Kata majelis taklim tak lagi asing di telinga kita yaitu masyarakat Indonesia. Kata ini marak digunakan sebagai sebutan untuk kumpulan pengajian. Tetapi, ada fakta menarik, yaitu istilah majelis taklim hanya ada di Tanah Air. Di negara lain tidak mengenal apa majelis taklim itu.

Secara bahasa kata majelis taklim berasal dari bahasa Arab, yakni dari kata Majelis
dan Ta’lim. Majlis adalah bentuk kata tempat (ism makan) dari kata dasar duduk tersebut.

Sedangkan kata taklim berasal dari kata ta’lim adalah bentuk masdar yang berarti ‘pengajaran’. Asal katanya ‘allama. “Penggabungannya berarti tempat pengajaran,” paparnya.

Jadi majelis taklim adalah salah satu lembaga pendidikan keagamaan nonformal yang bertujuan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Proses pembelajaran di dalamnya mengarah kepada pembentukan akhlak mulia bagi jamaahnya, serta mewujudkan rahmat bagi alam semesta.

Istilah lain majelis taklim merupakan tempat pangajaran atau pendidikan agama Islam yang paling fleksibel dan tidak terikat oleh waktu. Sifatnya terbuka. Usia berapa pun, profesi apa pun, suku apa pun, dapat bergabung di dalamnya.

Perbedaan Majelis Taklim dan Lembaga Pendidikan Lainnyamajelis taklim yakni

Dari pengertian di atas, tampak bahwa majelis ta’lim diselenggarakan berbeda dengan lembaga pendidikan Islam lainnya, seperti pesantren dan madrasah, baik menyangkut sistem, materi maupun tujuannya. Pada majelis ta’lim terdapat hal-hal yang cukup membedakan dengan yang lain, di antaranya:

  1. Majelis ta’lim adalah lembaga pendidikan non formal Islam.
  2. Masyarakat adalah pendiri, pengelola, pendukung, dan pengembang
    majelis ta’lim.
  3. Waktu belajarnya berkala tapi teratur, tidak setiap hari sebagaimana
    halnya sekolah atau madrasah
  4. Pengikut atau pesertanya disebut jamaah (orang banyak), bukan pelajar
    atau santri. Hal ini didasarkan kepada kehadiran di majelis ta’lim bukan
    merupakan kewajiban sebagaimana dengan kewajiban murid menghadiri
    sekolah atau madrasah.
  5. Tujuannya yaitu menyebar luaskan ajaran agama Islam.

Fungsi dan Peran Majelis Taklimfungsi majelis taklim

Keberadaan majelis taklim khususnya dalam era globalisasi sangat penting, terutama dalam upaya menangkal dampak negatif dari globalisasi itu sendiri. Tetapi, untuk menjaga eksistensi majelis taklim itu sendiri, maka ia harus mampu memanfaatkan dampak positif globalisasi.

Keberadaan Majelis Taklim menjadi sangat penting karena ia berada di tengah-tengah masyarakat, dan masyarakat adalah salah satu dari tiga lingkungan pendidikan.

Kedudukan Majelis Taklim sebagai lembaga pendidikan non-formal mempunyai fungsi sebagai berikut:

  • Berfungsi sebagai tempat belajar, maka tujuan Majelis Ta’lim adalah
    menambah ilmu dan keyakinan agama yang akan mendorong
    mangamalkan agama.
  • Berfungsi sebagai tempat kontak sosial, maka tujuannya adalah untuk
    bersilaturrahmi.
  • Berfungsi mewujudkan minat sosial, maka tujuannya adalah
    meningkatkan kesadaran dan kesejahteraan rumah tangga dan lingkungan
    jamaahnya.

Berdasarkan fungsi-fungsi di atas, maka majelis taklim yang berada di tengah-tengah masyarakat harus difungsikan dengan sebenar-benarnya,

Sehingga dapat membentengi masyarakat atau umat dari pengaruh-pengaruh negatif utamanya pada generasi muda dan remaja yang masih sangat mudah dipengaruhi oleh berbagai hal.

Dari sinilah keberadaan majelis taklim sebagai lembaga pendidikan non-formal yang sangat penting, di samping pendidikan formal. Bila fungsi-fungsi Majelis Taklim di atas berjalan sebagaimana mestinya, maka akan mengalami suatu kehidupan yang penuh kedamaian.

Keutamaan Menghadiri Majelis Taklim dan Dalil-Dalilnyakeutamaan majelis taklim

Majelis taklim sangatlah penting tentang keberadaanya. Sehingga hukum menuntut ilmu yang salah satunya dilakukan melalui majelis taklim adalah kewajiban. Sebagaimana sabda Rasul:

Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim.” (Hadits sahih, diriwayatkan dari beberapa sahabat diantaranya: Anas bin Malik, Ibnu Abbas, Ibnu Umar, Ali bin Abi Thalib, dan Abu Sa’id Al-Khudri Radhiallahu Anhum. Lihat: Sahih al-jami: 3913).

Bagi Anda yang sering menghadiri majelis taklim, maka bergembiralah karena majelis taklim adalah salah satu obat hati dalam islam, dan sebagaimana keutamaan berilmu dalam Islam, ada banyak keutamaan lain menghadiri majelis taklim antara lain :

Mendapat Pahalamajelis taklim al qur an

“Barang siapa menegakkan shalat subuh berjamaah di masjid, lalu ia duduk berzikir (tadurrusan) sampai matahari terbit, lalu menegakkan shalat dua rakaat, maka ia akan meraih pahala haji dan umrah. Rasulullah melanjutkan shalat “sempurna, sempurna, sempurna” (HR. At-Tarmidzi)

Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa yang pergi ke masjid, tidaklah diinginkannya (untuk pergi ke masjid) kecuali untuk mempelajari kebaikan atau untuk mengajarkan kebaikan. Maka baginya pahala seperti orang yang melakukan haji dengan sempurna.” (HR.As-Suyuthi).

Menjadi Umat Terbaikfungsi majelis taklim

Rasulullah SAW bersabda: “Yang terbaik di antara kalian adalah yang belajar Al Qur’an dan mengajarkannya.” (HR Bukhari).

مَا كَانَ لِبَشَرٍ أَن يُؤْتِيَهُ ٱللَّهُ ٱلْكِتَٰبَ وَٱلْحُكْمَ وَٱلنُّبُوَّةَ ثُمَّ يَقُولَ لِلنَّاسِ كُونُوا۟ عِبَادًا لِّى مِن دُونِ ٱللَّهِ وَلَٰكِن كُونُوا۟ رَبَّٰنِيِّۦنَ بِمَا كُنتُمْ تُعَلِّمُونَ ٱلْكِتَٰبَ وَبِمَا كُنتُمْ تَدْرُسُونَ

Artinya: “Tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al Kitab, hikmah dan kenabian, lalu dia berkata kepada manusia: “Hendaklah kamu menjadi penyembah-penyembahku bukan penyembah Allah”. Akan tetapi (dia berkata): “Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani, karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya.” (Q. S. Ali Imran: 79)

Memperoleh Kententraman Hidupmajelis taklim hadits

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di suatu masjid daripada masjid-masjid Allah, sedangkan mereka membaca Al-Quran dan mempelajarinya kecuali akan turun kepada mereka ketenteraman, mereka diliputi dengan rahmat, malaikat mengelilingi mereka dan Allah menyebut-nyebut mereka dihadapan makhluk yang ada disisi-Nya.” (H.R.Muslim)

Mendapatkan ketentraman dengan menuntut ilmu dalam majelis taklim merupakan salah satu cara mendapat jiwa tenang dalam Islam. Orang yang sering mengikuti majelis taklim akan selalu damai dan hidup bahagia menurut Islam. Ia juga lebih sabar dalam menghadapi cobaan.

هُوَ ٱلَّذِىٓ أَنزَلَ ٱلسَّكِينَةَ فِى قُلُوبِ ٱلْمُؤْمِنِينَ لِيَزْدَادُوٓا۟ إِيمَٰنًا مَّعَ إِيمَٰنِهِمْ ۗ وَلِلَّهِ جُنُودُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ وَكَانَ ٱللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا

Artinya: “Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana,” (Q. S. Al Fath:4)

Mendapatkan Ampunanmajelis taklim adalah

Rasulullah SAW bersabda,

“Tidaklah duduk suatu kaum, kemudian mereka berzikir kepada Allah dalam duduknya hingga mereka berdiri, melainkan dikatakan oleh malaikat kepada mereka. Berdirilah kalian, sesungguhnya Allah telah mengampuni dosa-dosa kalian dan keburukan – keburukan kalian pun telah diganti dengan berbagai kebaikan,” (HR.Ath-Thabrani)

Jaminan Penghuni Taman di Surgadoa majelis taklim

Ibnul Qayyim RA berkata,

“Barangsiapa ingin menempuh taman-taman surga di dunia, hendaklah dia menempati majelis–majelis zikir, karena ia adalah taman- taman surga.”

Rasulullah bersabda: “Jika kalian melewati taman surga, maka singgahlah dengan hati senang .“ Para sahabat bertanya, ”Apakah taman surga itu?” Beliau menjawab, “Halaqah-halaqah dzikir.” (atau halaqah ilmu) (HR Attirmidzi).

Mendaptkan Naungan dari Malaikatcontoh majelis taklim

Rasulullah SAW bersabda, “Dan sesungguhnya para malaikat akan meletakkan sayap-sayapnya kepada para penuntut ilmu karena ridha atas apa yang telah dilakukan.”

Macam Organisasi Islam di Indonesiamajelis taklim artinya

Pada awal abad ke-20 terjadi beberapa perubahan di dunia Islam, dengan berdirinya organisasi-organisasi Islam. Berdirinya organisasi-organisasi tersebut didasarkan pada keinginan umat Islam untuk lepas dari penjajahan.

Corak pergerakan organisasi-organisasi tersebut sangatlah beragam, mulai yang bercorak keagamaan, politik ataupun sosial.

Gerakan tersebut berawal dari gerakan pembaharuan yang muncul di wilayah Timur tengah. Pemerintah Belanda pada saat itu sudah berusaha untuk membendung imbas dari gerakan tersebut, baik yang berhubungan dengan perjalanan menunaikan ibadah Haji, hingga buku-buku terbitan Timur Tengah.

Organisasi-organisasi Islam tersebut didirikan juga untuk mengupayakan perbaikan dan pengembangan pendidikan Islam yang tujuannya untuk membebaskan umat Islam dari keterbelakangan dan kebodohan.

Ada banyak organisasi – organisasi Islam yang dibentuk dan berpengaruh dari dulu hingga saat ini, Berikut akan kami sebutan beberapa  nama – nama mengenai beberapa organisasi Islam yang pernah muncuk di negara Indonesia.

  1. Al Irsyad Al Islamiyyah
  2. Al Ittihadiyah
  3. Al Washliyah
  4. Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII)
  5. Dewan Masjid Indonesia (DMI)
  6. Forum Umat Islam (FUI)
  7. Front Pembela Islam (FPI)
  8. Forum Dakwah Islam Indonesia (FDII)
  9. Gerakan Pemuda Ansor
  10. Himpunan ahlus Sunnah Untuk Masyarakat Islami (Hasmi)
  11. Hidayatullah
  12. Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI)
  13. Ikatan Da’i Indonesia (Ikadi)
  14. Lembaga Dakwah Kemuliaan Islam (LDKI)
  15. Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII)
  16. Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI)
  17. Majelis Azzikra
  18. Majelis Dakwah Islamiyah
  19. Majelis Ulama Indonesia (MUI)
  20. Majelis Tafsir Al-Quran (MTA)
  21. Mathla’ul Anwar
  22. Muhammadiyah
  23. Nahdlatul Ulama (NU)
  24. Nahdlatul Wathan (NW)
  25. Pemuda Muslimin Indonesia
  26. Persatuan Islam (Persis)
  27. Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI)
  28. Persatuan Umat Islam (PUI)
  29. Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti)
  30. Syarikat Islam (SI)
  31. Wahdah Islamiyah
  32. BP4

Demikian sedikit penjelasan mengenai pengertian majelis taklim serta organisasi-organiasi Islam yang ada di Indonesia. Jika dalam penyampaian dan penulisan masih banyak kesalahan, maka mohon kritik dan sarannya (tulis di kolom komentar). Semoga bermanfaat.


ievoolme

Berpikir positif, tidak peduli seberapa keras kehidupan ini

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *