Pada Kesempat kali ini kami akan membagikan sedikit ulasan tentang bagaimana bacaan doa sebelum belajar dan sesudah belajar sesuai sunnah yang Rosulluloh ajarkan kepada umat islam.

Belajar atau menuntut ilmu merupakan salah satu kegiatan yang tentunya wajib untuk semua orang. Tak hanya bagi anak-anak sekolah saja yang perlu belajar, namun juga orang dewasa.

Karena sesungguhnya setiap perjalanan hidup ini adalah pembelajaran. Sebagai seseorang yang beragama, kita harusnya di wajibkan dan di anjurkan untuk membaca doa belajar setiap akan memulai dan mengakhiri pelajaran.

Hakikat Menuntut Ilmu
menuntut ilmu

Belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi dan berperan penting dalam pembentukan pribadi dan perilaku individu. Lantas apa sesungguhnya belajar itu ?. Belajar merupakan hal yang wajib kita lakukan, karena pada kenyataannya kita belajar setiap haridi kehidupan ini.

Menuntut ilmu merupakan bagian dari belajar, maka sudah selayaknya kita sebagai manusia harus belajar atau menuntut ilmu, seperti kata pepatah ; ‘tuntutlah ilmu dari buaian sampai keliang lahat’.

Manusia bisa berkembang sedemikian maju karena proses belajar dari sejak nenek moyang atau orangtua kita terdahulu, terus menerus mencari perubahan atau inovasi terbaru untuk perkembangan peradaban manusia.

Belajar atau menuntut ilmu merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan dari usia balita, anak, remaja, dewasa, dan tua, bahkan sampai Allah memanggil kita kembali. Menuntut ilmu adalah perintah Allah SWT kepada kita selaku hamba-Nya.

Mencari ilmu tidak hanya dunia saja, tetapi juga akhirat, sebagaimana dikatakan dalam hadits berikut ini:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Artinya: “Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan.” (H.R. Al-Baihaqi)

Menuntut ilmu itu wajib bagi Muslim maupun Muslimah. Ketika sudah turun perintah Allah yang mewajibkan suatu hal, sebagai muslim yang harus kita lakukan adalah sami’na wa atha’na, kami dengar dan kami taat. Sesuai dengan firman Allah Ta ‘ala:

إِنَّمَا كَانَ قَوْلَ الْمُؤْمِنِينَ إِذَا دُعُوا إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ لِيَحْكُمَ بَيْنَهُمْ أَنْ يَقُولُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

Artinya : “Sesungguhnya ucapan orang-orang yang beriman apabila diajak untuk kembali kepada Allah dan Rasul-Nya agar Rasul itu memberikan keputusan hukum di antara mereka hanyalah dengan mengatakan, “Kami mendengar dan kami taat”. Dan hanya merekalah orang-orang yang berbahagia.” (QS. An-Nuur [24]: 51).

Ilmu yang Harus dipelajari Umat Islam
doa belajar

  • Ilmu Agama

Ilmu agama harus dipelajari agar manusia bisa menjalankan ibadah dengan lebih baik. Contohnya saja ilmu tentang akidah, bersuci, tata cara sholat, puasa, dan sebagainya.

  • Ilmu Dunia

Ilmu dunia berhubungan dengan duniawi contohnya ilmu kedokteran, ilmu kimia, ilmu matematika, dan masih banyak lagi. Islam mengharuskan umatnya untuk menuntut kedua ilmu tersebut. Ilmu dunia dan ilmu agama harus dituntut secara seimbang agar bisa mendapatkan kebaikan di dunia dan di akhirat.

Menanamkan sejak dini tentang doa sebelum belajar akan membuat anak-anak mencintai belajar. Semangat belajar akan terus meningkat dan anak-anak akan tumbuh dengan rasa cinta terhadap pengetahuan. Melakukan doa sebelum belajar atau juga doa setelah belajar harus dilakukan dengan adab yang baik. Dengan diawali menyebut nama Allah.

Keutamaan Menuntut Ilmu dan Pemilik Ilmu
keutamaan menuntut ilmu

Hal yang disayangkan ternyata beberapa majelis ilmu sudah tidak memiliki daya magnet yang bisa memikat umat Islam untuk duduk di sana, bersimpuh di hadapan Allah untuk meluangkan waktu mengkaji firman-firman Allah ‘Azza wa Jalla dan hadist nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

Kita lebih senang menyia-nyiakan waktu bersama teman-teman, menghabiskan waktu di instagram, twitter, atau media sosial lainnya dibandingkan duduk di majelis ilmu. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Salah satunya adalah karena umat Islam belum mengetahui keutamaan dan keuntungan, mempelajari ilmu agama

Berikut ini kami akan menyebutkan beberapa keutamaan dan keuntungan menuntut ilmu. Terdapat banyak dalil dari kitab Allah dan sunnah Rasul-Nya terkait keutamaan ilmu dan pemilik ilmu, di antaranya adalah

Ilmu Menyebabkan Dimudahkannya Jalan Menuju Surga
jalan ke surga

Hal ini sebagaimana ditunjukkan oleh hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا، سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Artinya : “Barang siapa menelusuri jalan untuk mencari ilmu padanya, Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim).

Ilmu Adalah Warisan Para Nabi

Hal ini sebagaimana dinyatakan oleh hadits,

اَلْعُلَمَاءُ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ وَإِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوْا دِيْنَارًا وَلَا دِرْهَامًا، وَلَكِنْ وَرَّثُوْا الْعِلْمَ، فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ

Artinya : “Para ulama adalah pewaris para nabi. Sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dinar ataupun dirham, tetapi mewariskan ilmu. Maka dari itu, barang siapa mengambilnya, ia telah mengambil bagian yang cukup.” (HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Majah; dinyatakan shahih oleh asy-Syaikh al-Albani dalam Shahihul Jami’ no. 6297).

Ilmu akan Kekal dan akan Bermanfaat bagi Pemiliknya Walaupun Dia Telah Meninggal

Disebutkan dalam hadits,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ: صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya : “Jika seorang manusia meninggal, terputuslah amalnya, kecuali dari tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak shalih yang berdoa untuknya” (HR. Muslim).

Allah Tidak Memerintahkan Nabinya Meminta Tambahan Apa Pun Selain Ilmu

Allah berfirman:

وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

Artinya : “Dan katakanlah,‘Wahai Rabb-ku, tambahkanlah kepadaku ilmu“. (QS. Thaaha [20] : 114). Ini dalil tegas diwajibkannya menuntut ilmu.

Orang yang dipahamkan Agama Adalah Orang yang dikehendaki Kebaikan

Dari Mu’awiyah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِى الدِّينِ

Artinya : “Barangsiapa yang Allah kehendaki mendapatkan seluruh kebaikan, maka Allah akan memahamkan dia tentang agama.” (HR. Bukhari no. 71 dan Muslim No. 1037).

Yang dimaksud faqih dalam hadits bukanlah hanya mengetahui hukum syar’i, tetapi lebih dari itu. Dikatakan faqih jika seseorang memahami tauhid dan pokok Islam, serta yang berkaitan dengan syari’at Allah. Demikian dikatakan oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin dalam Kitabul ‘Ilmi (hal. 21).

Hamba yang Paling Takut pada Allah Adalah Orang yang Berilmu

Hal ini bisa direnungkan dalam ayat,

إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ

Artinya : “Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama” (QS. Fathir: 28).

Ibnu Katsir rahimahullah berkata, “Sesungguhnya yang paling takut pada Allah dengan takut yang sebenarnya adalah para ulama (orang yang berilmu). Karena semakin seseorang mengenal Allah Yang Maha Agung, Maha Mampu, Maha Mengetahui dan Dia disifati dengan sifat dan nama yang sempurna dan baik, lalu ia mengenal Allah lebih sempurna, maka ia akan lebih memiliki sifat takut dan akan terus bertambah sifat takutnya.” (Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim, 6: 308).

Para ulama berkata,

من كان بالله اعرف كان لله اخوف

Artinya : “Siapa yang paling mengenal Allah, dialah yang paling takut pada Allah”.

Orang yang Berilmu akan Allah Angkat Derajatnya

Allah Ta’ala berfirman:

…يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ..

Artinya : “Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat…” (QS. Al-Mujadilah [58]: 11).

Allah Subhanahu wa Ta ‘ala berfirman,

وَقَالُوا لَوْ كُنَّا نَسْمَعُ أَوْ نَعْقِلُ مَا كُنَّا فِي أَصْحَابِ السَّعِيرِ

Artinya : “Dan mereka berkata: “Sekiranya kami mendengarkan atau memikirkan (peringatan itu) niscaya tidaklah kami termasuk penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala”. (QS. Al-Mulk : 10).

Allah telah memberikan banyak kenikmatan, jika tidak kita gunakan untuk mempelajari firman-firmannya maka kita akan menjadi salah satu orang yang menyatakan dan Allah abadikan dalam surat Al-Mulk ayat 10

Macam Beberapa Doa Sebelum Belajar yang Diajarkan Rosululloh
macam doa belajar

Sebelum belajar kita dianjurkan untuk berdo’a, agar mendapatkan pemahaman yang baik tentang ilmu yang sedang kita pelajari. Selain dengan belajar secara giat dan sungguh-sungguh. Sebagai seorang muslim hendaknya kita juga mengimbangi setiap kegiatan belajar dengan membaca doa belajar.

Buat kalian yang belum mengetahui doa sebelum belajar dan doa setelah belajar, Kami disini akan membahas mengenai kumpulan doa belajar lengkap dengan arab dan artinya.

Doa Sebelum Belajar yang Pertama

Yang pertama ialah doa akan belajar. Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada kita aga ketika hendak belajar menuntut ilmu, kita dianjurkan memohon kepada Allah agar diberi kemudahan serta kelancaran dalam memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru.

Berikut ini lafal doa belajar yang dapat dihafalkan da diamalkan dengan mudah serta lengkap dengan latin dan artinya.

رَضِتُ بِااللَهِ رَبَا وَبِاالْاِسْلَامِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلَا رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًاوَرْزُقْنِيْ فَهْمًا

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyawwarasulla, rabbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya:
Kami Ridha Allah Subhanallahu wa ta’ala sebagai Tuhan ku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.

Doa Sebelum Belajar yang Kedua

Selain doa tersebut, ada pula doa belajar yang cukup singkat untuk di lafalkan, berikut merupakan doa belajar lainnya:

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا , وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Rabbi zidnii ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash shaalihiin.

Artinya:
Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang shaleh.

Doa Sebelum Belajar yang Ketiga

Selain dua doa di atas, ada lagi doa belajar yang cukup lengkap dan cukup banyak pula di amalkan, berikut isi dari doa tersebut:

بِسْمِ اللهِ الرَّ حْمَنِ الرَّ حِيْمِ
اِللَّهُمَّ اءَلّهِمْنِى عِلْمَا اَعّرِقُ بِهِ اَوَامِرَكَ وَاَعْرِفُ بِهِ نَوَا هِيَكَ وَارْزُقْنِى , اللَّهُمَّ بَلَغَةَ فَهْمِ النَبِيِّيْنَ وَفَصَاحَةِ حِفْظِ الْمُرْ سَلِيْنَ وَسُرْ عَةِ اِلْهَامِ الْمَلَائِكَةِ الْمُقَرَّ بِيْنَ وَاَكْرِمْنِى . اَللَّهُمَّ بِنُوْرِ الْعِلْمِ وَسُرْ عَةِ الْفَهْمِ وَاَخْرِ جْنِى مِنْ ظُلُمَاتِالْوَهْمِ وَافْتَحْ لِى اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَعَلْمِنِى اَسْرَارَ حِكْمَتِكَ يَارَبَّ الّعَا للَمِيْنَ

Latinnya : Bismillahirrahmaanirrahiim…
Allaahumma alhimnii ‘ilman a’rifu bihi awaamuroka wa a’rifu bihi nawaahiyaka warzuqnii. Allaahumma balaghota fahmin nabiyyana wa fashoohati hifdlil mursaliina wa sur’ati ilhamil malaa’ikatil muqorro biina wa akrimnii. Allaahumma bi nuuril ‘ilmi wasur’atil fahmi wa akhrijnii min dlulumaatil wahmi waftah lii abwaaba rohmatika wa allminii asrooro hikmatika yaa robbal ‘aalamiina.

Artinya:
Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang
Wahai Allah, ilhamilah aku dengan ilmu yang dapat menjadi alat untuk mengetahui semua suruhan Mu dan berilah aku rizqi. Wahai Allah, sampainya kefahaman yang mendalam dari para nabi dan kefasihan hafalan para Rosul serta cepatnya ilham para malaikat muqorrobiin, maka karuniakanlah kepadaku. Wahai Allah, dengan cahaya ilmu dan cepat tanggap dalam kefahaman serta keluarkanlah aku dari kegelapan keraguan dan bukanlah untukku semua pintu rahmad Mu dan ajarkanlah kepadaku rahasia hikmah Mu. Wahai Tuhan Semesta Alam.

Keutamaan Membaca Doa Sebelum Belajar
keutamaan doa belajar

Doa sebelum belajar memiliki banyak manfaat dan fadilah bagi yang mengamalkannya. Ketika belajar diawali dengan niat yang tulus dan ikhlas, maka ilmu yang akan didapatkan pun menjadi lebih barokah.

Apa saja manfaat berdoa sebelum dan sesudah menuntut ilmu atau belajar? Silahkan simak ulasan dan penjelasan tentang manfaat doa sebelum belajar ini.

Terhindar Berbagai Masalah

Manfaat mengamalkan doa sebelum belajar adalah untuk menghindarkan diri dari berbagai masalah. Mempelajari sebuah ilmu tentu akan dihadapkan dngan berbagai macam masalah.

Masalah yang dihadapi sangat bervariasi. Maka, mulailah dengan berdoa. Insya Allah proses belajar akan berjalan dengan lancar dan ilmu yang didapatkan menjadi lebih barokah.

Mendapatkan Jawaban yang Tepat

Untuk mendapatkan jawaban yang tepat, Anda bisa berdoa sebelum belajar. Contohnya saja ketika Anda akan menghadapi ujian dalam berbagai bidang pelajaran.

Sebelum mulai ujian, Anda bisa membacar doa belajar terlebih dahulu. Insya Allah, Anda akan dimudahkan dalam menjawab soal dan akan ditunjukkan dengan jawaban tepat.

Tujuan Menjadi Jelas

Belajar tentu memiliki sebuah tujuan yang jelas. Dengan berdoa, Anda memiliki tujuan jelas tentang apa yang akan Anda pelajari.

Adanya tujuan jelas membuat Anda terhindar dari keragu-raguan dalam belajar. Berdoa bisa menjadi bukti bahwa Anda telah pasrah. Jadi, tujuan Anda akan menjadi lebih mudah untuk dicapai.

Lebih Percaya Diri dan Ikhlas

Mengamalkan doa sebelum belajar akan membuat Anda bisa lebih percaya diri dan ikhlas. Pasrahkan semua hal yang akan terjadi hanya kepada Allah.

Manusia hanya bisa berdoa dan berusaha. Untuk urusan hasil yang akan didapatkan, Allah yang akan menentukan.

Bermanfaat untuk Kehidupan Dunia dan Akhirat

Berdoa sebelum dan setelah melakukan sesuatu akan membuat sesuatu yang Anda kerjakan menjadi bermanfaat. Selain itu, Anda akan mendapatkan pahala dari Allah, dan mendapatkan kemuliaan di dunia dan di akhirat.

Melatih Kesabaran

Allah sangat menyayangi orang-orang sabar. Dengan berdoa, seseorang telah belajar arti dari sebuah kesabaran. Tidak ada sesuatu yang bisa begitu saja atau bisa dengan instan. Semua membutuhkan proses dan waktu serta tatanan khusus untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

Tatanan belajar yang baik dalam islam adalah action, dan menunggu hasilnya. Lakukan hal terbaik yang bisa Anda lakukan dan hasilnya Anda pasrahkan kepada Allah.

Macam Doa Setelah Belajar
doa setelah belajar

Setelah melakukan kegiatan belajar mengajar yang diawali dengan membaca do’a sebelum belajar. Setelah selesai belajar pun kita kembali dianjurkan untuk kembali membaca doa selesai belajar.

Tujuan dari membaca doa selesai belajar ini agar ketika kita mengawali sesuatu dengan doa, maka kita pun harus mengakhiri sesuatu dengan doa sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah. Selain itu, doa seselai belajar ini menjadi penolong kita supaya ilmu yang didapat memang Allah rhido.

Biasanya kita ketika selesai belajar pasti membaca surat Al-Fatihah sebagai penutup, agar lebih afdol bisa ditambahkan doa berukut sebagai doa sesudah belajar yang sesuai dengan sunnah.

Doa Setelah Belajar yang Pertama

ak hanya doa sebelum belajar, anda juga perlu memahami doa sesudah belajar, agar apa yang telah anda pelajari menjadi lebih bermakna dan bermanfaat. Berikut adalah doa sesudah belajar pertama:

اِللَّهُمَّ اَرِنَا الْحَقًّا حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ وَاَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلًا وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allaumma arinal haqqa haqqan warzuqnat tibaa’ahu wa arinal baathila baathilan warzuqnaj tinaabahu.

Artinya:
Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya.

Doa Setelah Belajar yang Kedua

Tak hanya doa di atas saja yang biasa di gunakan oleh masyarakat setelah mengakhiri waktu belajarnya. Berikut adalah doa sesudah belajar yang kedua:

اللَّهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَيَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلَا تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allahumma innii ishtaudi’uka maa ‘allamtaniihi faardud’hu ilayya ‘inda haajatii walaa tanshaniihi yaarobbal ‘aalamiina.

Artinya :
Ya Allah sesungguhnya ku titipkan kepada Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku di saat aku membutuhkannya. Janganlah buat aku lupa kepadanya, wahai Tuhan pemelihara alam.

Doa Setelah Belajar yang Ketiga

Selain kedua doa seselai belajar diatas, terdapat juga doa sesudah belajar yang bisa kamu amalkan, yakni sebagai berikut.

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulihal

Artinya:
“Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

Adab Berdoa Kepada Allah SWT
adab berdoa

Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai. (HR. Tirmidzi, no. 3479)

Sahabatku semua, dalam berdoa kepada Allah Subhanallah Wa Ta’ala, kita juga diajurkan untuk menerapkan beberapa adab dalam berdoa. Berikut ini ada beberapa adab berdoa dalam Islam yang dapar kalian terapkan dalam kesaharian kalian.

  1. Dianjurkan menghadap kiblat
  2. Mengangkat kedua tangannya dengan telapak tangan terbuka di depan dada, tepatnya di pertengahan dada.
    1. Bentuk tangan terdapat beberapa pilihan cara:
    2. Kedua telapak tangan dibuka namun kedua tidak saling menempel, melainkan ada celah diantara keduanya, tidak harus di arahkan ke langit. Ini pendapat Hanafiyah.
    3. Telapak tangan mengarah ke langit dan punggung tangan ke arah bumi, boleh ditempelkan ataupun tidak, ini pendapat Syafi’iyyah
  3. Telapak tangan mengarah ke langit dan punggung tangan ke arah bumi, keduanya ditempelkan. Ini pendapat Hanabilah
  4. Boleh juga seseorang menutup wajahnya dengan telapak tangannya dan kedua punggung tangannya menghadap kiblat, menurut sebagian ulama.
  5. Memuji Allah dan bershalawat kepada Rasulullah
  6. Membaca doa-doa
  7. Tangan kembali seperti semula, tanpa mengusap wajah

Adab Belajar dan Menuntut Ilmu
adab belajar

Selain itu juga ada beberapa yang perlu kita perhatikan saat sedang mencari ilmu, adab dalam islam memang merupkan suatu keharusan yang harus ada. Dan semoga dengan memperhatikan adab, kita dapat memperoleh ilmu yang berkah. Berikut ini beberpaa adab belajar dalam agama Islam:

  1. Mengikhlaskan niat hanya untuk Allah SWT saja dalam menuntut ilmu.
  2. Istiqomah dalam mengamalkan doa agar memperoleh ilmu yng bermanfaat serta barokah.
  3. Selalu bersungguh-sungguh saat menuntut ilmu.
  4. Mengurangi serta menjauhkan diri kita dari segala perbuatan yang memiliki unsur maksiat yang dapat menimbulkan dosa.
  5. Tidak boleh angkuh atau sombong ketika ada orang yang bertanya kepada kita karena belum mengetahui atau belum paham.
  6. Selalu mendengarkan penjelasan dari pengajar dengan seksama.
  7. Fokus ketika pengajar sedang mengajar kepada kita.
  8. Selalu berusaha untuk memahami ilmusyar’i dengan cara menghafalkan segala yang telah diajarkan.
  9. Mengamalkan ilmu yang telah di peroleh.

Demikianlah pembahasan kami mengenai doa sebelum belajar, yang di dalamnya juga terdapat pembahasan mengenai dari doa sesudah belajar dan juga doa-doa lain yang berhubungan.

Semoga dapat membantu anda yang sedang mencari tahu mengenai doa sebelum belajar, dan saya berharap kepada anda semua agar selalu mengamalkan doa ini dan doa-doa lainnya seperti doa masuk rumah atau doa lainnya dalam kehidupan sehari-hari anda saat sedang menuntut ilmu.

Dan saya berpesan kepada anda semua agar selalu mampir ke website ini, apabila sedang mencari tahu mengenai doa apa pun yang sering kita baca dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih telah membaca. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sumber : muslim.or.id

Kategori: Pendidikan

ievoolme

Berpikir positif, tidak peduli seberapa keras kehidupan ini

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *