Memiliki rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan wa rahmah adalah impian bagi setiap semua pasangan suami istri. Untuk itu, dalam menjalani kehidupan rumah tangga dibutuhkan sikap saling menghormati, saling mengerti, kesetiaan, dan saling mendoakan antara suami istri.

Doa adalah permohonan yang kita panjatkan pada Allah. Melalui doa, kita bisa menyampaikan keinginan kepada Sang Maha Pencipta dengan harapan doa tersebut akan terkabulkan. Sebagai seorang istri, tentu kita berharap agar keluarga kita selalu diberikan kesehatan, kebahagiaan dan keselamatan, nggak terkecuali untuk sang suami tercinta.

Banyak doa yang kerap dipanjatkan istri untuk sang suami yang telah berjuang untuk mencari nafkah demi istri dan anak-anak tercinta. Tahukan kamu, bahwa doa dari istri juga memiliki banyak keutamaan yang mungkin selama ini kita tidak mengetahui. Salah satunya yaitu membukakan pintu rezeki dari Allah. Nah, berikut ini kami telah merangkum berbagai doa yang dapat jadi refrerensi

Daftar Isi

Doa Kebaikan Dunia Akhirot

Doa ini merupakan contoh doa yang cukup umum karena mencakup seluruh kebaikan di dunia dan di akhirat. Kebaikan di dunia meliputi banyak hal, salah satunya adalah suami yang baik, sholeh, rajin bekerja, mencintai istri, dan lain sebagainya. Sedangkan kebaikan di akhirat bisa meliputi dapat dikumpulkan kembali bersama dengan suami layaknya di dunia.

Doa tersebut merupakan salah satu amalan yang sangat mudah untuk dilafadzkan setiap harinya. Anda bahkan sudah sangat hafal dengan doa kebaikan dunia dan akhirat. Dengan rutin mengamalkan doa tersebut, semoga Allah melimpahkan kebaikan untuk keluarga Anda di dunia dan di akhirat.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa atinaa fiddunnya hasanah wa fil akhirati hasanah waqinaa ‘adzabannar

Artinya: Ya Tuhan, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta selamatkanlah kami dari siksa neraka.

Bacaan Doa Agar Suami Selamat dari Bahaya
Selamat dari bahaya

Bukan hanya dari kemudahan yang engkau dapatkan, melainkan berkat doa seorang istri setiap langkah kecil dari apa yang engkau kerjakan selalu mendapatkan lindungan dari Sang Maha Kuasa. Dan hal tersebut seakan benar adanya, dimana saat seorang suami terkena masalah atas apa yang ia lakukan. Berkat doa istrinya yang berharap agar masalahnya dimudahkan.

Niscaya Allah SWT seakan mendengarkan doa-doa istri anda untuk menjauhkan suaminya dari berbagai tindak kejahatan atau bencana yang dapat membahayakan bagi dirinya.

Doa Agar Selalu Diberikan Rezeki
Rezeki

Doa untuk suami yang ketiga adalah doa agar suami senantiasa diberikan rezeki oleh Allah. Allah adalah Maha Pemberi Rezeki, dan Allah berkehedak memberikan rezeki kepada kita.

Doa ini bisa Anda panjatkan ketika selesai sholat dhuha atau setelah mengerjakan sholat wajib.

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

“Allòòhumma innii as-aluka an tarzuqònii rizqòn halaalan waasi’an thòyyiban min ghairi ta’abin wala masyaqqatin walaa dlòirin walaa nashabin innaka ‘a-laa kulli syai-in qòdiir.”

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar diberikan rezeki yang halal, yang luas, yang baik, tanpa kesusahan dan juga tanpa kemelaratan serta tanpa keberatan, sesungguhnya Engkau Maha kuasa atas segala sesuatu.”

Atau Anda juga bisa langsung membaca doa kelancaran rezeki dalam kalimat bahasa Indonesia seperti berikut ini.

“Ya Allah sesungguhnya aku dan suamiku adalah hamba yang lemah, maka dari itu kuatkanlah, aku dan suamiku adalah hina maka muliakanlah, aku dan suamiku adalah fakir maka kayakanlah. Wahai Allah dzat yang penyayang dan pemberi rezeki”.

Doa Agar Terhindar dari  Harta Haram
memakan harta haram

Doa berikut ini berisi tentang permintaan agar dicukupkan dengan harta yang halal dan dihindarkan dari harta haram. Seorang istri wajib mendoakan suami agar selalu berada di jalan kebenaran ketika mencari nafkah sehingga terhindar dari harta yang haram.

Harta haram sangat berbahaya apabila masuk ke dalam keuangan keluarga, apalagi jika sampai masuk ke alirah darah keluarga Anda.

Harta haram mengotori seluruh harta yang Anda miliki sehingga harus dibersihkan dengan sedekah. Selain itu, memakan harta haram juga menghalangi terkabulnya doa yang Anda panjatkan.

Tentu saja Anda tidak mau hal ini terjadi, bukan? Oleh karena itu, selalu doakan suami Anda agar terhindar dari mencari harta yang tidak halal.

اَللَّهُمَّ ياَ غَنِىُّ ياَحَمِيْدُ يَامُبْدِئُ يَامُعِيْدُ يَارَحِيْمُ يَاوَدُوْدُ يَافَعَّالُ لِمَا يُرِ يْدُ اَغْنِنِىْ بِحَلاَ لِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumma yaa ghoniyyu yaa hamiid yaa mubdi’u yaa mu’iid yaa rohimu yaa waduud yaa fa’alu lima yuriid agnini bihalaalila, anharoomika wa bifadlika ‘amman siwaak

Artinya: Ya Allah Tuhanku Yang Maha Kaya dan Maha Terpuji, Tuhan Yang Menakdirkan dan Yang Mengembalikan, Yang Maha kasih dan Maha Kasih Sayang. Berilah aku kekayaan harta yang Engkau halalkan bukan yang Engkau haramkan, berilah aku kelebihan dari yang lain dengan berkah karuniaMu.

Doa untuk Suami yang Sedang Bekerja
suami bekerja

Sebagai istri yang sholehah diwajibkan untuk taat kepada suami, menyayanginya dengan tulus, melayani dengan baik, dan selalu berpenampilan baik. Istripun harus pandai selalu bersyukur apa yang telah diberikan  dan dapatkan.

Istri yang amanah bisa dilihat dari bagaimana cara ia memperlihatkan ketenangan serta keteduhan bagi kekasih hatinya itu. Lantas, bagaimana hendaknya seorang istri mendoakan suaminya yang sedang bekerja, sebab mendoakan bukanlah perkara yang memberatkan, selagi itu hal baik dan diniatkan baik, maka tentu Allah akan mengabulkannya. Berikut doa untuk suami yang sedang bekerja.

“Allaahummarzuqnii rizqan halaalan thayyibaa, wasta’milnii thayyibaa. Allaahummaj’al ausa’a rizqika ‘alayya, ‘inda kibari sinnii wanqithaa’i ‘umrii. Allaahummakfinii bihalaalika ‘an haraamika. Wa aghninii bifadhlika ‘amman siwaaka. Allaahumma in nii as-aluka rizqan waasi’an naafi’an. Allaahumma innii as-alukan na’iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu, wa laa yazuulu.”

Artinya: “Yaa Allah, berilah rezeki yang halal dan baik dan pakaikanlah padaku segala kebaikan kepadaku. Yaa Tuhanku. Yaa Allah, cukupkanlah bagiku rezeki yang halal dari-mu daripada yang haram. Kayakanlah saya dari yang lain dengan karunia-Mu.

Yaa Allah, saya memohonkan pada-Mu rezeki yang luas dan yang berguna. Yaa Allah, saya mohon pada-Mu nikmat yang kekal, yang tidak putus-putus, dan tidak akan hilang.”

“Yaa Allah, lindungilah suamiu yang sedang mencari nafkah untuk keluargaku, lindungilah ketika ia bekerja, dan berikanlah rezeki yang berlimpah yang halal dan berkah, serta mudahkan segala urusannya. Yaa Allah, balaslah segala kebaikan-kebaikan padanya atas usaha yang telah ia lakukan untuk keluarganya. Aamiin.”

Doa Bagi Suami Ketika Jauh untuk  Bekerja
suami bekerja jauh

Bagi Anda yang menjalani hubungan jarak jauh dengan suami, ini memang merupakan perkara yang tidak mudah. Diperlukan kesabaran ekstra agar hubungan baik antara suami dan istri tetap terjaga. Selain komunikasi rutin, Anda juga perlu memperkuat jalinan cinta dengan doa-doa yang tulus dan ikhlas. Doa seorang istri kepada suami akan diijabah oleh Allah.

Selain beberapa amalan doa yang bisa Anda praktekkan di atas, jangan lupa untuk membaca doa di bawah ini terutama jika suami tinggal berjauhan.

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ

Astawdi’ullaha diinaka, wa amaanataka, wa khowaatiima ‘amalik

Artinya: Aku menitipkan agamamu, amanahmu, dan perbuatan terakhirmu kepada Allah.

Doa tersebut merupakan bentuk kepasrahan seorang istri agar Allah senantiasa menjaga dan melindungi suami dari berbagai godaan dan marabahaya di manapun dia berada. Ketika membaca doa ini, istri bisa merasa tenang karena telah menitipkan suaminya pada sebaik-baik Dzat, Sang Pencipta, dan Sang Pemilik.

Dengan melafadzkan doa tersebut, diharapkan Allah sentiasa melindungi, menjaga, dan membimbing suami Anda. Meskipun dia berada jauh dari Anda, dia akan merasa dekat karena suami istri sama-sama berada dalam perlindungan Allah.

Amalan Ketaatan Kepada Suami
amalan ketaan kepada suami

Salah satu bentuk kepatuhan seorang istri kepada suaminya adalah mendoakan kebaikan bagi sang suami. Baik dalam hal bekerja, keimanan, maupun di kala suami jauh darinya.

Untuk menciptakan keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah maka seorang istri harus senantiasa taat kepada suaminya selama tidak melanggar perintah Allah dan Rasulnya. Selain mendoakan suami, terdapat beberapa amalan ketaatan yang dapat dilakukan seorang istri kepada suaminya, diantaranya adalah :

Menutup Aurat kepada Selain Mahram
perintah menutup aurot

Sebagai seorang istri, kita berkewajiban untuk menjaga kehormatan diri sebagai bentuk ketaatan kepada suami. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan mengenakan pakaian syar’i dan hijab sehingga dapat menutupi aurat serta menghalangi pandangan laki-laki selain mahram.

Hal ini bukan hanya akan mencegah rasa cemburu dari sang suami namun juga berperan menjaga pandangan kaum muslim.

Menyambut Ketika Diajak Berhubungan Biologis
menyambut suami

Salah satu cara agar suami tidak tergoda dengan wanita lain adalah menyambut baik ketika suami mengajak berhubungan biologis. Berusahalah untuk tersenyum dan melayaninya dengan baik tanpa memasang wajah yang cemberut atau tidak senang. Hal tersebut sebagai bentuk ketaatan kita terhadap suami.

Tidak Memberi Ijin Laki-laki Lain Masuk Rumah Tanpa Seijin Suami
laki laki dilarang masuk

Saat suami tidak berada di rumah, sudah sepatutnya kita tidak membiarkan ada laki-laki lain yang masuk rumah tanpa se ijin suami. Pada jaman sekarang, mungkin hal ini sudah sangat disepelekan. Namun sesungguhnya, selain sebagai bentuk ketaatan kepada suami, hal ini juga berkaitan dengan tata krama kita sebagai orang Indonesia.

Dalam Islam, membiarkan orang lain masuk ke rumah tanpa ijin bisa menimbulkan fitnah yang mungkin saja dapat menghancurkan rumah tangga. Menurut budaya timur, membiarkan lelaki lain masuk rumah saat kita sudah bersuami merupakan sesuatu yang menyalahi adat atau tata krama yang sepatutnya tidak dilakukan.

Ketika ada tamu laki-laki, alangkah baiknya jika Anda menemuinya di luar rumah dan bertanya maksud dari kedatangan orang tersebut ke rumah Anda.

Keutamaan Membaca Doa untuk Suami
keutamaan membaca doa

Tidak ada hal yang sia-sia dalam kebaikan begitu juga dengan membaca doa untuk suami. Selain sebagai bentuk ketaatan dan ketundukan kita terhadap suami, doa tersebut memiliki berbagai keutamaan yaitu sebagai berikut :

Membuka Rahmat Allah SWT
rahmat Allah

Kekuatan doa seorang istri dan keutamaan berdoa dalam islam ternyata memiliki manfaat dan faedah yang begitu luar biasa di dalam kehidupan sang suami.

Dimana ketika doa yang terucap dari bibir seorang istri yang shalihah dengan kesungguhannya memohan kepada Sang Rabbnya. Maka sesungguhnya Allah SWT akan menjanjikan untuk mengabulkan doa-doa tersebut.

Berdasarkan firman Allah SWT yang berbunyi:

“Dan berdoalah kepadaku niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang telah menyombongkan dirinya dari menyembah kepada-Ku, maka akan masuk neraka jahanan dalam keadaan yang hina.” (QS. Al-Mu’min: 60).

Pendorong Kesuksesan bagi Suaminya
kesuksesan

Jika pepatah pernah mengatakan: “Dibalik laki-laki yang sukses, maka selalu ada wanita hebat di belakangnya.” Hal itu memang benar adanya. Dimana saat suami dalam kondisi yang sangat terpuruk dan dia sudah mengalami berbagai macam cobaan hidup.

Maka dia memiliki kesempatan untuk bangkit dari kondisi keterpurukannya hanya berkat dorongan dan doa hebat dari seorang istri yang senantiasa berada di sampingnya. Maka sebaiknya sayangi istrimu sebagaimana cara Rasulullah menyayangi istri.

Membukakan Pintu Rezeki
pintu Rezeki

Jika doa seorang istri adalah doa yang mustajabah. Maka bukan tidak mungkin saat suami berangkat kerja dengan keikhlasan dan keridhoan dari istrinya. Maka akan terbukalah pintu-pintu rezeki untuknya di hari itu dan di hari-hari berikutnya.

Untuk itu, tatkala seorang suami meminta izin kepada istrinya untuk mencari nafkah di hari itu. Maka sebaiknya doa terbaik selalu engkau ucapkan tiada henti hingga suamimu pulang dengan membawa hasil yang lebih baik. Namun selain itu juga terdapat doa agar keinginan tercapai yang bisa anda lakukan juga.

Penyemangat dalam Kehidupan Suami
penyemangat hidup

Dalam kehidupan nyata mungkin anda pernah merasakannya. Dimana saat ingin berangkat untuk mencari nafkah bagi keluarga kecil anda. Anda lupa untuk meminta izin kepada istri anda karena beberapa alasan.

Pada saat itu pula anda merasakan seperti ada yang kurang dalam aktivitas yang anda kerjakan. Hal ini mungkin dikarenakan ada doa yang tertinggal yang engkau minta dari istrimu. Untuk itu, selalu mintalah doa dari istri untuk penyemangat dalam kehidupan anda sehari-hari.

Menjauhkan Suami dari Kejahatan atau Bencana
kejahatan

Bukan hanya dari kemudahan yang engkau dapatkan, melainkan berkat doa seorang istri setiap langkah kecil dari apa yang engkau kerjakan selalu mendapatkan lindungan dari Sang Maha Kuasa. Dan hal tersebut seakan benar adanya, dimana saat seorang suami terkena masalah atas apa yang ia lakukan. Berkat doa istrinya yang berharap agar masalahnya dimudahkan.

Niscaya Allah SWT seakan mendengarkan doa-doa istri anda untuk menjauhkan suaminya dari berbagai tindak kejahatan atau bencana yang dapat membahayakan bagi dirinya.

Menghantarkan Kehidupan Suami yang Lebih Baik Lagi
hidup baik

Bukan hanya melapangkan jalan kesuksesan bagi suaminya, melainkan juga menghantarkan jalan kehidupan bagi sang suami untuk bisa lebih baik lagi. Doa seorang istri yang shalihah tentunya selalu terpanjat untuk memohon agar kehidupan untuk dirinya, suaminya dan bahkan untuk keluarga kecilnya selalu dalam lindungan dan keselamatan dari Allah SWT.

Hal tersebutlah yang kemudian akan menghantarkan langkah sang suami untuk bisa menjalani kehidupan yang lebih baik lagi. Dari semua ia bukan siapa-siapa. Bukan tidak mungkin jika berkat doa dari wanita shalehah menurut islam, ia menjadi seorang lelaki yang sukses baik itu di dunia maupun di akhirat kelak.

Pembuka Pintu Kesuksesan Baik di Dunia Maupun di Akhirat
pintu kesuksesan

Berdasarkan firman Allah SWT yang berbunyi: “Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia telah menciptakan untukmu seorang istri-istri dari jenismu sendiri, agar kamu cendrung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikannya rasa diantaramu rasa kasih dan sayang.

Sesungguhnya apa yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi mereka kaum yang berfikir.” (QS.-Ruum 30: 21).

Dari penggalan ayat di atas, maka dalam diri suami yang baik (shalih) tentu telah disediakan wanita (istri-istri) yang shalihah untuknya. Namun disisi lain mereka juga akan mengantarkan kebaikan dalam kehidupan suaminya, baik itu untuk kesuksesan di dunia maupun di akhiran kelak. Maka sebaiknya carilah istri yang memiliki ciri-ciri wanita baik menurut islam.

Demikian sekumpulan doa-doa dari istri untuk suami tercinta yang telah kami rangkum dari berbagai sumber yag ada. Semoga doa-doa yang telah kita panjatkan dapat didengar dan dikabulkan oleh Yang Maha Pencipta. Aamiin.

Kategori: Pendidikan

ievoolme

Berpikir positif, tidak peduli seberapa keras kehidupan ini

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *