Kalian tertarik menanam sayur dengan metode hidroponik ? Apakah kalian ingin mencoba mempraktekkannya ? Nah kali ini kita akan membahas tentang tata cara menanam kangkung hidroponik. Sayuran kangkung terbukti sebagai sayuran hidroponik yang mudah dalam perawatannya dan pasti selalu berhasil.

Kangkung merupakan sayuran yang populer dinegara Indonesia dengan sebab dapat diolah dengan berbagai jenis menu masakan yang lezat. Cara mendapatkannya mudah dan hargapun relatif murah, tak heran kalau sayuran ini banyak diminati para ibu rumah tangga untuk dijadikan sayuran sehari-hari.

Jika kalian tertarik untuk menanam kangkung sendiri, maka itu lebih baik. Pasalnya sayuran ini sangat mudah ditanam. Tak perlu lahan yang luas, Anda dapat memaksimalkan lahan pekarangan rumah menggunakan hidroponik.

Mengapa harus hidroponik? karena, kangkung hidroponik mempunyai kualitas hasil yang cenderung lebih baik dari pada tanaman yang ditanam secara konvensional atau menggunakan media tanah. Hal tersebut karena dipengaruhi dari perlakuan yang diberikan, mulai dari pembibitan, perawatan hingga masa panen.

Berbagai Media yang Dapat digunakan Penanaman Hidroponik

tata cara menanam kangkung hidroponik

www.pertanianku.com

Ada banyak jenis media tanam hidroponik yang bisa dijadikan pilihan sesuai dengan kebutuhan. Keuntungan dari media tanam hidroponik ini salah satunya ialah dapat dipakai lebih dari sekali, sehingga lebih mengirit biaya produksi.

Contoh beberapa bentuk media tanam hidroponik yang biasa dipakai dalam bertanam secara hidroponik adalah rockwool, arang sekam, perlite, kapas, spons atau foam cocopeat dan masih banyak lagi.

Budidaya Hidroponik Menggunakan Media Semisal Ember, Baskom Dll

cara menanam kangkung hidroponik dengan botol bekas

bibitonline.com

Tanaman kankung sering disebut juga swamp cabbage berasal dari Negara India bernilai ekonomis tinggi. Penerapan cara hidroponik memiliki keunggulan sebagai alternatif keterbatasan lahan yang sempit.

Pemanfaatan kankung dominan dikonsumsi sebagai bahan makanan dengan kandungan gizi tinggi yang baik untuk kesehatan. Tahapan budidaya kangkung hidroponik di ember berlangsung relatif cepat 2-3 minggu sudah siap untuk di panen.

Penerapan budidaya kankung dengan sistem hidroponik dapat dilakukan meliputi; persiapan alat dan bahan, pemilihan benih, menyemai benih kangkung, pemberian nutri, perawatan dan yang terakhir tibanya masa panen.

Persiapan Bahan dan Peralatan

cara menanam kangkung air hidroponik

1.bp.blogspot.com

Peralatan hidroponik kangkung yang diperlukan tidak banyak dan tidak akan menguras banyak isi dompet kalian. Beberapa bahan yang akan digunakan juga sebatas benih dan pupuk. Untuk lebih jelasnya, berikut bahan dan alat yang perlu kalian siapkan sebelum memulai budidaya kangkung hidroponik di rumah.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  1.  Benih kangkung bisa kalian dapatkan di toko pertanian dekat rumah.
  2. Pupuk hidroponik.
  3. Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) seperti Atonik yang nanti akan digunakan pada saat merendam benih. Tujuan penggunaan ZPT sudah pasti untuk memberi dukungan terhadap tanaman agar lebih cepat berkecambah dan tumbuh.

Alat-alat yang diperlukan:

  1. Besek plastik yang tampak seperti saringan (ada lubang-lubang kecil di keseluruhan sisi dan permukaan) dengan ukuran cukup besar.
  2. Baskom dengan diameter seperti besek plastik agar nantinya besek tidak mengapung di atas baskom. Atau jika tidak ada, kalian bisa mencari wadah lain yang bersih dengan diameter yang dapat menampung besek tanpa bergeser sedikitpun.

Memilih Benih yang Berkualitas

cara menanam kangkung air hidroponik

www.youtube.com

memiliih benih yang berkualitas sangat berpengaruh terhadap keberhasilan budidaya kangkung hidroponik ini. Pilihlah bibit yang berkualitas dan bibit unggulan agar tanaman yang dihasilkan kelak dapat dipanen secara serempak. Nantinya tidak mudah berbunga serta tidak merambat pula ketika proses penanaman.

Menyemai Bibit Kangkung

cara menanam kangkung hidroponik dengan parolon

1.bp.blogspot.com

Sebetulnya ada dua cara menanam kangkung hidroponik, yakni dengan teknik semai benih atau teknik tanam langsung. Entah itu di dalam baskom, dengan paralon, dengan botol bekas, atau dengan metode bercocok tanam di lahan luas menggunakan bedengan tanah, semuanya bisa dengan teknik tersebut dan hasil yang diperoleh juga tidak berbeda.

Lalu mana yang terbaik? Keduanya baik, namun yang teknik semai benih melewati dua proses. Dalam membudidayakan tanaman kangkung berkonsep hidroponik, kami akan mengajak kalian untuk menggunakan teknik semai.

Sebelum menyemai, kalian harus memberlakukan benih untuk mengetahui mana benih yang layak pakai dan tidak. Bagaimana caranya?

  1. Sediakan wadah seperti baskom dan tuang air bersih.
  2. Tuang benih ke dalam wadah berisi air, biarkan seharian.
  3. Keesokan harinya, kalian akan melihat benih yang mengapung dan tenggelam.
  4. Buang benih kangkung yang mengapung karena tandanya benih tersebut tidak mampu berkecambah dan mengalami pertumbuhan yang lambat.

Setelah mendapatkan benih yang benar-benar layak pakai sekaligus berkualitas, selanjutnya kalian dapat memulai kegiatan semai benih. Berikut panduannya:

  1. Ambil kain dengan ketebalan cukup untuk menahan air.
  2. Bungkus benih yang telah direndam tadi dengan kain.
  3. Siram kain dengan air hangat seperlunya. Tujuannya agar kain sekadar basah agar bisa menjaga kelembabannya untuk mempercepat benih kangkung pecah menjadi kecambah.

Cara Memindahkan Benih Seusai Penyemaian

cara menanam kangkung hidroponik yang baik

lrosalina.files.wordpress.com

Termasuk dalam tata cara menanam hidroponik yang baik adalah Penanaman dilakukan pada sebuah wadah yang dibuat secara khusus.

Sebagai tambahan informasi, tanaman kangkung akan mengalami pertumbuhan secara optimal apabila benih-benih tersebut ditanam dalam jumlah banyak pada satu wadah. Berikut ini adalah cara menanam hidroponik kangkung yang benar:

  1. Pindahkan semua benih yang telah berkecambah ke dalam besek, kalian dapat menggunakan busa filter aquarium sebagai dasar yang melapisi besek, namun jika tidak tersedia, maka tidak perlu diberikan.
  2. Tuangkan campuran larutan nutrisi hidroponik ke dalam baskom hingga mengenai permukaan besek dan benih. Jika memakai busa filter aquarium, maka larutan nutrisi cukup sampai busa tersebut.
  3. Setelah itu, kalian dapat meletakkan benih yang baru dipindah tadi ke area yang terkena sinar matahari.

Pemberian Nutrisi pada Tanaman Hidroponik

cara menanam kangkung hidroponik sederhana

http://hidroponikpedia.com

Nutrisi yang dibutuhkan oleh kangkung juga tidak berbeda dengan nutrisi kebanyakan tanaman. Pemberian nutrisi tatkala kangkung berumur 2 minggu setelah masa tanam.

Untuk memberikan nutrisi kalian dapat menggunakan bahan-bahan organik dari sekitar, atau jika ingin praktis bisa dengan meracik pupuk organik yang dibeli di toko pertanian. Jika kalian memilih menggunakan nutrisi hidroponik dari pupuk AB Mix, maka berikut cara membuat campurannnya :

  • Ambil 1 liter air, lalu tambahkan 5 ml nutrisi A dan 5 ml nutrisi B. Begitu takarannya.
  • Aduk-aduk hingga pupuk tercampur rata dan masukkan larutan nutrisi ke dalam baskom dengan ketinggian mencapai permukaan batas bawah besek.
  • Usahakan agar tidak membiarkan benih terendam karena akan busuk nantinya

Perawatan Tanaman Kangkung

cara menanam kangkung media hidroponik

kabartani.com

Tahap perawatan ini sangat mudah. Kalian hanya cukup memperhatikan kebutuhan nutrisi kangkung dan jangan sampai membiarkan air nutrisi dibawah kangkung sampai kering.  Untuk pemberian nutrisi takarannya ditingkatkan 1 kali lipat dari awal pemberian.

Masa Panen

cara mudah menanam kangkung hidroponik

www.google.com

Tanaman kangkung sudah bisa dipanen saat kangkung memasuki usia 4 – 6 minggu atau kurang lebih 1 bulan setelah masa tanam. Panenlah kangkung hidroponik Anda saat daun-daun kangkung masih hijau segar dan belum terlihat tua atau bahkan berbunga.

Bagi kalian yang sudah memanen kangkung hidroponik namun belum bisa segera menjualnya atau mengolahnya, maka kami mempunyai tips untuk menyimpan sayuran itu. Dengan cara pindahkan kangkung tersebut ke dalam baskom berisi air biasa. Tidak perlu menambahkan nutrisi AB Mix hidroponik.

Cara memanen kangkung hidroponik ini ada dua macam, yaitu dengan mencabut langsung sampai akarnya ikut (mati) atau dengan memotong 2/3 bagian batang atas agar dapat tumbuh kembali. Tanaman kangkung yang tidak segera dipanen akan menimbulkan rasa pahit getir pada batang dan daunnya.

Bagi kalian yang bingung dengan uraian penjelasan diatas. kalian dapat menonton tutorial vidio menanam kangkung dengan metode hidroponik dibawah ini.

Cukup demikian langkah-langkah yang harus dilakukan dalam bercocok tanam tanaman kangkung menggunakan hidroponik. Semoga ulasan terkait cara budi daya kangkung hidroponik mudah dan sederhana ini bermanfaat untuk kalian yang baru memulainya.


ievoolme

Berpikir positif, tidak peduli seberapa keras kehidupan ini

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *