Pada kesempatan kali ini kami akan kembali melanjutkan pembahasan yang masih bersangkutan dengan tema sebelumnya. Sebelumnya kita telah usai membahas bagaimana macam tanaman hias bunga dan jenis tanaman hias lainnya. Pada artikel kali ini kami akan membahas macam tanaman air yang bisa dijadikan rekomendasi hiasan rumah anda dan tentunya untuk hiasan aquarium.

Devini dan Ciri-ciri Tanaman Air

Tanaman air atau disebut juga dengan hidrofit merupakan tumbuhan yang telah menyesuaikan diri untuk hidup pada lingkungan perairan, baik tumbuhnya tersebut terendam sebagian atau seluruh bagian terendam. Tumbuhan air hidupnya sangat bergantung pada air.

Sebenarnya, tanaman air dibedakan menjadi 3 kategori berdasarkan lingkungan tumbuhnya yakni tanaman tepian, tanaman mengapung/mengambang dan tanaman dalam air. Masing-masing kategori mempunyai karakteristik daun dan bunga yang khas. Beragam varietas tanaman air mulai dikenal dan digemari masyarakat di awal tahun 90-an dan memiliki perkembangan yang cukup pesat dari tahun ke tahun.

Tanaman Air Tepian

tanaman air tepian

http://halamanrumahku.blogspot.com

Tanaman air tepian merupakan jenis atau varietas tanaman air yang memiliki habitat atau lingkungan tumbuh ditepian cekungan air. Beberapa contoh tanaman tepian air yakni :

  • Brojo Lintang
  • Choenoplectus lacustris
  • Darmera pellata

Tanaman Air Mengapung

tanaman air hias

http://www.alamikan.com

Tanaman mengapung termasuk jenis tanaman air yang tumbuh mengapung atau mengambang di permukaan air dengan akar terbenam didalamnya. Tanaman mengapung ini dapat tumbuh dengan baik di permukaan air yang tenang maupun bergerak. Tanaman jenis ini mempunyai siklus pertumbuhan yang tergolong cepat sehingga dapat menutupi permukaan air dalam waktu yang relatif singkat. Beberapa contoh jenis tanaman air mengapung yang mudah dikembangbiakkandan banyak kita jumpai yakni:

  • Eceng gondok
  • Tanaman lotus
  • Selada air
  • Tanaman Papyrus / Cyperus papyrus
  • Tanaman Cyperus / Cyperus alternifolius
  • Typha / Typha angustifollia
  • Bunga Melati air / Echinodorus palaefolius
  • Thalia geniculata
  • Pontederia
  • Sagitaria
  • Water poppy
  • Ilalang air

Tanaman Dalam Air

tanaman air aquescap

bibitonline.com

Tanaman dalam air adalah jenis tanaman yang keseluruhan habitat hidupnya berada dalam air. Tanaman jenis ini banyak dimanfaatkan untuk mereka yang memiliki hobi mengembangkan dan menghias akuarium air tawar atau aquascape.

Aquascape adalah seni mengatur tanaman air dan batu, batu karang, koral, atau kayu apung, secara alami dan indah di dalam akuarium sehingga memberikan efek seperti berkebun di bawah air. Beberapa contoh jenis tanaman dalam air yang lazim di Indonesia yakni :

  • Hygrophila polysperma
  • Bacopa sp
  • Rotala machandra
  • Ludwigia sp
  • Cryptocorine
  • Anubias
  • Wallisneria spiralis
  • Ganggang air

Selanjutnya, sebelum kita masuk pada daftar nama tanaman yang hidup di air, maka kenali terlebih dahulu ciri-ciri tanaman yang hidup di air. Apa saja ciri-cirinya simak terus ulasan dibawah ini :

  • Tipisnya kutikula. Terutama cuticles yang mencegah proses kehilangan air, sehingga mayoritas dari hydrophytes tidak harus untuk cuticles.
  • Seringkali terbukanya stomata karena air yang berlimpah dan karena tanaman tidak perlu terlebih dahulu untuk menyimpannya. Hal ini menunjukkan bahwa penjaga sel stomata tidaklah aktif.
  • Akar yang kecil, air dapat tersebar langsung menuju daun.
  • Berkembangnya jumlah dari stomata.
  • Akar khusus yang dapat mengambil oksigen di dalam.
  • Akar yang ringan, tidak perlu untuk mendukung tanaman.
  • Ratanya daun di permukaan tanaman yang digunakan untuk pengapungan.
  • Udara sacs yang berguna untuk pengapungan.
  • Struktur yang kurang kaku, mereka didukung oleh tekanan air.

Macam Jenis Tanaman Air

tanaman air tawar

www.hipwee.com

Mendekor rumah, menghiasi aquarium atau kolam merupakan kegiatan menyenangkan yang selalu bisa membuat hati makin riang. Kita bisa menuangkan ide kreatif sehingga bisa tampak lebih indah. Mendekor rumah tak selalu repot dilakukan karena dengan cara sederhana pun kita bisa memperindah rumah.

Salah satu cara mendekorasi rumah dan aquarium yang simpel namun memberi dampak besar adalah dengan memberikan aneka tanaman hias. Rumah bisa tampak lebih indah dan juga lebih cantik. Ada banyak sekali jenis tanaman hias yang tak hanya sekadar cantik dari segi fisik namun juga memiliki manfaat bagi pemeliharanya. Bersama kami,  kita intip apa saja tanaman hias yang kini banyak dicari.

Eceng Gondok (Eichhornia crassipes)

tanaman air mancur

www.greeners.co

Tentu semua orang tahu dengan jenis tanaman hias air yang satu ini. Eceng gondok cukup populer di Indonesia, karena memiliki tampilan bunga yang cantik dan menarik. eceng gondok adalah jenis tumbuhan yang hidup dengan cara mengapung di air.

Eceng gondok memiliki bunga berwarna ungu muda, tersusun malai dan mekar hanya satu hari saja. Tanaman ini cocok sebagai alternatif penghias halaman rumah sekaligus polutan alami bagi kolam ikan kesayangan anda.

Manfaat luar biasa dari eceng gondok adalah kemampuannya untuk menyerap dan membersihkan logam berat yang menjadi polutan dalam air seperti halnya zat ;

  • Nikel (Ni) 1,15 mg/g
  • Kadmium (Cd) 1,35 mg/g
  • Merkuri (Hg) 1,76 mg/g

Tak hanya itu eceng gondok juga berguna sebagai bahan pembuatan furnitur dan kerajinan tangan, diubah menjadi energi biogas, dapat digunakan sebagai pakan ikan dan unggas dan dapat digunakan sebagai pupuk organik.

Tanaman Air Hias Tulip

tanaman air adalah

manado.tribunnews.com

Tanaman tulip merupakan nama genus untuk 100 spesies tumbuhan berbunga yang termasuk ke dalam keluarga Liliaceae.

Berbeda dengan tanaman sebelumnya, tulip dapat anda pelihara dengan mudah dengan cara masukkan ke dalam sebuah gelas atau pot kaca berisikan air. Ketersediaan air yang cukup akan membuat tulip tumbuh dengan baik. Tanaman cantik ini sangat menawan untuk menghiasi ruang tamu rumah anda.

Tanaman Pisang Air

tanaman air apung

satujam.com

Tanaman hias ini diberi nama pisang air lantaran tekstur batangnya yang menyerupai pohon pisang. Hanya saja, daun pisang air ini menyerupai tanaman talas dengan ukuran yang lebih besar.

Tanaman pisang air dapat tumbuh hingga ketinggian 4 meter dengan tekstur daun bergelombang. Daun pisang air berbentuk oval dan mampu tumbuh hingga mencapai lebar 1 meter.

Pisang air atau dengan sebutan nama latin typhonodorum lindyeyanum cocok untuk menghiasi kolam ikanmu yang berukuran besar dan juga dapat mencegah air kolam menjadi terlalu panas saat siang hari.

Tanaman Air Hias Tifa

tanaman hias tifa

bibitbunga.com

Tifa atau lembang adalah sejenis tanaman berupa rumput besar yang biasanya terdapat di rawa-rawa terutama dekat pantai. Tumbuhan ini tegak, kekar, dan memiliki tinggi 1-5,3 m, dengan batang yang membulat. Memiliki daun yang berbentuk seperti garis dan meruncing 8-22 cm x 6-16 mm.

Tanaman ini memiliki manfaat yang cukup banyak, di antaranya adalah tangki-tangkinya bisa dibuat anyaman, sementara daunnya untuk membuat tikar dan topi. Tangkai dan daunnya dulu sering dibuat menjadi kipas tradisional di Aceh. Tifa juga tak jarang ditanam pada kolam-kolam sebagai tanaman hias

Tanaman Air Hias Apu-apu

tanaman air apa aja

alamendah.org

Tanaman ini hidup mengapung di permukaan air dengan daunnya berwarna hijau tersusun secara melingkar dan bertumpuk-tumpuk. Permukaan daun ditumbuhi bulu-bulu halus yang memberi tekstur seperti beludru.

Akar serabutnya berwarna putih, dapat menggantung sampai 30 sentimeter di bawah permukaan air. Tanaman ini sama sekali tak butuh perawatan, cukup diletakkan di permukaan air, maka tanaman ini akan memproduksi anakan dan dapat hidup dengan mudah.

Tanaman Seledri Air

tanaman air berbunga

komunita.id

Tanaman air selanjutnya adalah bentuk daunnya oval dengan tepian bergerigi, mirip dengan daun seledri. Panjang daunnya 2-5 sentimeter, menebarkan aroma mirip aroma wortel. Warna yang mendominasi dari daunnya adalah hijau muda dengan sentuhan merah jambu dan putih.

Tanaman Cat Tail ( Ekor Kucing )

aneka tanaman air

flowerian.com

Tanaman hidrofit yang satu ini termasuk tanaman dengan bentuk rumput dan dari keluarga Typhaceae. Bunga betina pada tanaman ini memiliki bentuk silindris yang berwarna coklat, yaitu yang menyebabkan membuat tanaman ini mirip layaknya ekor kucing, sedangkan bunga jantannya mempunyai kesamaan bentuk, namun dengan ukuran yang lebih kecil yang tumbuhnya di atas bunga betina.

Tanaman Melati Air

tanaman air melati

www.faunadanflora.com

Tanaman melati air mempunyai bunga yang berwarna putih yang tumbuh berbaris pada tangkainya yang panjang dan dalam jumlah beberapa kuncup. Bunga melati biasanya muncul di pagi hari secara bergantian.

Tanaman Air Kala Lili

tanaman air di pot

bibitbunga.com

Tanaman air yang mampu membuat kolam ikan menjadi lebih bersih, tapi juga memperindah kolam yaitu kala lili. Pasalnya tanaman air kala lili ini berupa bunga yang layak disandingkan dengan bunga-bunga di daratan. Kala lili atau zantedeschia aethiopica merupakan tanaman berwarna putih bersih dan bentuknya menyerupai mulut trompet.

Tanaman air ini juga punya aroma lembut sehingga waktu kamu bersantai di pinggir kolam akan menjadi lebih menyenangkan.

Tanaman Air Azolla

tanaman air di botol

malangvoice.com

tanaman air azolla merupakan salah satu tanaman air yang muncul dipermukaan air yang biasanya terdapat pada kolam ikan lele atau kolam ikan lainnya. Daun dari tanaman azolla sangat unik sebab dengan bentuk yang kecil serta bentuk yang unik.

Tanaman Papyrus Payung (Cyperus alternifolus)

tanaman air di aquarium

http://kurniawandwiyuliansyah.blogspot.com

Tanaman papyrus payung ini tumbuh berkelompok dan berkembang biak relatif cepat. Papyrus mempunyai batang berbentuk segitiga dan dapat tumbuh sampai ketinggian 1 meter atau bahkan lebih. Bentuk tanaman ini menyerupai payung dengan bunga yang muncul pada tiap ujung batangnya.

Tanaman Air Cape Pond

tanaman air didalam rumah

www.kaskus.co.id

Cape pond merupakan tanaman yang berasal dari Afrika Selatan dan biasanya digunakan di dalam air dan akuarium. Cape pond merupakan tanaman yang unik dengan nama latin Aponogeton distachyos dan memiliki bunga yang bisa dimakan juga sering digunakan dalam hidangan khas Afrika Selatan.

Tanaman Star Grass (Dichromena colorata)

tanaman hias hidup di air

atapcinta.blogspot.com

Sekilas penampilannya seperti rumput biasa. Dengan daun dan batang bunganya sempit dan memanjang. Bunganya berbentuk unik dengan warna putih kecoklatan, sementara kelopak bunganya panjang berwarna putih dengan ujung berwarna hijau menjadikan cirikhas dari tanman air ini. Penampilan keseluruhan bunga dan kelopaknya berbentuk seperti bintang yang dapat memberi cahaya tambahan pada kolam atau taman air

Dari 10 lebih tanaman yang hidup di air di atas, manakah yang sering anda jumpai? Atau bahkan baru mendengarnya? Ternyata banyak sekali jenis tanaman yang hidup di air. Selain bermanfaat sebagai hiasan, ternyata banyak pula tanaman air yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan.

Semoga informasi mengenai tanaman yang hidup di air beserta ciri-cirinya sebagaimana telah kami paparkan di atas. Untuk segala saran dan masukannya silakan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa pada artikel-artikel selanjutnya! Jangan lewatkan juga rekomendasi tanaman hias lainnya yang cocok untuk dijadikan sebagai penghias rumah anda.


ievoolme

Berpikir positif, tidak peduli seberapa keras kehidupan ini

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *