Hallo sobat semua  pada kesempatan kali ini saya akan berbagi inspirasi sedikit untuk kalian semua yaitu tentang Pengertian desain logo dan macamnya yang bisa di gunakan untuk inspirasi kalian dalam membuat desain logo.

Seperti yang kita ketahui membuat desain logo yang kreatif tidaklah mudah, banyak orang di luar sana membuat desain logo tanpa tau Pengertian, maksud dan tujuan dari logo yang mereka buat. Nah untuk membuat desain logo yang sempurna kita membutuhkan kerja keras dan selalu up to date dengan trend terbaru sekarang-sekarang ini.

Saya sarankan juga anda untuk memesan kepada jasa design logo untuk lebih mempermudah anda dalam ‘memperkenalkan brand anda kepada masyarakat luas.

Pengertian Logo adalah lambang atau simbol khusus yang mewakili suatu perusahaan atau organisasi. Sebuah logo bisa berupa nama, lambang atau elemen grafis lain yang ditampilkan secara visual. Sebuah logo diciptakan sebagai identitas agar unik dan mudah dibedakan dengan perusahaan kompetitor/pesaing.

Logo bisa diibaratkan dengan wajah. Setiap orang bisa dengan mudah dikenali antara satu dengan yang lain hanya dengan melihat wajah. Begitu juga halnya dengan logo. Logo merupakan sebuah visi penyampaian citra positif melalui sebuah tampilan sederhana dalam bentuk simbol.

Fungsi-fungsi Logo Penggunaan logo pada setiap perusahaan bukan tidak memiliki tujuan dan fungsi, melainkan terdapat maksud tersendiri dari penggunaannya. Penggunaan logo sering diartikan sebagai simbol yang mewakili perusahaan.

  • Menurut David E. Carter (seperti dikutip Al, 1982), tujuan dari logo yaitu:
  • Sebagai ciri khas dan identitas agar mudah dikenal oleh publik.
  • Sebagai penunjuk karakter perusahaan di mata publik.
  • Menginformasikan jenis usaha untuk membangun image.
  • Merefleksikan semangat dan cita-cita perusahaan.
  • Menumbuhkan kebanggaan di antara anggota perusahaan.

Melihat tujuan dari logo tersebut tentu logo dapat digunakan untuk menggantikan seluruh dari yang ingin dikenalkan penggunanya ke masyarakat melalui logo tersebut. Selain memiliki tujuan logo juga memiliki beberapa fungsi yang menurut John Murphy dan Michael Rowe (1998) fungsi-fungsi dari logo yaitu:

  • Fungsi identifikasi: khalayak dapat mengidentifikasi perusahaan tersebut bergerak di bidang apa dan barang serta jasa apa yang dihasilkan.
  • Fungsi pembeda: logo dapat membeda perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain, produk yang satu dengan produk yang lainnya.
  • Fungsi komunikasi: logo berperan sebagai pemberi informasi (jika berupa rambu-rambu), dan dapat juga menjadi pemberi tahu keaslian sebuah produk.
  • Merupakan aset yang berharga. Jika produk tersebut lebih dikenal di negaranegara lain maka suatu perusahaan atau merk akan dihargai dengan cara waralaba.
  • Mempunyai kekuatan hukum. Logo yang telah diregistrasi dapat dijadikan jaminan kualitas produk yang dilindungi Undang-Undang.

Berdasarkan fungsi-fungsi tersebut pada dasarnya logo yang baik adalah benar-benar menjadi ciri khas bagi penggunanya, menjadi tanda pengenal, dan berbeda dengan logo lainnya.

Logo haruslah unik dan mudah diingat. Selain itu, logo juga harus divisualisasikan seimbang dan enak dipandang, serta relefan sehingga mampu memberikan penjelasan mengenai apa yang ditawarkan perusahaan pemilik logo. Di bawah ini sudah kami siapkan beberpa jenis macam logo yang wajib kalian tahu :

Wordmark logo adalah logo yang berbentuk teks dan dirancang menggunakan seluruh nama perusahaan serta nama tersebut membentuk suatu symbol dari perusahaan. Pada jenis ini logo sama sekali tidak mengambil simbol atau gambar tertentu.

Logo dirancang dengan cara membuat model tulisan yang unik, atau membentuk simbol tersembuyi dari bentukan nama perusahaan. Seperti logo pada perusahaan Fedex (huruf e dan x membentuk arah panah). Kelebihan jenis logo ini adalah pada bentuknya yang ringkas dan fleksibel karena jenis logo seperti ini mampu berdiri sendiri. Contoh Logo Word mark adalah: Coca Cola,Microsoft, Google, Fedex, dll.

Lettermark (Logo Monogram)

Jenis ini digunakan oleh beberapa merek atau perusahaan seperti IBM, CNN, HP, HBO dan lainnya. Jika kamu perhatikan, jenis logo ini merepresentasikan kepanjangan dari nama brand terkait. Dengan kata lain jenis ini bisa dianggap sebagai logo dengan inisial nama merek.

Dengan hanya menggunakan dua sampai tiga atau empat lettermark atau huruf, maka masyarakat dapat mudah mengingat logo dan merek tersebut.

Inti dari penggunaan logo ini adalah kesederhanaan. Misalnya saja nama organisasi bernama National Aeronautics and Space Administration. Nama tersebut sulit untuk diingat oleh sebagian orang, karenanya dibuatlah logo NASA sebagai inisial.

Mengingat fokus dari jenis logo ini adalah inisial, maka kamu harus memperhatikan aspek font. Pastikan font sesuai dengan tema perusahaan dan juga mudah dibaca ketika dicetak untuk kartu nama.

Pictorial Mark Logo merupakan logo yang dibuat dengan menggunakan simbol atau gambar yang unik dan tentunya berkaitan dengan identitas perusahaan. Dalam logo jenis ini, adakalanya ditambahkan juga nama perusahaan sebagai elemen pendukungnya.

Pada dasarnya Abstract Mark Logo memiliki sedikit prinsip yang sama dengan Pictorial Mark Logo. Kedua jenis logo ini sama-sama menggunakan gambar sebagai elemen utamanya. Namun pada Abstract Mark Logo, logo biasanya menggunakan bentuk-bentuk atau simbol-simbol yang abstrak dalam menyampaikan filosofi perusahaan

Letter Form Logo merupakan logo yang dibuat dengan menggunakan satu atau dua huruf inisial perusahaan yang sudah dibentuk sedemikian rupa sebagai elemen utama dan ditambahkan gambar/bentuk lain sebagai elemen pendukungnya. Dalam logo jenis ini bisa juga disisipkan nama perusahaan sebagai penguat.

Logo jenis ini banyak ditemukan pada logo klub-klub sepakbola juga perusahaan otomotif. Pada dasarnya Emblem Logo menggunakan Shield sebagai dasar logonya. Logo ini kurang aplikatif untuk digunakan di berbagai media, namun secara tampilan logo ini memiliki detail yang lebih menarik dan terlihat eksklusif.

Sesuai dengan sebutannya, logo jenis ini menggunakan maskot sebagai elemen utamanya. Meskipun sedikit susah jika diaplikasikan ke beberapa media, tapi justru logo jenis ini lebih banyak disukai orang-orang karena keunikannya. Dengan kemampuannya untuk menyita perhatian yang lebih baik daripada jenis logo lain, biasanya perusahaan yang menggunakan logo jenis ini akan lebih mudah dikenali.

Logo jenis ini biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang menggunakan website/aplikasi sebagai jasanya. Web 2.0 Logo merupakan logo yang dibuat dengan efek emboss sehingga terdapat efek timbul/3d dan kesan futuristik.

Kategori: Pendidikan

ievoolme

Berpikir positif, tidak peduli seberapa keras kehidupan ini

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *