Tanaman bunga hias dalam penjabaran umumnya adalah sebagai rujukan semua tumbuhan yang sengaja ditanam untuk mempercantik keadaan seperti halnya sebagai komponen taman di rumah, kebun rumah dan lain sebagainya.

Tak hanya bisa ditanam di luar rumah, tanaman hias juga bisa ditanam di dalam rumah. Biasanya kebanyakan jenis tanaman hias ditanam di rumah menggunakan pot.

Tanaman hias memiliki dua jenis yaitu tanaman hias berbunga dan tanaman hias yang tidak berbunga. Kalau didevenisikan tanaman hias adalah semua jenis tanaman atau tumbuhan, baik berbentuk ternak, tanaman merambat, perdu, semak maupun pohon yang sengaja ditanam sebagai pelengkap dekorasi atau komponen taman rumah, baik diluar ruangan maupun didalam ruangan.

Tanaman hias tidak selalu berwujud tanaman yang memiliki bunga, tetapi bentuk, tampilan atau kesan keindaan yang dimiliki tanaman tersebut yang banyak dimanfaatkan orang-orang. Begitupun tanaman herbal atau tanaman obat, termasuk juga tanaman hortikultura jika memiliki kesan indah maka tanaman tersebut bisa dijadikan komponen untuk memperindah taman ataupun lingkungan anda.

ligkungan yang biasanya ditanami tanaman bunga hias akan terlihat adem, asri, syahdu dan dapat menghilangkan penat bagi pemilik dan orang yang melihatnya. Nah, jika anda memiliki lahan taman yang cukup efisien dan bingung akan ditanami apa, tidak salahnya jika anda beri tanaman bunga agar tambah terlihat lebih asik nan indah.

1. Tanaman Hias Bunga Anggrek

Bunga anggrek merupakan tanaman hias bunga yang sangat populer sekali di Indonesia. Bunga anggrek ini sering dijadikan sebagai ungkapan rasa sayang seseorang, simbol kemewahan dan keindahan selama ratusan tahun dahulu. Bunga yang masuk ke dalam suku Orchidaceae ini memiliki banyak sekali varietas dengan keindahan yang dimiliki masing-masing variasi tersendiri.

Jenis anggrek tersebar diseluruh dunia dengan jenis yang berbeda-beda. Disini kami akan membagikan sedikit pengetahuan jenis anggrek yang tersebar di Indonesia. Simak langsung ulasan singkatnya di bawah ini, ya!

1.1 Bunga Anggrek Vanda

anggrek vanda

satujam.com

Vanda merupakan salah satu jenis monopodial di mana batang utamanya terus tumbuh ke atas tanpa batas. Untuk media pertumbuhannya, kembang ini bisa tumbuh di tanah atau menempel pada pohon lain. Tanaman ini lumayan banyak tersebar di daerah indonesia, khususnya pada suhu udara yang agak rendah.

Ukuran daun vanda ini bervariasi, ada yang lebar dan ada pula yang berbentuk runcing. Selain itu, kembang ini populer dengan ukuran bunganya yang besar dan memiliki ragam bentuk serta warna. Foto bunga anggrek di atas adalah salah satu jenis dari vanda cantik yang berwarna ungu.

1.2 Bunga Aggrek Cattelya

tanaman hias bunga mini

www.jitunews.com

Tidak seperti anggrek vanda yang termasuk monopodial, anggrek cattleya merupakan simpodial sehingga pertumbuhan batangnya terbatas. Cattleya tumbuh menumpang pada pohon lain, atau lebih sering disebut dengan epifit. Selain itu, kembang ini juga mempunyai kemampuan berbunga yang berbeda-beda tergantung dari bentuk daunnya.

Apabila daunnya berbentuk lebar dan pendek, maka tanaman ini akan sering berbunga. Sebaliknya, bila daunnya sempit dan panjang, kembang ini akan jarang berbunga

1.3 Bunga Anggrek Bulan

anggrek bulan

gellsy.com

Ciri khas dari pemilik nama Latin Phalaenopsis amabilis ini adalah kelopak bunganya yang lebar, anggun, dan berwarna putih. Selain itu, kembang ini memiliki daun yang berwarna hijau tua dengan bentuk bulat memanjang,

Kecantikan mahkotanya inilah yang menjadikan anggrek bulan populer di Indonesia. Selain itu, ketika mekar, kembang ini memiliki aroma yang wangi semerbak. Anggrek bulan mempunyai kelebihan sewaktu mekar lebih lama dari bunga-bunga anggrek jenis lainnya.

1.4 Bunga Anggrek Tanah

anggrek tanah

www.tettytanoyo.com

Sesuai dengan namanya anggrek tanah, bunga ini bisa tumbuh dengan baik di media tanah. Dengan kata lain, ia bisa hidup secara mandiri tanpa menumpang pada pohon lain.

Bunga yang memiliki nama ilmiah Spathiphyllum ini berasal dari daerah tropis seperti Asia Tenggara. Jadi tidak heran jika bunga-bunga ini dapat ditemui dengan mudah di Indonesia yang beriklim tropis.

1.5 Bunga Anggrek Dendrobium

anggrek dendrobium

http://petanitop.blogspot.com

Salah satu jenis tanaman anggrek yang rajin berbunga ini memiliki banyak varian warna serta aroma yang khas. Cara pertumbuhan dendrobium hidup menumpang pada pohon lain atau disebut juga sebgai epifit, tetapi bunga anggrek ini tidak merugikan media yang ditumpanginya. Perawatan dari bunga ini relatif lebih mudah dibanding dengan jenis lainnya.

1.6 Bunga Anggrek Oncidium

Anggrek Oncidium

http://www.anekabungahias.com

Disebut sebagai bunga anggrek oncidium dikarenakan dari bentuk mahkotanya menyerupai pakaian dari gadis Meksiko yang sedang menari. Selain disebut dengan oncidium, kembang ini juga akrab dikenal dengan sebutan dancing-lady orchid. Sebutan tersebut tentu berasal dari bentuk mahkotanya yang menyerupai pakaian dari seorang perempuan Meksiko yang sedang menari.

Bunga anggrek jenis ini tidak membutuhkan banyak cahaya untuk bisa tumbuh dengan baik. Hal terpenting adalah hanya tinggal di tempat yang tidak terlalu lembap atau kering.

1.7 Bunga Anggrek Tebu

tanaman hias bunga terbaru

www.kebunpedia.com

Spesies yang satu ini merupakan yang terbesar dan paling beda dengan yang lainya disebabkan mempunyai berat di antara jenis lainnya. Anggrek jenis ini tumbuh akan sampai mencapai berat bisa mencapai 1 ton dengan tinggi mencapai 3 meter.

Bunga anggrek langka yang memiliki nama ilmiah Grammatophyllum speciosum ini pertama kali ditemukan di Papua. Dikarenakan ukurannya yang besar, kembang yang memiliki ciri berwarna kuning dengan bintik-bintik seperti hewan macan ini disebut dengan anggrek macan.

2. Tanaman Hias Bunga Mawar

bunga mawar

http://lintangcahyaningsih.com

Bunga cantik yang memiliki otoritas melambangkan cinta ini memang bakal senantiasa memperoleh perhatian yang amat banyak dari beberapa penggemarnya. Saat kita lihat bunga mawar dari perasaan yang awalannya tidak menentu jadi terasa suka serta bahagia saat memandangnya. Hingga bunga ini amat bagus untuk jadikan pembasmi stress dari segala kepenatan yang ada.

Mawar ini memanglah bunga yang amat indah serta menawan, hingga tidak heran lagi jika bunga ini banyak disenangi oleh orang-orang banyak. Berikut ini beberapa jenis mawar yang kerap jadikan sebagai tanaman hias :

2.1 Bunga Mawar Liar (Wild Rose)

Bunga Mawar liar

kuyahejo.com

Sesuai dengan namanya, bunga mawar ini tumbuh liar secara alami tanpa campur tangan manusia banyak tersebar didalam hutan. Bunganya yang memiliki bentuk sederhana dan simpel dan sudah dikenal oleh berbagai zaman manusia sejak dulu. Meskipun bunga mawar ini tubuh dialam liar jika bunga ini dirawat dengan baik niscaya akan menghasilkan bunga yang indah dan cantik.

2.2 Bunga Mawar Old Garden Roses

tanaman hias bunga murah

digiyan.com

Old garden roses yang berasal dari Eropa atau Mediterania merupakan mawar jenis semak belukar yang mempunyai ciri khas yaitu bentuk bunganya unik dan berbau harum. sayangnya bunga jenis ini sangat sedikit di Indonesia dikarenakan penyebarannya yang kurang efektif.

Terutama bunga mawar putih, merah muda dan merah. Mawar jenis ini cenderung lebih tahan terhadap penyakit. Biasanya hanya mekar pada batang yang terbentuk pada tahun-tahun sebelumnya.

2.3 Bunga Mawar Putih ( Alba )

bunga mawar putih mekar

virusbiru.com

bunga jenis ini lebih sering dikenal sebagai mawar putih yang merupakan hasil persilangan antara Rosa Alba dan Rosa Arvensis. Alba termasuk ke dalam jenis mawar taman, juga merupakan jenis mawar yang paling tua. Pada zaman modern seperti sekarang, cinta sejati lebih melekat dengan arti bunga mawar putih ini.

Hal itu karena dipercaya mawar putih melambangkan kemurnian dan ketulusan cinta. Maka tak heran, di sekitar kita banyak menemukan bunga mawar putih ini digunakan pada pesta pernikahan, karena dapat juga mewakili rasa persatuan dari sebuah ikatan cinta.

2.4 Bunga Mawar Rosa Gallica

tanaman hias bunga anggrek biru

digiyan.com

Bunga mawar jenis ini merupakan bunga mawar hasil persilangan antara Rosa Gallica dari dua tempat yang berbeda, yaitu Eropa bagian selatan dan Eropa bagian tengah. Jenis bunga ini hanya dapat berbunga sekali pada musim panas. Mempunyai warna yang indah (campuran antara putih dan ungu tua) dan juga memiliki bau yang harum dan semerabak.

2.5 Bunga Mawar Damask

Mawar jenis Damask

santaidamai.com

Damask ialah mawar hibrida. Terkenal dengan bau harum yang dimilikinya dan sering dijadikan sebagai bahan minyak wangi. Bunga ini mempunyai keistemewaan yaitu kelopak bunganya dapat dimakan, digunakan sebagai hiasan, sebagai teh herbal, dan juga bisa dibuatkan semacam manisan bernama Gulkand (berasal dari India).

2.6 Bunga Mawar Centifolia

bunga Mawar Centifolia atau Provence

/luthfan.com

Janis bunga ini juga dikenal sebagai Provencea yang mempunyai makna “seribu daun mahkota”. bunga ini muncul merupakan hasil pemuliaan pada abad ke-17 dan abad ke-19 oleh peternak mawar di Belanda.

Sayangnya bunga mawar centifolia hanya dapat berbunga satu kali dalam setahun. Centifolia memiliki ciri-ciri dapat tumbuh 1.5-2 meter dan bentuk bunga bundar serta bulat, Jenis mawar ini mempunyai wangi yang harum dan kelopak tumpang tindih. Biasanya berwarna merah muda, putih hingga berwarna ungu tua.

3. Tanaman Hias Bunga Gloriosa

tanaman hias bunga asoka

http://www.anekabungahias.com

Bunga Gloriosa atau orang Indonesia menyebutnya sebagai bunga sungsang, merupakan salah satu tanaman hias paling langka dalam dunia. Bunga ini cuma bisa tumbuh di daerah Afrika. Proses pertumbuhan dan penyebarannya pun sangat susah. Maka karena itu, tidak heran bila bunga ini mempunyai harga yang amat mahal.

Pada umumnya pada toko -toko bunga, bunga Gloriosa dibandrol dengan harga sekitar Rp 150.000 per tangkainya. Warnanya yang indah sangat cocok sebagai tanaman hias bunga di halaman rumah anda.

4. Bunga Kantong Semar (Nepenthes)

tanaman hias kantong semar

mitalom.com

Salah satu tanaman hias bunga terindah dan yang paling unik. Bunga kantung semar adalah jenis tanaman monotipik yang terdiri atas 130 spesies. Walaupun tampak cantik tapi tumbuhan ini merupakan karnivora.

Dinamakan kantung sebab tumbuhan ini mempunyai sulur pada ujung daun yang membentuk seperti kantong, kantong tersebut dipakai sebagai perangkap untuk menangkap mangsa seperti semut, lalat, lebah dan serangga kecil lainnya.

5. Tanaman Hias Bunga Geranium

tanaman hias bunga alamanda

http://www.agrowindo.com

Jenis bunga hias gantung Geranium dikenal juga dengan sebutan Crane’s Bill.  Bunga geranium bisa ditemukan di hampir seluruh dunia, tetapi asal muasal bunga geranium dari Afrika Selatan yang artinya cocok untuk ditanam sebagai jenis bunga hias gantung di negara tropis seperti Indonesia.

Jenis bunga hias gantung ini cukup populer sebagai pilihan bunga hias di taman-taman depan rumah atau kebun rumah. Karakteristiknya yang menarik, yaitu bunga yang tampil dalam berbagai warna seperti merah, putih, merah mudah, biru ataupun ungu menjadikannya jenis bunga hias gantung yang banyak dicari orang untuk dijadikan sebagai hiasan di lingkungan rumahnya.

6. Bunga Lipstik Merah (Aeschynanthus radicans)

Aeschynanthus Radicans Bunga Lipstik

www.pertanianku.com

Sesuai namanya, bunga lipstik merah memang menyerupai lipstik warna merah. Permukan kelopak bunga ini ditumbuhi bulu-bulu halus yang lembut dengan waktu mekar hingga 2-3 minggu.

Bentuknya yang menjulang jatuh ke bawah pot dan menjuntai turun semakin menambah popularitasnya sebagai jenis bunga hias gantung populer di Indonesia. Baik untuk suhu panas maupun dingin, tanaman hias gantung ini bisa mekar dengan cukup baik sepanjang hari jika dilakukan perawatan yang baik.

7. Tanaman Hias Bunga Melati (Jasminum)

melati putih jasminum

alamendah.org

Bunga melati adalah jenis tanaman hias yang paling populer di negara Indonesia. Bahkan jenis melati putih dijadikan sebagai salah satu bunga nasional Indonesia. Bunga yang memiliki aroma harum yang khas membuat jenis bunga hias ini banyak penggemarnya.

Sebagian besar dari jenis melati itu masih tumbuh liar di hutan-hutan, karena masih belum terlihat potensi sosial dan ekonominya, maka belum ada yang membudidayakannya. Nah, berikut ini merupakan beberapa jenis melati yang perlu sobat ketahui :

7.1 Melati Hutan ( Jasminum Elongatum Willd )

tanaman hias bunga adenium

digiyan.com

Ciri fisik daun melati jenis ini adalah berbentuk oval dan tersusun dengan pasangan berlawanan pada sepanjang tangkai. Kelopak dalam satu tangkai bunga biasanya berjumlah 6-8 dan tabung mahkota bisa memiliki panjang hingga 3 cm.

Habitat tumbuhnya dapat ditemukan pada semak belukar atau hutan campuran. Tanaman ini sangat suka dengan sinar matahari yang penuh. Jenis ini biasanya tersebar di India, China, Myanmar, Vietnam, Malaysia, Indonesia hingga Australia bagian utara.

7.2 Melati Primrose ( Jasminum Mensyi )

melati hutan

www.tanobat.com

Jenis ini biasanya dapat tumbuh tinggi hingga 3 meter dengan lebar sekitar 1-2 meter. Memiliki ciri bunga berwarna kuning dan berbau wangi ketika musim panas dan musim semi.

Bunga ini banyak tersebar didaerah Vietnam dan China bagian selatan seperti Guizhou, Sichuan dan Yunnan. Namun ada juga yang mengatakan berada di Honduras, Meksiko dan Amerika Serikat bagian selatan seperti Florida, Georgia, Alabama, Louisiana, Texas dan Arizona lewat proses naturalisasi

7.3 Jasminum Multiflorum

Jasminum multiflorum

worldoffloweringplants.com

Bunga melati jenis ini juga dikenal dengan sebutan lain seperti melati berbulu lebat, melati musim dingin, melati India dan melati bintang. jenis ini juga dikenal dengan nama Magha Mallika dalam bahasa Sansekerta. bunga ini sering digunakan dalam acara penting, seperti acara pernikahan.

Melati jenis ini tersedar di Bhutan, Nepal, India, Burma, Laos, Vietnam serta Thailand. Di daerah tropis dan subtropis, jenis ini sering dibudidayakan karena bunganya memiliki wangi yang harum semerbak dan menarik.

7.4 Jasminum Officinale atau Melati Casablanca (Spanish Jasmine)

tanaman hias bunga aster

steemit.com

Asli bunga melati jenis ini banyak tersebar beberapa didaerah Kaukasus, Iran bagian utara, Pakistan, Afghanistan. Namun jenis ini sudah banyak dibudidayakan di banyak daerah lain, seperti negara-negara Eropa: Spanyol, Italia, Perancis, Portugal, Rumania, dll.

Nama lain dari melati jenis ini juga dikenal sebagai sebutan melati putih, melati musim panas atau melati saja. Jika pada musim panas bunga melati ini akan mengeluarkan aroma harum yang kuat.

7.5 Melati Australia ( Jasminum Simplicifolium )

tanaman hias bunga bougenville

http://1.bp.blogspot.com

Melati jenis ini biasanya dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Dapat tumbuh kira-kira tinggi hingga 2 meter jika sebagai semak. Namun jika cara tumbuhnya memanjat ke batang pohon lain, tingginya bisa sampai 10 meter. Rata-rata batang tanamannya tidak berambut.

8. Tanaman Hias Bunga Alamanda

bunga alamanda

ilmubudidaya.com

Bunga alamanda merupakan tanaman bunga yang mudah dijumpai dan mudah dalam perawatannya. Karena tanaman ini tumbuh dengan bergerombol dan mampu berkembangbiak dengan cepat dan pesat. Salah satu jenis bunga alamanda yang populer dikalangan penduduk Indonesia adalah alamanda cathartica.

9. Tanaman Hias Bunga Bougenville

bunga kertas atau bougenville

ilmubudidaya.com

Bunga hias bougenville ini berasal dari negara Amerika Selatan. Akan tetapi bisa kita jumpai juga jenis bunga hias ini di Indonesia. Tanaman ini biasanya dikalangan kita menyebutnya sebagai bunga kertasan. Juga tanaman ini bisa mudah hidup dan berkembang di daerah yang beriklim tropis.

10. Bunga Gelombang Cinta

bunga Gelombang Cinta

www.boombastis.com

Gelombang cinta ialah bunga hias yang mempunyai ciri-ciri khusus yaitu daun yang besar dengan pinggiran daun yang bergelombang. Sebenarnya tanaman ini bukan merupakan tanaman hias bunga, tetapi jika berbuah maka keindahannya tidak kalah dengan tanaman hias bunga. Tanaman gelombang cinta sempat populer di tahun 2010 yang membuat harganya melonjak tinggi.

Gelombang cinta tidak bagus apabila mendapat cahaya matahari secara langsung, tempat yang bagus untuk meletakkan tumbuhan ini merupakan di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Anda juga dapat menambahkan paranet supaya pertumbuhanya optimal.

11. Bunga Lily of The Valley

Lily of The Valley Bunga Mungil dan Indah Tapi Beracun

www.pertanianku.com

Lily of The Valley ialah salah satu tanaman hias yang cantik dan cukup popular dikalangan pencinta bunga. Salah satu spesies bunga lily sebagai tanaman hias bunga terindah yang ada. Tapi jangan salah, bunga ini sebenarnya bisa membunuh manusia jika dikonsumsi oleh manusia dalam jumlah banyak.

12. Bunga Gold Kinabalu Orchid

Gold of Kinabalu Orchid

www.10pedia.net

Gold Kinabalu Orchid merupakan salah satu jenis bunga anggrek yang cukup susah ditemui. Bunga ini merupakan salah satu tanaman hias bunga terindah dan mempunyai harga yang amat mahal. Gold Kinabalu Orchid merupakan bunga yang amat langka dan hampir punah. Bunga ini cuma dapat ditemukan di taman nasional di Malaysia. Sebab kelangkaannya tersebut, bunga ini mempunyai harga yang amat mahal, yakni sekitar 70 juta per potong. Fantastis!!

13. Tanaman Hias Bunga Kamboja

bunga kamboja

http://paktani.net

Bunga kamboja beredar sangat banyak diwilayah Indonesia. Kebanyakan orang menjadikan tempat tumbuhnya sebagai tempat yang keramat, semisal pada pemakaman atau tempat-tempat untuk sebagian orang yang masih menjalankan ritual-ritual tertentu.

Meskipun bunga ini mendapatkan kesan yang cukup horor, bunga kamboja ini termasuk ke dalam macam-macam tanaman hias bunga dengan keindahan yang tak mungkin bisa membikin hati terasa kembali semangat yang sebelumnya dirundung kegundahan.

14. Tanaman Hias Bunga Kenanga

tanaman hias bunga contoh

www.greeners.co

Selanjutnya adalah bunga Kenanga yang juga termasuk dalam macam-macam tanaman hias bunga. Kenanga sendiri dikenal juga dengan nama latin yaitu Cananga odorata. Bunga Kenanga ini merupakan nama dari bunga yang dihasilkan dari pohon tumbuh.

Pertumbuhan bunga kenanga ini dipengaruhi oleh sinar matahari. Sebagaimana besar dia mendapatkan sinar matahari secara langsung atau tidak mendapatkan sinar sedikit pun. Tanaman yang menghasilkan bunga cantik ini menyukai tempat atau tanah dengan kandungan asam pada habitat aslinya di dalam hutan tadah hujan. Warna pada bunga ini yaitu hijau kekuningan, menggulung seperti bintang laut, daunnya yang panjang, halus, dan berkilau, sungguh luar biasa bukan.

15. Tanaman Hias Bunga Asoka

Bunga Asoka merah

www.boombastis.com

Bunga asoka adalah bunga yang tergolong merupakan tanaman hias yang sering dihubungkan dengan rasa cinta dan kesucian. Bagi penganut agama Hindu sendiri, pohon yang menghasilkan bunga dengan warna cantik dan bentuk unik ini dianggap sebagai pohon dan bunga yang suci. Di Indonesia, cuma ada dua jenis bunga asoka sendiri yang tersebar. Biasanya ditanam untuk tujuan penghijauan ataupun hanya sebagai tanaman hias aja.

16. Bunga Kembang Sepatu

tanaman hias bunga cantik

http://www.satuharapan.com

Bunga kembang sepatu adalah tanaman semak yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga ini sangat mudah dalam pemudidayaannya karena tidak perlu memerlukan perawatan khusus, anda hanya cukup rajin melakukan pemangkasan karena jika dibiarkan tanaman kembang sepatu dapat tumbuh besar.

Untuk itu anda dapat pula menanamnya dalam pot untuk dapat menjaga pertembuhan agar tetap terkendali. Kembang sepatu memiliki bunga yang cantik dengan warna yang cerah namun tidak mengeluarkan bau harum.

17. Tanaman Hias Bunga Amarilis

tanaman hias bunga krisan

www.faunadanflora.com

Amarilis merupakan jenis tanaman yang paling mudah perawatannya hanya saja tanaman ini berbunga saat awal musim penghujan. Bunga yang dimiliki mempunyai banyak warna yang bermacam-macam. Jika anda memiliki taman kecil maka pas sekali jika bunga amarilis menjadi salah satu koleksi anda dan dijadikan sebagai tanaman hias. Selain digunakan sebagai tanaman hias, ternyata tanaman ini ampuh untuk dijadikan sebagai tanaman pengusir nyamuk.

18. Tanaman Hias Bunga Krisan

tanaman hias bunga krisan dalam pot

bibitonline.com

Bunga krisan atau sering disebut juga dengan bunga seruni merupakan jenis tanaman bunga yang sering dijadikan sebagai tanaman hias dalam pekarangan ataupun dijadikan sebagi bunga potong. Dalam segi penanaman bunga krisan membutuhkan perhatian yang extra dan ketelaten yang lebih disebabkan bunga krisan hanya mampu tumbuh subur dan baik dengan ketinggian antara 700-1000mdpl.

Bunga krisan memiliki macam-macam jenis dan warna bunga yang cantik sehingga cocok dijadikan sebagai tanaman hias di rumah anda.

Nah itulah artikel yang kami tulis yang membahas tentang macam-macam tanaman hias. Jangan lupa baca juga nama nama bunga yang dapat menambah wawasan kamu mengenai tumbuhan yang cantik ini.

Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan di hati teman-teman dan dalam penulisan yang kurang bagus. Jangan lupa terus pantengin ievoolme.com yaa agar selalu mendapatkan informasi-informasi penting dan menarik lainnya. sampai jumpa, Bye-Bye.


ievoolme

Berpikir positif, tidak peduli seberapa keras kehidupan ini

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *