Kacang tanah merupakan tanaman kacang-kacangan yang banyak ditanam oleh petani Indonesia. Petani menanam kacang tatkala curah hujan yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Yang berarti cocok menanam kacang tanah tatkala curah hujan yang sedang.

Ketika kacang tanah ditanam di daerah yang bercurah hujan tinggi, bunga kacang tanah akan sulit diserbuki karena udara yang lebih lembab. Selain itu akan menimbulkan penyakit dan jamur yang merupakan kendala bagi tumbuhan kacang tanah. Pertumbuhan kacang tanah juga memerlukan sinar matahari yang cukup.

Kacang tanah dapat tumbuh baik pada ketinggian 50-500 mdpl, namun tanaman ini bisa beradaptasi hingga ketinggian 1500 mdpl. Jenis tanah lempung yang gembur subur dan banyak mengandung unsur hara sangat cocok untuk tanaman kacang tanah.

Selain itu lahan harus memiliki unsur kalium (Ca), Nitrogen (K) dan Pospat (P) yang cukup untuk membantu pertumbuhan kacang. Sementara itu kelembaban udara berkisar antara 65-75% dan pH tanah 6,5-7,0.

Mengenal Sejarah Kacang Tanah

budidaya kacang tanah dipolibag

http://hijauku.net

Kacang tanah memiliki nama latin Arachis hypogaea L yang merupakan salah satu dari golongan jenis tanaman polong-polongan. Polong polongan atau disebut sebagai legume merupakan anggota suku Fabaceae yang banyak dibudidayakan di negara Indonesia.

Kacang tanah merupakan kacang-kacangan yang terpenting kedua setelah kacang kedelai di Indonesia. Keberadan kacang tanah menyebar keseluruh penjuru Indonesia. Sehingga kacang tanah memiliki jelukan nama yang berbeda sesuai asal kota dan budaya.

Tanaman kacang tanah berasal dari Amerika Serikat. Kemudian berkambang dan masuk ke Indonesia kurang lebih pada abad ke 17. Berpusat di Pulau Jawa, Sumatera Utara, Sulawesi, dan sekarang sudah di tanam di berbagai daerah di Indonesia.

Tata Cara Menanam Kacang Tanah Organik

budidaya kacang tanah organik

www.kompasiana.com

Tanaman kacang tanah menyukai tipe tanah yang gembur. Oleh sebab itu media tanam untuk budidaya kacang tanah sebaiknya tanah  dalam kondisi memiliki bahan organik yang tinggi. Selain itu juga diperlukan pupuk organik.

kacang tanah membutuhkan pupuk organik yang mengandung unsur hara makro dan mikro lengkap serta harus mengandung bakteri menguntungkan agar pertumbuhan tanaman maksimal. Untuk meningkatkan produktivitas dari kacang tanah diperlukan perawatan yang tepat dan benar.

Memilih Bibit Kacang Tanah yang Baik

budidaya kacang tanah dilahan gambut

mesinpertanian.id

Benih yang baik akan menentukan hasil produksi dari kacang tanah. Oleh karena itu pemelihan  benih yang baik dan bagus sangat disarankan. Benih yang ditanam petani masih tergolong bibit bermutu rendah sebab benih kacang tanah belum berertifikat di pasaran.

Jadi untuk mendapatkan benih yang baik dan bermutu, setidaknya harus melakukan seleksi benih sejak awal penanaman. Kemudian setelah panen, menyisihkan dan memilih untuk dijadikan benih. Ciri-ciri bibit kacang tanah adalah kurang lebih seperti yang kami sebutkan dibawah ini :

  • Kacang  tanah ketika dibuka terdapat selaput dara
  • Bibit kacang tanah berasal dari jenis kacang yang unggulan
  • Bebas dari segala hama dan penyakit
  • Kulit benih terlihat mengkilat dan tidak keriput juga cacat.
  • Bibit kacang yang unggul adalah bibit yang mana hasil dari satu jenis kacang, artinya tidak tercampur dengan jenis lain.
  • kadar air bibit yang dianjurkan berkisar antara angka 10 – 12 %

Menyiapkan Lahan Penanaman

biaya budidaya kacang tanah

kabartani.com

Sebelum penanaman dimulai, lahan yang akan digunakan harus digemburkan telebih dahulu atau dibajak. Kalaupun lahan tanah dalam keadaan kering belum tersentuh air, kalian harus mengairi terlebih dahulu.

Setelah tanah digemburkan, kemudian siapkan pupuk kandang atau pupuk kompos. Lalu sebarkan dan aduk secara merata. Takaran pemberian kompos untuk meningkatkan hasil kebun yang baik sebaiknya 1 – 2 ton perhektar. Kemudian tanah jangan kalian tanami terlebih dahulu kurang lebih selama 2-5 hari.

Proses pendiaman tanah setelah dicampuri pupuk kompos ini bertujuan untuk proses penggemukan dan penyuburan tanah. Bagi lahan tanah yang biasanya rawan tergenang air hujan, setidaknya lahan harus dibuat bedengan atau dibuat parit-parit untuk drainase.

Perendaman Kacang Tanah Sebelum Penanaman

budidaya kacang tanah yang baik

kumparan.com

Setelah melakukan pemilihan benih dan lahan sudah siap untuk ditanami, selanjutnya melakukan perendaman benih kacang tanah. Rendam benih menggunakan pupuk organik cair GDM kuramg lebih selama 3 – 5 jam, dengan dosis 1 liter GDM dicampur dengan 20 liter air hangat.

Tujuan perendaman ini untuk mencegah benih kacang dari penyakit tular yang dimiliki benih dan selain itu dapat mempercepat proses perkecambahan bibit. Pupuk organik cair GDM mengandung bakteri menguntungkan yang dapat menghasilkan antibiotik. Bertujuan untuk mempercepat perkembangan pathogen pada benih.

Penanaman Bibit Kacang

budidaya kacang tanah ditanah sawah

4.bp.blogspot.com

Setelah bibit dan lahan siap, langkah selanjutnya adalah tahap penanaman bibit. Penanaman bibit kacang dilakukan dengan menggunakan tugal sedalam 3 cm. Setiap lubang ditanam satu benih kemudian ditutup dengan tanah.

Secara umum penanaman kacang tanah menggunakan jarak tanam kurang lebih sekitar 25 x 25 cm atau 20 x 20 cm. Setelah benih ditanam sebaiknya dilakukan penyiraman setiap pagi dan sore, agar bibit kacang bisa segera tumbuh.

Penyulaman Kacang Tanah

jenis lahan budidaya kacang tanah

www.antarafoto.com

Salah satu tata cara menanam kacang tanah yang baik tak lepas dari proses penyulaman. Penyuluman sangat penting dilakukan dengan tujuan agar tanaman kacang tanah tumbuh nampak rapi dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Proses penyulaman dapat kalian lakukan tatkala tanaman menginjak usia 5 sampai 7 hari. Penyulaman dengan cara mengganti kacang tanah yang tidak tumbuh dengan baik dengan mengganti bibit yang baru.

Perawatan Tanaman

jarak tanam budidaya kacang tanah

http://kodimkudus.blogspot.com

Salah satu kunci utama keberhasilan dalam membudidayakan suatu tanaman adalah dari tehnik perawatan. Jika lahan nampak kering dan hujan jarang turun, kalian lakukan penyiraman disetiap pagi dan sore.

Penyiangan rumput dilakukan dua kali. Penyiangan pertama dilakukan pada saat tanaman berumur 21 hari setelah tanam dan penyiangan kedua dilakukan pada umur 40 hari setelah tanam.

Penyiangan kedua ini juga dilakukan sebagai pembumbunan yaitu tanah digemburkan kemudian ditimbun didekat pangkal batang tanaman. Pada saat berbunga sebaiknya tanaman tidak dilakukan penyiangan karena dapat merusak bunga.

Biasanya hanya bunga tanaman yang berumur lebih dari 30 hari yang akan menjadi polong. Setelah terjadi proses penyerbukan, akan tumbuh ginifor atau bahkan muncul buah pada hari ke-3 sampai ke-4. Kemudian ginofor tersebut akan menembus tanah dan berubah menjadi polong kacang.

Pengendalian Hama dan Penyakit pada Tanaman Kacang

budidaya kacang tanah pdf

kodam14hasanuddin-tniad.mil.id

Hama yang biasanya menyerang tanaman kacang tanah antara lain : hama perusak akar (uret), ulat grayak, dan ulat penggulung daun. Pengendalian dilakukan dengan cara pengolahan lahan yang baik, penyiangan secara rutin dan menjaga kebersihan lahan serta area sekitar lahan budidaya. Jika terpaksa gunakan insektisida dengan dosis sesuai yang dianjurkan.

Sedangkan penyakit yang biasanya menyerang tanaman kacang tanah antara lain ; penyakit layu, bercak daun, karat daun dan sklerotium. Pengendalian dilakukan dengan cara pengolahan lahan yang baik, penyiangan rutin, sanitasi lahan dan pergiliran tanaman.

Sedangkan untuk mencegah penularan penyakit, sebaiknya tanaman yang terinfeksi dicabut dan dimusnahkan serta menggunakan varietas yang tahan terhadap serangan penyakit.

Masa Panen

tata cara budidaya kacang tanah

korem072-tniad.mil.id

Umur panen kacang tanah sangat tergantung pada varietas benih yang ditanam. Tanaman kacang tanah dapat dipanen saat umur 3 bulan untuk varietas benih unggul dan mencapai umur 5 bulan untuk varietas benih yang kurang bagus.

Untuk mengetahui kacang tanah sudah siap dipanen atau belum, kalian harus mengetahui ciri-cirinya. Kurang lebih ciri-cirinya seperti yang kami sebutkan dibawah ini :

  • Batang mulai mengeras.
  • Polong berwarna coklat kehitaman.
  • Sebagian besar daun sudah mulai menguning dan berguguran.
  • Bila dipegang polong terasa keras dan berisi penuh.
  • Panen harus dilakukan secara serempak

Itulah panduan praktis cara menanam kacang tanah dengan cara yang sederhana semoga dengan cara ini kalian dapatkan sesuai dengan harapan serta dapat menambah pundi-pundi penghasilan. Semoga bermanfaat.


ievoolme

Berpikir positif, tidak peduli seberapa keras kehidupan ini

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *