لِيْ نُوْرًا فِيْ قَلْبِيْ، وَنُوْرًا فِيْ قَبْرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ سَمْعِيْ، وَنُوْرًا فِيْ بَصَرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ شَعْرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ بَشَرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ لَحْمِيْ، وَنُوْرًا فِيْ دَمِيْ، وَنُوْرًا فِيْ عِظَامِيْ. وَنُوْرًامِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَنُوْرًا مِنْ خَلْفِيْ، وَنُوْرًا عَنْ يَمِيْنِيْ، وَنُوْرًا عَنْ شِمَالِيْ، وَنُوْرًا مِنْ فَوْقِيْ، وَنُوْرًا مِنْ تَحْتِيْ. اَللّٰهُمَّ زِدْنِيْ نُوْرًا، وَاَعْطِنِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ لِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْنِيْ نُوْرًا

Allāhummaj‘al lī nūran fī qalbī, wa nūran fī qabrī, wa nūran fī sam‘ī, wa nūran fī basharī, wa nūran fī sya‘rī, wa nūran fī basyarī, wa nūran fī lahmī, wa nūran fī damī, wa nūran fī ‘izhāmī, wa nūran min bayni yadayya, wa nūran fī khalfī, wa nūran ‘an yamīnī, wa nūran ‘an syimālī, wa nūran min fawqī, wa nūran min tahtī. Allāhumma zidnī nūrā. Wa a‘thinī nūrā. Waj‘al lī nūrā. Waj‘alnī nūrā.

Artinya, “Ya Allah jadikanlah cahaya pada hatiku, kuburku, pendengaranku, penglihatanku, rambutku, kulitku, dagingku, darahku, tulang-tulangku, di hadapanku, belakangku, sisi kananku, sisi kiriku, sisi atasku, dan pada sisi bawahku. Ya Allah tambahkanlah cahaya bagiku. Berikanlah cahaya kepadaku. Jadikanlah cahaya bagiku. Jadikanlah diriku bercahaya.”

Bacaan di atas merupakan versi cukup lengkap sebagai doa penenang hati. Sebaiknya Anda membacanya setalah selesai sholat. Lebih baik lagi jika dibaca secara rutin hingga akhirnya penyakit gundah dan resah Anda hilang. Dengan begitu, Allah memberikan kelapangan dan penerangan dalam hati dan jiwa Anda.

Doa penenang  hati yang keenam

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbisy rahlii sadrii. Wayassirlii amrii. Wahlul ‘uqdatam millisani. Yafqahu qaulii.

Artinya:”Wahai Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka paham ucapanku.”

Begitu pula dengan bacaan doa ini merupakan potongan surat Toha ayat ke 25 sampai 28. Ini termasuk doa yang relatif mudah dan pendek namun mempunyai keutamaan yang tak kalang baiknya dengan doa lainnya. Membacanya secara rutin dan ikhlas niscaya Allah memberikan kelapangan hati dan mempermudah urusan Anda.

Dzikir untuk Menenangkan Hati

dzikir kepada Allah

Selain doa, Allah juga memerintahkan hambanya untuk selalu mengingat Allah dengan berdzikir. Arti dari dzikir sendiri merupakan sebuah bacaan yang dibaca secara istiqomah setiap selesai sholat 5 waktu. Dzikir adalah membaca kalimat-kalimat toyyibah yang harus dibaca oleh seluruh umat muslim.

Kalimat toyyibah tersebut diantaranya adalah tahmid, tasbih, takbir, tahlil, dan juga istigfar. Bacaan kalimat toyyibah bisa dibaca berjamaah atau bisa juga secara sendiri. Perintah untuk berdzikir memang sudah disebutkan oleh Allah didalam al-Qur’an tepatnya di surat Albaqarah ayat 152 yang berbunyi :

Yang artinya : “Maka ingatlah kepada Ku niscaya aku ingat pula kepadamu, dan bersyukurlah kamu kepada Ku, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang ingkar.” (Q.S. Al Baqarah : 152)

Allah sangat suka kepada hamba yang mau bersyukur dengan cara berdzikir. Selain itu dengan istiqomah berdzikir Allah akan mendekatkan kita kepada Nya, dan di mudahkan segala urusannya. Itulah mengapa melafalkan kalimat dzikir adalah sesuatu yang sangat dianjurkan oleh Allah.

Satu lagi alasan kenapa dzikir menjadi sesuatu yang spesial adalah karena dzikir sebagai penutup kekurangan dan pengganti. Pasti ketika hidup kita pernah lalai ketika menghamba kepada Allah, dan semua itu bisa ditutupi melalui berdzikir secara istiqomah.

Anjuran untuk berdzikir yang bisa diamalkan setiap hari adalah:

  1. Lafal tasbih (Subhanallah) dibaca minimal 100 x setiap selesai sholat. 100 x tersebut bisa dibagi menjadi 5 waktu agar tidak terlalu lama.
  2. Lafal tas bih bisa dipanjangkan seperti Subhanallaahil walhamdulillah wa laa ilaaha illallah wallohu akbar. Bacaan tersebut bisa dibaca sesuai dengan keinginan, artinya bisa membaca secara pendek atau secara panjang.
  3. Baca tahlil (Laa ilaaha illallah) sebanyak 100 x setiap selesai sholat atau dibagi menjadi 5 waktu agar tidak terlalu lama.
  4. Istighfar (Astaghfirulloohal adziim) dibaca sebanyak-banyaknya karena bacaan ini bentuk memohon ampunan hamba kepada Tuhan Nya
  5. Takbir (Alloohu akbar) dibaca ketika sholat atau sesudah sholat

Ada satu bacaan yang tidak boleh terlewatkan sebagai umat Nabi Muhammad SAW yaitu sholawat kepada Nabi. Dengan sering mengucapkan sholawat kepada Nabi kita berharap agar tetap mendapatkan syafaat nya di hari kiamat dan bisa dikumpulkan dengan Nabi Muhammad di akhirat nanti.

Amalan Penenang Hati
Amalan penenang hati

Selain doa ketenangan hati, amalan-amalan berikut ini juga akan membuat hati tenang dalam menghadapi segala masalah.

Hadapi masalah dengan sabar

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, Ikrimah Rohimahullah pernah mengatakan: “setiap insan pasti pernah merasakan suka dan duka. Oleh karena itu, jadikanlah sukamu adalah syukur dan dukamu adalah sabar

Memperbanyak bacaan Al-Qur’an

Salah satu aktivitas penawar hati yang bisa dan sepatutnya diamalkan umat muslim ialah membaca Al-Quran. Apalagi jika sambil memahami dan merenungi arti dan kandungannya.

Dengan membaca atau bahkan hanya mendengarkan Al-Quran akan membuat batin menjadi tentram, jiwa menjadi tenang, pikiran kembali segar, dan hidup menjadi terasa damai.

Selalu bersyukur kepada Allah

Rasa syukur merupakan upaya yang paling utama untuk mencegah berbagai penyakit hati ataupun pikiran. Sebab, banyak penyakit yang timbul karena rasa ingin memiliki sesuatu yang lebih dan selalu merasa kurang.

Kemudian menjadi angan-angan yang menghantui pikiran dan bahkan jiwa seseorang. Jadi, untuk mencegah rasa gelisah dan gundah sebaiknya tanamkan rasa syukur kepada Allah kapan saja dan dimana saja, baik dalam keadaan sulit maupun ketika diberi kemudahaan.

Rajin berpuasa

Puasa merupakan pembelajaran yang tepat untuk melatih kesabaran baik dari luar maupun dalam. Sebab, rangkaian puasa itu harus menahan diri dari berbagai hal yang membatalkannya dalam jangka waktu yang cukup lama yaitu sejak terbit fajar sampai terbenamnya matahari.

Apabila Anda sudah terbiasa dengan kondisi semacam itu, maka akan terbiasa pula menghadapi berbagai cobaan ataupun musibah. Kemudian tidak sampai membuat Anda resah dan gundah atau bahkan stres yang berkepanjangan.

Keutamaan Membaca Doa Penenang Hati
keutamaan membaca doa

Jika berbicara mengenai keutamaan membaca doa penenang hati maka jawaban yang bisa diberikan adalah keutamaannya mampu memberikan seribu hasanah pada yang mengamalkan.

Di dunia dibimbing, dimulyakan dan di beri rizki yang halal oleh Allah dan di akhirat dimasukkan surga oleh Allah. Beberapa keutamaan lain yang akan didapatkan adalah :

Menghapus dosa

Sebagai manusia tentu tidak luput dengan kesalahan dan dosa, doa penenang hati yang sudah dijelaskan diatas ternyata juga mampu menghapus dosa yang dilakukan selama hidup karena hal tersebut adalah perwujudan meminta ampun kepada Allah SWT.

Di sayang Allah

Siapa hamba yang tidak ingin di sayang oleh Tuhannya? Pasti semua berharap mendapat rahmat dan kasih sayang dari Allah. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan membaca doa penenang hati diatas.

Mendapat tambahan nikmat dari Allah

Selain itu juga akan mendapat tambahan nikmat dari Allah mengingat setiap apa yang Anda ucapkan dalam doa tersebut menyangkut masalah rasa syukur pula. Jika Anda selalu bersyukur, Allah akan memberikan nikmat yang lebih kepada Anda dalam berbagai bentuk, termasuk pula sehat jiwa dan hati yang lapang.

Apabila Anda mengalami perasaan gundah, resah, galau, ataupun semacamnya, sebaiknya perbanyak dzikir dan membaca doa penenang hati secara rutin dan ikhlas. Niscaya Allah memberikan jalan keluar hingga dijauhkan dari perasaan tersebut. Bahkan Anda akan memperoleh lebih banyak keutamaan lainnya meskipun itu hanya membaca kalimat thayyibah secara rutin.

Pintu untuk masuk surga

Keutamaan yang terakhir bagi orang yang mengamalkan doa penenang hati adalah dimasukkan ke dalam  surga yang penuh kenikmatan oleh Allah. Dengan berdoa maka kita mengingat sang pencipta langit dan bumi dan beriman kepadaNya.

Allah berfirman bahwa surga yang penuh kenikmatan hanya diberikan kepada hamba yang bertaqwa, beriman, dan bertaubat. Semoga dengan mengamalkan doa tersebut kita termasuk sebagai hamba yang di masukan oleh Allah kedalam surga yang penuh dengan kenikmatan. Aamiin.

 

Kategori: Pendidikan

ievoolme

Berpikir positif, tidak peduli seberapa keras kehidupan ini

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *