Apakah anda sebelumnya pernah mendengar nama buah tin? Mungkin bagi sebagian orang sudah, tapi bagi sebagian besar orang belum. Nah, lewat ulasan ini semoga  anda sumua dapat menambah wawasan tentang manfaat buah tin yang melimpah.

Buah tin atau disebut juga sebgai buah ara adalah salah satu jenis tanaman yang pada awalnya tumbuh di kawasan Asia Barat, tersebar mulai dari pantai balkan sampai Afganistan. Tumbuhan dengan nama lain Ficus carica L ini mempunyai ciri-ciri pohon yang cukup besar dan bisa tumbuh sampai 10 m, batang pohon tin berwarna abu-abu dan memiliki daun yang cukup besar dengan lekuk 3 atau 5 cuping.

Buah tin juga termasuk salah satu buah yang telah disebutkan dalam Al Quran atau biasa disebut buah surga. Selain buah zaitun, buah tin ini diyakini sudah ditemukan sejak ratusan tahun sebelum masehi. Karena memiliki khasiat yang luar biasa, alangkah baiknya kita mengkonsumsi buah tin ini dalam kehidupan sehari-hari.

Ada sebuah hadis shahih yang dikeluarkan oleh Bukhari mengenai apa yang disabdakan oleh Nabi kita Nabi Muhammad SAW bahwasanya buah tin dapat mencegah penyakit wasir dan menyembuhkan gangguan penyakit asam urat. Buah yang tidak bisa bertahan lama setelah dipetik ini bisa di konsumsi dalam keadaan segar maupun dikeringkan setelah dipanen bisa diolah menjadi berbagai olahan seperti selai dan olahan lain sebagainya.

Kandungan nutrisi pada buah tinmanfaat buah tin

Dalam kandungan buah tin dikenal terdapat kandungan nutrisi yang lengkap, baik dari segi vitamin dan mineralnya yang sangat berguna bagi tubuh kita. Tidak salah jika sebagian orang yang telah mengetahuinya menjadikan buah tin sebagai buah super,

Lantas apa saja kandungan yang terdapat didalam buah tin atau buah ara ini sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan, berikut adalah kandungan lengkap dari buah tin atau buah ara per 100 gram :

NUTRISI

TAKARAN GIZIRecommended Daily Allowance %

Energi

74 Kcal

4%

Karbohidrat

19,18 g

15%

Protein

0,75 g

1,5%

Lemak total

0,30 g

1%

Kolestrol

0 mg

0%

Serat makanan

2,9 g

7%

VITAMIN

Folat

6 pg

1,5%

Niacin

0,400 mg

2,5%

Asam Pantotenat

0,300 mg

6%

Pyridoxine

0,113 mg

9%

Riblofavin

0,050 mg

4%

Thiamin

0,060

5%

Vitamin A

142 IU

5%

Vitamin C

2 mg

3%

Vitamin E

0,11 mg

1%

Vitamin K

4,7 mg

4%

ELEKTRROLIT

Sodium1 mg

0%

Kalium

232 mg

5%

MINERAL

Kalsium

35 mg

3,5%

Tembaga

0,070 mg

8%

Besi

0,37 mg

5%

Magnesium

17 mg

4%

Manggan

0,128 mg5,5%
Selenium0,2 mg

<1%

Seng

0,15 mg

1%

PHYTO-NUTRISI

Karoten

85 ug

Lutein-zeaxanthin

9 pg

PrinsipNilai Gizi

RDA %

Energi

74 Kcal4%

Karbohidrat

19,18 g15%
Protein0,75 g

1,5%

Lemak total

0,03 g

1%

Kolestrol0 mg

0%

Serat makanan

2,9 g

7%

Dari daftar kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah tin diatas, pantas saja jika buah tin mempunyai banyak manfaat, contohnya seperti kandungan kalsium yang terdapat didalam buah tin sangat ting sehingga dapat menjaga kesehatan tulang mencegah terjadinya osteoforosis dan baik bagi anak yang sedang masa pertumbuhan.

Manfaat buah tin bagi kesehatan tubuh

buah tin tinggi serat

http://www.nasionalisme.co

Buah tin termasuk ke dalam buah yang sudah sangat tua di dunia, bahkan buah ini dipercaya sudah ditemuakan pada masa tahun 5000 SM. Tentunya tidak heran jika sudah banyak orang mendapatkan manfaat dari buah yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah tin yang perlu anda semua ketahui untuk kesehatan tubuh :

Mencegah dan mengatasi sembelitbuah tin adalah

Salah satu manfaat buah tin untuk tubuh adalah sebagai pencegah dan mengatasi penyakit sembelit. Dalam tiga buah tin terkandung lima gram serat yang berguna  untuk menyetabilkan kondisi tubuh.

Konsentrasi serat yang tinggi dapat membantu mempromosikan fungsi usus yang sehat dan teratur serta mencegah konstipasi atau sembelit. Serat bekerja dengan cara menambah massa pada feses sehingga memudahkannya untuk bergerak di dalam usus. Jadi, tidak hanya mencegah sembelit, tetapi buah tin juga menghilangkan diare dan buang air besar yang tidak sehat dan tidak teratur.

Meningkatkan daya ingat

buah tin atau ara

carapedi.com

Bagi anda yang berkurang dalam masalah ingatan, tidak salahnya untuk mencoba rutin mengkonsumsi buah tin. Buah tin berkhasiat untuk meningkatkan daya ingat, hal ini dikaitkan dengan manfaatnya dalam meningkatkan pembentukan sel darah merah. Peningkatan sel darah merah mempengaruhi kekuatan daya ingat serta mengurangi kelelahan.

Bagus untuk menurunkan berat badan

buah tin tinggi kalsium

www.brilio.net

Buah tin dapat dimanfaatkan sebagai penurun berat badan atau diet. Hal ini disebabkan karena buah tin mempunyai kadungan serat yang lebih yang dapat membantu memperlancar metabolisme tubuh dan pencernaan.

Pada kandungan 100 gram buah tin, hanya terkandung 74 kalori, yang mana bagus untuk anda yang sedang diet. Manfaat lain yang bisa didapat dari buah tin adalah kandungan mineral, vitamin serta pigmennnya yang baik untuk mencerahkan dan melembabkan kulit.

Mencegah penyakit jantung koroner

buah tin adalah

disehat.com

Tekanan darah tinggi (Hipertensi) muncul karena adanya penyempitan bagian pembuluh darah, jika kondisi tersebut terlalu lama dibiarkan maka akan menyebabkan gejala penyakit jantung koroner yang begitu berbahaya.

Dalam kondisi kering buah tin mengandung zat fenol, asam lemak omega-3, dan asam lemak omega-6. Kedua asam lemak ini daapt mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Tak hanya buahnya, daun tin juga memiliki efek menghambat trigliserida, sehingga jumlah total trigliserida menurun. Trigliserida sendiri merupakan salah satu faktor penyebab utama berbagai jenis penyakit jantung.

Meredakan nyeri ambeienbuah tin adalah buah surga

Buah tin mempunyai efek laksatif yang dapat membantu mengurangi tekanan pada anus, sehingga membantu menenangkan wasir. Menurut sebuah laporan yang diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, buah tin populer sebagai obat tradisional untuk wasir karena sifat pencahar, antispasmodic, dan anti-inflamasi yang dimilikinya.

Mencegah timbulnya serangan jantung

buah tin kering

doktersehat.com

Penyakit jatung merupakan penyakit yang mematikan nomor satu di dunia dan sebagai momok bagi seluruh dunia. Setiap kurang dari satu menit, satu orang meninggal dunia dikarenakan penyakit tersebut. Untuk itu, mulailah untuk mencegah penyakit jantung dari sekarang!

Terjadinya serangan jatung disebabkan karena kadar natrium di dalam tubuh cukup tinggi sehingga mengakibatkan penyempitan pembuluh serta plak yang akan membuat kerja jantung menjadi berat dalam menyuplai darah ke seluruh bagian tubuh.

Sebagai obat penderita diabetes

fungsi buah tin

lifestyle.sindonews.com

Di tahun ini penyakit diabetes merajalela. Kemungkinan besar para dokter akan menyarankan mengkonsumsi buah tin untuk mengobati penyakit diabetes secara alami. Serta mengurangi dalam mengkonsumsi makanan-makanan yang manis.

Salah satu manfaat buah tin adalah dapat menurunkan kadar gula dalam darah anda karena mengandung glukosa dan fruktosa. Selain itu buah tin juga memiliki serat larut dan karbohidrat yang akan menghambat proses penyerapan zat gula berlebih pada sistem pencernaan dalam tubuh.

Mencagah penyakit tumor

budidaya buah tin

www.alodokter.com

Buah tin atau disebut juga sebagai buah ara ini mengandung senyawa benzaldehide dan phenol. Kedua senyawa ini dipercaya mampu menghentikan pertumbuhan parasit, jamur, dan virus yang menjadi penyebab munculnya tumor jinak.

Selain mencegah munculnya tumor jinak, buah ini juga mengandung antioksidan yang jika semua senyawa tersebut diatas dikombinasikan akan cukup efektif membantu anda mencegah tumor ganas.

Mencegah keropos tulang dan menguatkannya

buah tin enak

jogja.tribunnews.com

Buah tin mengandung kalsium yang cukup tinggi. Bahkan, menurut para ahli gizi, kandungan kalsium dan fosfornya lebih tinggi dari pada yang terkandung dalam susu. Maka dari itu, buah ini sangat baik untuk tulang, baik pencegahan maupun pengobatan.

Selain itu, bagi anak-anak, kandungan tersebut diatas dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi secara optimal.

Manfaat daun tin untuk kesehatan tubuh

buah tin fungsinya

www.manfaat.id

Daun tin merupakan daun dari pohon buah tin (Ficus carica) dan termasuk ke dalam famili Moraceae. Dalam bahasa Inggris, daun tin ini dikenal dengan sebutan fig leaf. Meskipun manfaat tak sebesar dari buah tin namun, daun tin atau daun ara tetap memiliki beberapa manfaat mengesankan bagi kesehatan tubuh,

Pemanfaatan daun tin telah dibuktikan beberapa penelitian ilmiah. oleh karena itu manfaat daun tin sering digunakan untuk mengobati beberapa masalah medis.

Pada berikut ini ada beberapa manfaat daun tin untuk kesehatan tubuh anda. Sejak dari dulu manfaat daun tin telah digunakan dengan itu tidak bisa dipungkiri jika daun tin digunakan sebagai obat tradisional.

Jangan kemana-mana, yuk simak terus pada artikel ini tetang manfaat daun tin untuk kesehatan tubuh anda.

Mengembalikan nafsu makan yang telah hilang

fungsi daun buah tin

deditaherbal.wordpress.com

Bagi ibu-ibu yang punya masalah bagaimana mengembalikan masalah nafsu makan anaknya, tidak salahnya untuk mencoba ramuan ini. Daun tin berfungsi untuk menormalkan nafsu makan, karena daun tin ternyata mampu mengendalikan hormon-hormon pencernaan. Manfaat ini dapat dicoba terutama bagi anak-anak yang sedang mengalami susah makan.

Menyembuhkan penyakit sesak nafas

buah tin di indonesia

www.liputan6.com

Khasiat daun tin lainnya adalah dapat digunakan sebagai pengobatan sesak nafas bagi yang menderita penyakit asma yang menahun. Cara pembuatannya juga cukup mudah yaitu dengan cara :

  • Siapkan daun tin secukupnya kemudian,
  • Rebus dengan air hingga mendidih.
  • minum rebusan ini sebanyak 2 kali sehari, hingga asma berangsur-angsur membaik.

Mengobati batu ginjal

manfaat daun tin

stampsy.com

menurut seorang dokter herbalis asal Yogyakarta daun tin memiliki kandungan saponin dan alkaloid. Kedua kandungan ini bermanfaat sebagai diuretik yang bisa mengatasi sebuah masalah ginjal.

Melalui kandungan saponin dan alkaloid, manfaat daun tin dapat menggerus batu ginjal yang telah mengendap di saluran kemih dan ginjal. Batu ginjal yang telah mengeras ini pun akhirnya bisa terbawa saat buang air kecil.

Meningkatkan imunitas tubuhbuah tin enak

Manfaat daun tin yang terakhir adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan multivitamin dan mineral dalam daun tin dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Antioksidan dalam daun tin juga dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat memicu kerusakan sel dalam tubuh.

Maka dari itu, buah dan daun tin merupakan buah yang dapat membantu menjaga kesehatan Anda, termasuk dapat mencegah kanker, mencegah penyakit kardiovaskular, dan meningkatkan sistem imun agar tidak berbagai macam patogen tidak dapat menyerang dan menginfeksi tubuh.

Cara mengkonsumsi buah tin

harga buah tin kering

tutugon.com

Buah tin segar dapat dimakan secara langsung. anda juga dapat mengolahnya menjadi jus atau mencampurkannya dengan buah lain menjadi salad buah. Ketika belum memasuki musimnya, maka akan lebih mudah untuk menemukan buah tin kering. Buah tin segar maupun kering sama-sama memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan.

Selain bagian buahnya, sebenarnya daun dari tanaman ini juga memilki manfaat. Daun dari pohon tin atau ara dipercaya dapat menurunkan gula darah sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh pasien diabetes. Daun pohon ara bisa langsung direbus atau dikeringkan lebih dulu kemudian diseduh menjadi teh.

Itu dia sekilas tentang manfaat buah tin bagi kesehatan. Buah tin dapat anda konsumsi setiap hari dengan cara sesuai selera anda. Sebelum mengonsumsi buah tin, perlu diperhatikan bahwa sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan karena dapat memicu gangguan peencernaan. Buah tin juga dapat menimbulkan alergi bagi sebagian orang.

Jadi Setidaknya itulah manfaat buah tin yang berhasil kami himpun, konsumsilah buah tin secukupnya untuk mendapatkan manfaat buah tin untuk kesehatan. Selamat merasakan manfaatnya!


ievoolme

Berpikir positif, tidak peduli seberapa keras kehidupan ini

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *