Bambu, Sebuah kata yang telah lama dikenal masyarakat Indonesia dan dimanfaatkan oleh berbagai sekmen untuk kebutuhan sehari-hari. Bambu merupakan salah satu tumbuhan berkeping satu (monokotil) dan masuk dalam keluarga rumput-rumputan (famili Poaceae). Jenis-jenis bambu banyak tersebar di negara Indonesia.

Di negara Indonesia memiliki 161 jenis bambu, yang mana 126 jenis-jenis bambu diantaranya merupakan jenis asli Indonesia. Hal tersebut berarti sekitar 15,5% dari total spesies bambu dunia

Devinisi bambu

Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya. Bambu memiliki banyak tipe. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru. Kalau orang Jawa menyebutnya pring. Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat. Karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik, dalam sehari bambu dapat tumbuh sepanjang 60 cm (24 Inchi) bahkan lebih, tergantung pada kondisi tanah dan klimatologi tempat ia ditanam.

Ciri-ciri yang dimiliki bambu

jenis bambu kuning

unsplash.com

Setiap apa yang Allah ciptakan pasti mempunyai ciri-ciri khusus, seperti halnya bambu ini. Bambu memiliki beberapa ciri-ciri antara lain :

  • Berakar serabut
  • Berkembang biak dengan tunas/rebung/bung ( ada juga jenis bambu yang bisa dengan mudah dikembangbiakan dengan cara stek batang yakni bambu ampel )
  • Memiliki rongga di batangnya
  • Memiliki ruas batang
  • Daun bambu bertulang daun sejajar

Semua jenis-jenis bambu memiliki ciri khusus yaitu pada batangnya atau pelepah batangnya terdapat lugut. Lugut adalah bulu-bulu halus berwarna hitam yang menempel pada pelepah batang bambu. Pelepah batang bambu oleh orang Jawa disebut sebagai kelotokan. Lugut juga menempel pada batang bambu. Fungsi ciri khusus bambu memiliki lugut adalah untuk melindungi dirinya atau mengusir musuhnya. Jika badan kita terkena lugut, maka akan terasa gatal seperti gatalnya kulit kita ketika terkena bulu ulat.

Jenis bambu beserta ciri dan manfaatnya

jenis bambu untuk kerajinan

(Oliver Raatz) unsplash.com

Ada berbagai macam jenis-jenis bambu, akan tetapi di halaman ini kami hanya akan tuliskan lima jenis bambu, karena kami sesuaikan dengan jenis bambu yang sering kami lihat atau temui khususnya di Kabupaten Magetan. Adapun tentang manfaat bambu, saya tuliskan sesuai jenis-jenis bambunya.

Sebenarnya manfaat tumbuhan bambu itu sangat banyak, bahkan bisa dikatakan sama dengan atau melebihi manfaat pohon yang selama ini kita kenal serba manfaat dari akar sampai daunnya yakni pohon kelapa. Namun untuk manfaat tumbuhan bambu yang akan saya sebutkan di bawah nanti hanya lah sebagian dari begitu banyaknya manfaatnya

Bambu kuning (Bambusa Vulgaris)

jenis bambu unik

alihamdan.id

bambu kuning atau disebut juga sebagai Bambusa vulgaris adalah salah satu jenis-jenis bambu peliharaan yang dijadikan sebagai tanaman hias dikarenakan memiliki keindahan dan bentuk yang menarik. Bambu jenis ini memiliki ciri batang yang beruas-ruas, tinggi, dan batangnya berwarna kuning. Biasanya, bambu jenis ini hidup di lingkungan tropis. Di kawasan Asia Tenggara,

Tanaman bambu kuning memiliki beberapa ciri-ciri khusus antara lain sebagai berikut ini :

  • Akar tanaman bambu kuning berupa akar serabut dan umumnya berwarna putih.
  • Batang beruas dengan warna khas kuning. tinggi batang mencapai 10 sampai 20 m dan berdiamter 4 sampai 10 cm.
  • daun lurus, berbentuk segitiga lebar, dengan ujung daun meruncing. Panjang daun 4 sampai 5 centimeter dan lebar 5 sampai 6 centimeter.
  • Bunga tanaman bambu kuning termasuk bunga majemuk dan berbentuk malai. Umumnya berwarna ungu kehitaman.
  • Bambu kuning tumbuh di daerah tropis hingga subtropis dengan ketinggian lahan sekitar 1,200 meter dpl. Di Asia Tenggara

Manfaat dari bambu kuning

pagar rumah dari bambu kuning

http://jejakmu.bappenas.go.id

Begitu banyak manfaat yang terkandung dalam bambu kuning, bukan hanya sebagai tanaman hias, namun juga bermanfaat baik untuk kesehatan kita.

  1. mengobati liver
  2. sumber protein dan nutrisi
  3. mengobati asam urat
  4. mengatasi keputihan
  5. meredakan batuk
  6. mengurangi kolestrol
  7. obat tuberkolosis
  8. antioksidan

Bambu hitam (Gigantochloa Antroviolacea)

jenis bambu hitam

www.ikons.id

Bambu hitam dikenal juga dengan nama gigantochloa atroviolacea atau tropical black bamboo. Bambu ini berasal dari Indonesia khususnya di Provinsi Jawa, bambu jenis ini jika ditempatkan pada tempat yang kering maka warna hitam keunguan akan lebih menonjol.

Sebenernya dari segi batang dan warna bambu hitam sudah jelas terlihat, tapi sebagai pengetahuan buat kalian. Kami akan membagikan beberapa ciri-ciri khusus yang terdapat bambu hitam, antara lain :

  • Bambu yang merumpun, padat dan tegak.
  • Rebungnya hitam degan ujung jingga, tertutup oleh bulu-bulu miang bewarna cokelat hingga hitam.
  • batang mencapai ketinggian 15 m dengan gairs tengah 6 sampai 8 cm dan ruas-ruasnya sepanjang 40 sampai 50 cm.
  • ketika muda bambu bewarna hijau gelap dan bertumbuh besar berubah ungu kehijauan hingga coklat gelap.
  • Pelepah buluh mudah rontok, kecuali yang terbawah yang agak bertahan.
  • daun pada ranting bentuk lanset, 20-28 × 2-5 cm, lokos; pelepah daun tertutupi oleh rambut-rambut keputihan ketika muda.

Manfaat dari bambu hitam

jenis bambu di indonesia

http://id.tonkinbambus.com

Bambu hitam bisa digunakan sebagai bahan utama untuk keperluan dekoratif dan pembuatan furnitur, di daerah perkotaan bambu ini sering dijadikan sebagai bilik untuk saung-saung. Bambu hitam juga bagus untuk pembuatan alat musik tradisional seperti calung, angklung, dan gambang. Dari rebungnya bambu hitam kerap dijadikan sebagai sayuran untuk dimasak.

Bambu bali (Schizostachyum Brachycladum)

jenis bambu air

pixabay.com

Bambu jenis ini berbeda dengan bambu kuning di atas bisa dilihat dari segi tekstur batangnya yang lebih kasar dibandingkan bambu kuning. Bambu ini berasal dari Asia tropis dan Papuasia banyak ditemukan di Provinsi Bali yang kebanyakan digunakan sebagai hiasan pure-pure di sana.

Ciri-ciri Bambu Bali:

  • Tinggi pohon kisaran 12 m dengan diameter culm 7 cm.
  • Tumbuh tegak tidak miring-miring.
  • Toleransi suhu minimum -2 derajat celcius.
  • Warna batang kuning cerah dengan garis hijau teksturnya lebih kasar dibanding bambu kuning.
  • Asalnya dari Asia Tenggara
  • Daun besar bergaris kuning.

Dalam proses penanaman bambu ini memerlukan kondisi pertumbuhan yang baik menyukai iklim tropis atau posisi yang hangat dan terlindung dari iklim subtropis, dan juga harus dilakukan pemupukan yang baik serta teratur.

Bambu ini berbunga pada tiap tahunnya tanpa biji yang layak diproduksi, maka dari itu jika kondisinya kurang baik hal itu menyebabkan pandangan yang tidak enak dilihat berantakan. Akan tetapi jika kondisinya bagus akan terlihat menakjubkan dengan batang halus berwarna kuning yang tersinari oleh matahari dan daunnya yang bergoyang-goyang membuat segar mata.

Bambu apus (Gigantochloa Apus)

jenis bambu ajaib

nasional.tempo.co

Bambu apus adalah jenis bambu yang warna kulitnya hijau tua dan kurang mengkilap dengan sarung berbulu besar coklat. Bambu apus juga disebut sebagai bambu tali karena salah satu manfaat bambu jenis ini adalah bisa dijadikan bahan pembuat tali/pengikat.

Misalnya untuk mengikat bungkus tempe, yang mana pada umumnya dulu tempe dibungkus dengan daun pisang dan jati kemudian diikat menggunkan tali yang terbuat dari bambu tali yang masih muda.

Bambu apus pada umumnya memiliki besar berdiameter kira-kira mencapai 3 sampai 7. Untuk besar atau kecilnya bambu tergantung kesuburan tanahnya. Sedangkan dalam ketinggian atau panjangnya bervariasi yakni antara sekitar 4-12 meter.

Untuk membedakan dengan bambu jenis lain. Bambu apus mempunyai ciri-ciri yang khusus, sehingga sangat mudah untuk membedakannya. KUrang lebihnya ciri-cirinya sebagai berikut ini :

  • Bambu apus dapat tumbuh di dataran rendah maupun pegunungan,dengan tinggi batang 8 sampai13 m.
  • Jarak ruas kurang lebih sekitar 45 sampai 65 cm, diameter 5 sampai 8 cm dan tebal 3 sampai 15 mm.
  • Batang bewarna hijau tua sampai hitam.

Manfaat dari bambu apus

kerajinan dari bambu

1.bp.blogspot.com

Bambu apus memiliki banyak manfaat dalam medis seperti halnya dari segi akar dapat mengobati kencing manis, kencing batu, maag, liver (sakit kuning), hipertensi, ginjal, kanker payudara, limpa, kanker darah, dan batuk. Batang (buluh) bambu tali dapat digunakan untuk meremajakan kulit bekas luka, memperlancar persalinan, mengobati luka dan mengobati panas dalam.

manfaat lainnya seperti digunakan sebagai bahan pembuat peralatan dapur ( misalnya dibuat tampah,ceting, besek/piti, kipas nasi/ilir, centong, dan sebagainya ), bahan pembuat kandang ternak, alat pemikul/mbatan dan sebagai kayu bakar.

Bambu wulung

jenis bambu angklung

www.kompasiana.com

Bambu wulung adalah bambu yang warna kulitnya wulung/hitam/hijau kehitaman/ungu tua dan ada garis berwarna kuning di sepanjang batang maupun rantingnya. Diameter bambu wulung mayoritas antara 5-12 cm dengan panjang/tinggi antara 7-18 meter.

Beberapa contoh ciri-ciri khusus bambu wulung adalah mempunyai rumpun yang tidak rapat, dengan warna kulit batang hitam,hijau kehitaman, ungu tua, bergaris kuning muda, panjang ruas 40-50 cm, diameter 6-8 cm (morisco). Karena sifatnya yang tidak liat (getas), bambu wulung banyak dipakai sebagai bahan kerajinan.

Dulu bambu wulung sangat berguna dalam pembuatan senjata bambu runcing, sebagai senjata melawan penjajah. manfaat lainya seperti sebagai bahan bangunan misalnya untuk membuat rangka atap, tiang bendera, kerajinan seperti hiasan dinding yang berupa potongan bambu yang diukir menjadi gambar pemandangan alam, hewan, dan sebagainya, pagar dan lain sebagainya.

Demikian dulu kawan penjelasan kami mengenai jenis-jenis bambu. Kita lanjutkan pada artikel selanjutnya tentang pembahasan apa aja motif kerajinan dari bambu. Kami ucapkan terima kasih dan salam sejahtera.


ievoolme

Berpikir positif, tidak peduli seberapa keras kehidupan ini

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *