Pada kesempatan kali ini kami akan kembali melanjutkan pembahasan yang masih bersangkutan dengan tema sebelumnya. Sebelumnya kita telah usai membahas bagaimana macam tanaman hias bunga dan jenis tanaman hias lainnya. Pada artikel kali ini kami akan membahas macam tanaman air yang bisa dijadikan rekomendasi hiasan rumah anda dan tentunya untuk hiasan aquarium.

Diantara beberapa jenis tanaman air memiliki habitat tumbuh secara liar di air tawar seperti kolam, sungai maupun danau. Kini seiring perkembangan yang signifikan pada bidang pertanian, peternakan dan perikanan.

Banyak tanaman hidrofit yang dijadikan alternatif tanaman hias untuk kolam ikan. Selain menambah kesan alami dan mempercantik kolam, ternyata ada beberapa jenis tumbuhan air yang sangat bermanfaat sebagai pembersih kolam alami.

Devini dan Ciri-ciri Tanaman Air

Tanaman air atau disebut juga dengan hidrofit merupakan tumbuhan yang telah menyesuaikan diri untuk hidup pada lingkungan perairan, baik tumbuhnya tersebut terendam sebagian atau seluruh bagian terendam. Tumbuhan air hidupnya sangat bergantung pada air.

Beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang karakteristik dan sifat tumbuh yang dimiliki oleh tanaman air, yaitu seperti dibawah ini

Karakteristik Tanaman Air
tanaman air

  1. Memiliki kutikula/lapisan pelindung yang tipis. Kutikula ini umumnya berfungsi untuk mencegah tanaman dari penguapan berlebih. Sebagian besar tanaman hidrofit tidak membutuhkan lapisan kutikula ini.
  2. Stomata terbuka lebih sering/dalam durasi lama karena melimpahnya air sehingga tidak perlu disimpan dalam tanaman. Itu mengindikasikan bahwa sel penjaga stomata pada tanaman hidrofit umumnya tidak aktif.
  3. Pada salah satu sisi daun terjadi peningkatan jumlah stomata.
  4. Struktur tanaman kurang kuat/kaku karena selalu didukung oleh tekanan air yang besar.
  5. Biasanya daun berbentuk flat/datar serta lebar di permukaan tanaman yang berfungsi sebagai alat apung di air.
  6. Beberapa tanaman memiliki batang berongga untuk membantu agar tanaman tetap dapat mengapung di air.
  7. Akar cenderung kecil dan pendek yang tumbuh tersebar di daun. Itu karena tanaman tidak kesulitan mendapatkan air. Akar pada tumbuhan air juga tidak difungsikan untuk mendukung keseluruhan bagian tubuhnya.
  8. Akar pada tanaman hidrofit juga berfungsi mengambil okisgen dalam jumlah yang cukup banyak.

Sebenarnya, tanaman air dibedakan menjadi 3 kategori berdasarkan lingkungan tumbuhnya yakni tanaman tepian, tanaman mengapung/mengambang dan tanaman dalam air.

Masing-masing kategori mempunyai karakteristik daun dan bunga yang khas. Beragam varietas tanaman air mulai dikenal dan digemari masyarakat di awal tahun 90-an dan memiliki perkembangan yang cukup pesat dari tahun ke tahun.

Tanaman Air Tepian

Tanaman air tepian merupakan jenis atau varietas tanaman air yang memiliki habitat atau lingkungan tumbuh ditepian cekungan air. Beberapa contoh tanaman tepian air yakni :

  • Brojo Lintang
  • Choenoplectus lacustris
  • Darmera pellata

Tanaman Air Mengapung

Tanaman mengapung termasuk jenis tanaman air yang tumbuh mengapung atau mengambang di permukaan air dengan akar terbenam didalamnya. Tanaman mengapung ini dapat tumbuh dengan baik di permukaan air yang tenang maupun bergerak.

Tanaman jenis ini mempunyai siklus pertumbuhan yang tergolong cepat sehingga dapat menutupi permukaan air dalam waktu yang relatif singkat. Beberapa contoh jenis tanaman air mengapung yang mudah dikembangbiakkandan banyak kita jumpai yakni:

  • Eceng gondok
  • Tanaman lotus
  • Selada air
  • Tanaman Papyrus / Cyperus papyrus
  • Tanaman Cyperus / Cyperus alternifolius
  • Typha / Typha angustifollia
  • Bunga Melati air / Echinodorus palaefolius
  • Thalia geniculata
  • Pontederia
  • Sagitaria
  • Water poppy
  • Ilalang air

Tanaman Dalam Air

Tanaman dalam air adalah jenis tanaman yang keseluruhan habitat hidupnya berada dalam air. Tanaman jenis ini banyak dimanfaatkan untuk mereka yang memiliki hobi mengembangkan dan menghias akuarium air tawar atau aquascape.

Aquascape adalah seni mengatur tanaman air dan batu, batu karang, koral, atau kayu apung, secara alami dan indah di dalam akuarium sehingga memberikan efek seperti berkebun di bawah air. Beberapa contoh jenis tanaman dalam air yang lazim di Indonesia yakni :

  • Hygrophila polysperma
  • Bacopa sp
  • Rotala machandra
  • Ludwigia sp
  • Cryptocorine
  • Anubias
  • Wallisneria spiralis
  • Ganggang air

Selanjutnya, sebelum kita masuk pada daftar nama tanaman yang hidup di air, maka kenali terlebih dahulu ciri-ciri tanaman yang hidup di air. Apa saja ciri-cirinya simak terus ulasan dibawah ini :

  • Tipisnya kutikula. Terutama cuticles yang mencegah proses kehilangan air, sehingga mayoritas dari hydrophytes tidak harus untuk cuticles.
  • Seringkali terbukanya stomata karena air yang berlimpah dan karena tanaman tidak perlu terlebih dahulu untuk menyimpannya. Hal ini menunjukkan bahwa penjaga sel stomata tidaklah aktif.
  • Akar yang kecil, air dapat tersebar langsung menuju daun.
  • Berkembangnya jumlah dari stomata.
  • Akar khusus yang dapat mengambil oksigen di dalam.
  • Akar yang ringan, tidak perlu untuk mendukung tanaman.
  • Ratanya daun di permukaan tanaman yang digunakan untuk pengapungan.
  • Udara sacs yang berguna untuk pengapungan.
  • Struktur yang kurang kaku, mereka didukung oleh tekanan air.

Macam Jenis Tanaman Air

tanaman air tawar

www.hipwee.com

Mendekor rumah, menghiasi aquarium atau kolam merupakan kegiatan menyenangkan yang selalu bisa membuat hati makin riang. Kita bisa menuangkan ide kreatif sehingga bisa tampak lebih indah. Mendekor rumah tak selalu repot dilakukan karena dengan cara sederhana pun kita bisa memperindah rumah.

Salah satu cara mendekorasi rumah dan aquarium yang simpel namun memberi dampak besar adalah dengan memberikan aneka tanaman hias. Rumah bisa tampak lebih indah dan juga lebih cantik.

Ada banyak sekali jenis tanaman hias yang tak hanya sekadar cantik dari segi fisik namun juga memiliki manfaat bagi pemeliharanya. Bersama kami,  kita intip apa saja tanaman hias yang kini banyak dicari.

Eceng Gondok (Eichhornia crassipes)

Tentu semua orang tahu dengan jenis tanaman hias air yang satu ini. Eceng gondok cukup populer di Indonesia, karena memiliki tampilan bunga yang cantik dan menarik. eceng gondok adalah jenis tumbuhan yang hidup dengan cara mengapung di air.

Eceng gondok memiliki bunga berwarna ungu muda, tersusun malai dan mekar hanya satu hari saja. Tanaman ini cocok sebagai alternatif penghias halaman rumah sekaligus polutan alami bagi kolam ikan kesayangan anda.

Manfaat luar biasa dari eceng gondok adalah kemampuannya untuk menyerap dan membersihkan logam berat yang menjadi polutan dalam air seperti halnya zat ;

  • Nikel (Ni) 1,15 mg/g
  • Kadmium (Cd) 1,35 mg/g
  • Merkuri (Hg) 1,76 mg/g

Tak hanya itu eceng gondok juga berguna sebagai bahan pembuatan furnitur dan kerajinan tangan, diubah menjadi energi biogas, dapat digunakan sebagai pakan ikan dan unggas dan dapat digunakan sebagai pupuk organik.

Tanaman Air Hias Tulip

Tanaman tulip merupakan nama genus untuk 100 spesies tumbuhan berbunga yang termasuk ke dalam keluarga Liliaceae.

Berbeda dengan tanaman sebelumnya, tulip dapat anda pelihara dengan mudah dengan cara masukkan ke dalam sebuah gelas atau pot kaca berisikan air. Ketersediaan air yang cukup akan membuat tulip tumbuh dengan baik. Tanaman cantik ini sangat menawan untuk menghiasi ruang tamu rumah anda.

Tanaman Pisang Air

Tanaman hias ini diberi nama pisang air lantaran tekstur batangnya yang menyerupai pohon pisang. Hanya saja, daun pisang air ini menyerupai tanaman talas dengan ukuran yang lebih besar.

Tanaman pisang air dapat tumbuh hingga ketinggian 4 meter dengan tekstur daun bergelombang. Daun pisang air berbentuk oval dan mampu tumbuh hingga mencapai lebar 1 meter.

Pisang air atau dengan sebutan nama latin typhonodorum lindyeyanum cocok untuk menghiasi kolam ikanmu yang berukuran besar dan juga dapat mencegah air kolam menjadi terlalu panas saat siang hari.

Tanaman Air Hias Tifa

Tifa atau lembang adalah sejenis tanaman berupa rumput besar yang biasanya terdapat di rawa-rawa terutama dekat pantai. Tumbuhan ini tegak, kekar, dan memiliki tinggi 1-5,3 m, dengan batang yang membulat. Memiliki daun yang berbentuk seperti garis dan meruncing 8-22 cm x 6-16 mm.

Tanaman ini memiliki manfaat yang cukup banyak, di antaranya adalah tangki-tangkinya bisa dibuat anyaman, sementara daunnya untuk membuat tikar dan topi. Tangkai dan daunnya dulu sering dibuat menjadi kipas tradisional di Aceh. Tifa juga tak jarang ditanam pada kolam-kolam sebagai tanaman hias

Tanaman Air Hias Apu-apu

Tanaman ini hidup mengapung di permukaan air dengan daunnya berwarna hijau tersusun secara melingkar dan bertumpuk-tumpuk. Permukaan daun ditumbuhi bulu-bulu halus yang memberi tekstur seperti beludru.

Akar serabutnya berwarna putih, dapat menggantung sampai 30 sentimeter di bawah permukaan air. Tanaman ini sama sekali tak butuh perawatan, cukup diletakkan di permukaan air, maka tanaman ini akan memproduksi anakan dan dapat hidup dengan mudah.

Tanaman Seledri Air

Tanaman air selanjutnya adalah bentuk daunnya oval dengan tepian bergerigi, mirip dengan daun seledri. Panjang daunnya 2-5 sentimeter, menebarkan aroma mirip aroma wortel. Warna yang mendominasi dari daunnya adalah hijau muda dengan sentuhan merah jambu dan putih.

Tanaman Cat Tail ( Ekor Kucing )

Tanaman hidrofit yang satu ini termasuk tanaman dengan bentuk rumput dan dari keluarga Typhaceae. Bunga betina pada tanaman ini memiliki bentuk silindris yang berwarna coklat.

Berguna untuk membuat tanaman ini mirip layaknya ekor kucing, sedangkan bunga jantannya mempunyai kesamaan bentuk, namun dengan ukuran yang lebih kecil yang tumbuhnya di atas bunga betina.

Tanaman Melati Air

Tanaman melati air mempunyai bunga yang berwarna putih yang tumbuh berbaris pada tangkainya yang panjang dan dalam jumlah beberapa kuncup. Bunga melati biasanya muncul di pagi hari secara bergantian.

Tanaman Air Kala Lili

Tanaman air yang mampu membuat kolam ikan menjadi lebih bersih, tapi juga memperindah kolam yaitu kala lili. Pasalnya tanaman air kala lili ini berupa bunga yang layak disandingkan dengan bunga-bunga di daratan. Kala lili atau zantedeschia aethiopica merupakan tanaman berwarna putih bersih dan bentuknya menyerupai mulut trompet.

Tanaman air ini juga punya aroma lembut sehingga waktu kamu bersantai di pinggir kolam akan menjadi lebih menyenangkan.

Tanaman Air Azolla

tanaman air azolla merupakan salah satu tanaman air yang muncul dipermukaan air yang biasanya terdapat pada kolam ikan lele atau kolam ikan lainnya. Daun dari tanaman azolla sangat unik sebab dengan bentuk yang kecil serta bentuk yang unik.

Tanaman Papyrus Payung (Cyperus alternifolus)

tanaman air di aquarium

http://kurniawandwiyuliansyah.blogspot.com

Tanaman papyrus payung ini tumbuh berkelompok dan berkembang biak relatif cepat. Papyrus mempunyai batang berbentuk segitiga dan dapat tumbuh sampai ketinggian 1 meter atau bahkan lebih. Bentuk tanaman ini menyerupai payung dengan bunga yang muncul pada tiap ujung batangnya.

Tanaman Air Cape Pond

Cape pond merupakan tanaman yang berasal dari Afrika Selatan dan biasanya digunakan di dalam air dan akuarium. Cape pond merupakan tanaman yang unik dengan nama latin Aponogeton distachyos dan memiliki bunga yang bisa dimakan juga sering digunakan dalam hidangan khas Afrika Selatan.

Tanaman Star Grass (Dichromena colorata)

Sekilas penampilannya seperti rumput biasa. Dengan daun dan batang bunganya sempit dan memanjang. Bunganya berbentuk unik dengan warna putih kecoklatan, sementara kelopak bunganya panjang berwarna putih dengan ujung berwarna hijau menjadikan ciri khas dari tanaman air ini.

Penampilan keseluruhan bunga dan kelopaknya berbentuk seperti bintang yang dapat memberi cahaya tambahan pada kolam atau taman air yang kalian miliki.

Paperwhites
Paperwhites

Bunga ini juga dikenal sebagai bunga kertas yang memiliki nama latin Narcissus papyraceus menjadi pilihan jenis tanaman hias yang dapat di tanam di dalam air.

Cara menanamnya adalah mudah yakni anda hanya harus memasukkan air kedalam vas bunga berukuran sedang. Selanjutnya kemudian masukkan batang bunga sampai bagian batangnya masuk keseluruhnya kedalam permukaan air.

Ganti selalu air dalam vas setiap 3 hari sekali agar kesegaran bunga tetap dapat terjaga dengan baik.

Dari 10 lebih tanaman yang hidup di air di atas, manakah yang sering anda jumpai? Atau bahkan baru mendengarnya? Ternyata banyak sekali jenis tanaman yang hidup di air. Selain bermanfaat sebagai hiasan, ternyata banyak pula tanaman air yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan.

Coleus
Coleus

Tanaman coleus merupakan tanaman hias daun yang dianggap sebagai tanaman paling klasik. Pada habitat aslinya tanaman ini sangat mudah tumbuh dan bahkan kerap ditemui disekitar pekarangan tanpa harus ditanam terlebih dahulu.

Memiliki tekstur batang yang berair maka menanam tanaman ini didalam media air tentu sangatlah tepat. Cukup masukkan media air kedalam vas lalu kemudian isikan bibit tanaman ini maka dalam waktu hitungan hari tanaman ini akan langsung tumbuh dengan cepat.

Budidaya Tanaman Hias Air Tawar
tanaman hias

Budidaya tanaman air dalam ruangan dapat menggunakan hampir semua wadah yang bisa menampung air. Menanam tanaman dalam pot dan botol adalah salah satu pilihan umum.

Yang pasti, hampir semua jenis wadah tahan air akan bekerja asalkan tidak terbuat dari tembaga, kuningan atau timah. Logam dapat berkorosi ketika bereaksi terhadap pupuk, menyebabkan kerusakan tanaman. Juga, wadah gelap atau buram akan membantu mencegah pembentukan alga.

Tanaman hias air tawar bisa dibudidayakan di wadah atau pun di kolam. Berikut ini adalah acara budidaya tanaman hias air tawar yang sederhana :

  • Persiapkan media tanam dalam bentuk wadah. Kalau akan di tanam di kolam maka akan lebih mudah karena tanaman tinggal di tanam saja di lumpur kolam. Namun apabila akan di tanam di wadah, beri lumpur di wadah, tanaman tanaman hias di lumpur kemudian isi wadah dengan air. Sesuaikan wadah dengan ukuran dan jenis tanaman yang akan dipelihara
  • Pemeliharaan tanaman hias air bisa dilakukan dengan cara mengisi wadah berisi tanaman dengan air hingga luber, lakukan setiap hari supaya tanaman sehat.
  • Tanaman air perlu mandi supaya daunnya bersih dan segar. Semprotkan air ke daun dengan tekanan yang rendah untuk menghindari daun menjadi rusak.
  • Potong bunga dan daun yang layu atau tangkai yang rusak agar tidak membusuk dan menjadi penyakit.
  • Beri pupuk menggunakan pupuk kandang dengan cara bungkus 2 sendok pupuk dengan tisu atau kertas koran, benamkan ke dalam air. Letakkan bungkus pupuk di sekitar akar tanaman. Untuk wadah berukuran 60 cm membutuhkan 6-8 bungkus pupuk kandang.
  • Beri pupuk NPK sebanyak 1 sendok teh, bungkus dengan tisu atau kertas koran, benamkan ke sekitar akar tanaman. Satu wadah berukuran diameter 60cm membutuhkan sekitar 4 bungkus pupuk NPK. (Baca Juga : Harga Pupuk)
  • Apabila tanaman mulai beranak pinak dan wadah terlihat penuh sesak, maka pindahkan tunas-tunas muda tersebut ke wadah yang lain agar bisa tumbuh dengan baik.

Jenis tanaman air banyak sekali, tapi hanya jenis tertentu saja yang terlihat bagitu indah untuk dipakai sebagai media tanaman air khususnya untuk Aquascaping. Berikut ievoolme.com memberikan rekomendasi beberapa tanaman hias air tawar yang dapat anda gunakan untuk lebih mempercantik aquarium anda

Aneka tanaman hias air tawar untuk Aqurium
tanaman hias aquarium

Hygrophila Difformis (Water Wisteria)

Hygrophila difformis , umumnya dikenal sebagai wisteria air ( meskipun tidak terkait erat dengan wisteria benar) , tanaman hias air tawar ini adalah tanaman air yang termasuk kedalam keluarga acanthus . Tanaman ini ditemukan di habitat berawa di anak benua India di Bangladesh , Bhutan , India dan Nepal . Tanaman ini bisa tumbuh hingga ketinggian 20 sampai 50 cm dengan lebar 15 sampai 25 cm.

  • Suhu air : 23 ° C – 28 ° C.
  •  Lighting : Pencahayaan Menengah.
  • Fungsi : Tanaman Karpet di depan, melapisi lantai akuarium.

Java Moss

Java Moss adalah lumut yang termasuk kedalam keluarga Hypnaceae. tanaman ini berasal dariAsia Tenggara, yang biasa digunakan di akuarium air tawar. java moss biasanya menempel pada batu, akar, dan kayu apung.

Java moss tidak memerlukan perhatian khusus. Ia menerima semua jenis air, bahkan payau lemah, dan segala macam kualitas cahaya. tanaman ini tumbuh pada rentang suhu 70 sampai 75 ° Fahrenheit (21 sampai 24 ° Celsius), tetapi dapat hidup dalam suhu hingga 85 sampai 90 ° F (29-32 ° C).

Java Moss cukup populer di kalangan pecinta aquarium karena bisa dijadikan sebagai tempat (ikan bayi) dan berudu, untuk melindungi mereka dari ikan dewasa kanibalisme. Java lumut juga dapat menyediakan makanan untuk anak ikan.

  • Suhu air : Toleransi 21 ° C – 32 ° C, namun tumbuh yang terbaik di 21°C – 24°C.
  • Lighting : Semua jenis pencahayaan.
  • Fungsi : sebagai penutup bagian bawah; perlindungan bayi ikan; sumber makanan sekunder untuk bayi ikan.

Lilaeopsis

Lilaeopsis adalah tanaman hias air tawar yang bentuknya menyerupai rumput dan dapat tumbuh hingga 5cm. Penyebaran tanaman ini sangat cepat

  • Suhu air : 23 ° C – 29 ° C
  • Lighting : Lampu Menengah
  • Fungsi : Menutupi lantai akuarium; tempat persembunyian untuk bayi ikan.

Amazon Sword

Tanaman Amazon Sword, merupakan tanaman aquarium yang bentuk daunnya berbentuk lanset dengan ujung lancip dan tersusun membentuk rumpu. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 30-50 cm dan sangat ideal untuk background akuarium. Seringkali mereka ditanam dalam kelompok di belakang akuarium.

Tanaman hias ini diperkirakan berasal dari Amazon sesuai dengan namanya ini adalah jenis paling terkenal dari genus Echinodorus. Di pasaran terdapat 2 macam, yaitu amazon sword yang memiliki daun lebar dan daun sempit.

Agar penampilannya bagus ia membutuhkan cahaya lampu 8-10 jam/hari. Jika kekurangan cahaya, daunnya akan berubah warna.

  • Suhu air : 22 ° C – 28 ° C
  • Lighting : Pencahayaan Moderat.
  • Fungsi : sebagai dekorasi background; tempat persembunyian untuk ikan.

African Water Fern (Bolbitis)

Afrika Fern adalah tanaman serbaguna, bagus untuk background atau foreground. Tanaman ini sering digunakan di background dan membutuhkan perawatan yang minim, tumbuh dalam kondisi lembab.

Nama latin dari tanaman hias air tawar ini adalah Bolbitis heudelotii, nama ini diambil dari explorer botani Afrika Barat Jean – Pierre Heudelot (1802-1837) , tanaman hias ini biasanya melekat batu dan mwmiliki warna hijau tua.

  • Suhu air : 20 ° C – 27 ° C
  • Lighting : Pencahayaan rendah, teduh.
  • Fungsi : sebagai cover menutupi tanaman dibawahnya; dekorasi di bagian belakang; tempat persembunyian untuk ikan.

Green Tiger Lotus

Green Tiger Lotus adalah tanaman hias air tawar dengan bentuk daun yang melebar, dan hanya membutuhkan sedikit perawatan. Kondisi lingkungan rata-rata membantu tanaman ini berkembang.

  • Suhu air : 22 ° C – 28 ° C.
  • Lighting : Moderat.• Fungsi : Tempat persembunyian yang bagus untuk ikan; dekorasi background.

Semoga informasi mengenai tanaman yang hidup di air beserta ciri-cirinya sebagaimana telah kami paparkan di atas. Untuk segala saran dan masukannya silakan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa pada artikel-artikel selanjutnya! Jangan lewatkan juga rekomendasi tanaman hias lainnya yang cocok untuk dijadikan sebagai penghias rumah anda.

Kategori: Flora & Fauna

ievoolme

Berpikir positif, tidak peduli seberapa keras kehidupan ini

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *