Selamat berjumpa kembali sobat masih tetap bersama kami disalah satu web gado-gado kami. Setelah kemarin membahas bagaimana macam tanaman bunga hias itu apa aja. Selanjutnya pada artikel ini kita akan membahas macam tanaman hias yang dapat dijadikan menjadi dua fungsi. Selain digunakan untuk mempercantik lingungan disekitar, namun juga dapat sebagai pembersih udara dari polusi.

Memiliki beberapa tanaman hias di rumah tak hanya bisa mempercantik keindahan rumah anda, tapi juga dapat memberikan manfaat lain untukmu. Di antaranya adalah bisa merelaksasi, menyejukkan mata, sebagai humidifier alami, dan masih banyak lagi. Kalau kamu masih merasa bingung jenis-jenis tanaman hias seperti apa yang cocok ditanam di rumah, sekarang tidak perlu khawatir lagi! Dalam artikel ini, ada beberapa jenis tanaman yang bisa anda jadikan inspirasi, lho!

Home sweet home, sebuah jelukan sederhana yang digunakan untuk menggambarkan perasaan nyaman dan betah ketika berada dalam rumah sendiri. Bagaikan di dalam istana buatan sendiri. Betah tidaknya seseorang di dalam rumah bukan dilihat dari ukuran besarnya, namun biasanya di nilai dari segi kenyamanannya.

Rumah yang bersih, sejuk dan segar identik dengan rasa nyaman dan akan mempengaruhi mood baik orang yang menempatinya, sebaliknya, rumah yang kotor, sesak dan pengap juga biasanya akan memicu mood yang buruk bagi pemiliknya.

Selain itu rumah nyaman juga seperti rumah yang dipengaruhi oleh bentuk dan tata ruangan yang minimalis namun menarik. Sebenarnya ada banyak cara untuk memiliki rumah yang minimalis dan menarik, namun sepertinya biaya untuk membuatnya cukup terbilang mahal, karena harus didukung oleh pemilihan furniture rumah tangga modern atau mengecat dinding rumah agar terlihat dinding rumah sejuk di mata.

Namun hal itu pastinya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Salah satu cara yang patut anda coba adalah dengan mengaplikasikan tanaman hias hidup sebagai ornamen-ornamen penghias ruangan yang sekaligus menyehatkan.

Jenis-jenis Macam Tanaman Hias yang Dapat Anda Gunakan

tanaman hias

abahtani.com

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih jenis-jenis tanaman hias yang ingin anda tanam di rumah. Selain manfaatnya, tentu anda pun harus memperhatikan keindahannya. Kira-kira apa saja jenis yang cocok anda tanam di rumahmu?

Tanaman-tanaman yang disebutkan di bawah ini memang akan membuat mata sejuk dan segar, yang tentunya penting terutama bagi anda yang bekerja seharian di kantor. Tetapi, secara tidak kasat mata, spesies-spesies ini juga menghirup udara kotor di sekitarnya dan kemudian menukarnya dengan oksigen yang bersih dan segar.

Silakan pilih mana yang anda suka. Mau yang berbunga cantik dengan warna menyala, atau hijau tetapi murah. Yang manapun semua jenis tanaman ini akan membantu ketersediaan udara segar di dalam rumah atau kantor.

Tanaman Hias Lidah Buaya (Aloe Vera)

tanaman hias daun

www.jitunews.com

Pertama, tanaman yang mempunyai nama unik aloe vera. Mungkin anda semua tahu dan pernah mengambil manfaat dari tanaman ini dengan cara mengambil lendir atau jelly dan dioleskan ke rambut. Dengan tujuan agar rambut terawat tidak mudah rontok dan rambut nampak hitam lembut.

Selain itu tanaman yang satu ini juga dapat dijadikan sebagai makanan dalam bentuk jelly yang banyak dijual. Begitu pula kerap dijadikan bahan dasar pembuat kosmetik, banyak manfaatnya bukan. Dan, tentunya berguna juga sebagai tanaman hias pembersih udara ruangan.

Memang bentuknya agak kaku serta pinggir-pinggirnya ditumbuhi duri, tetapi kalau ditempatkan dalam pot maka tanaman yang dapat tumbuh subur di wilayah tropis ini sangat menyejukkan mata. Apalagi, tanaman ini tidak perlu perawatan yang rumit, cukup mengeluarkan secara rutin seminggu atau dua minggu sekali keluar ruangan dan disiram, maka ia bisa kembali segar.

Tanaman Hias Sirih Gading (Devil’s Ivy)

tanaman hias gantung

gardening.id

Sirih jenis ini mempunyai corak warna khas yang menarik untuk dipandang. Tanaman jenis sirih ini, di luar negeri dikenal sebagai sebutan devil’s ivy atau pothos. Tanaman hias ini akan terlihat sangat cantik dan menarik apabila ditanam pada pot gantung di dalam ruangan rumah karena daunnya yang merambat akan menjuntai ke bawah.

Selain itu sirih gading juga sangat cantik apabila digantung pada dinding rumah ataupun disimpan di sisi jendela kamar. Serta, dapat pula diletakkan pada kamar mandi dengan pot bentuk yang transparan. Daun dari tanaman ini dapat membersihkan udara dengan cara menyerap racun-racun dari berbagai macam polusi di udara.

Perlu anda ketahui sirih gading dikenal juga sebagai tanaman beracun untuk hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Perawatan dan pemeliharaan harus dilakukan dengan hati-hati untuk memastikan tanaman tidak dikonsumsi oleh hewan peliharaan anda. Jika daun sirih di makan oleh hewan peliharaan gejala yang terjadi hewan tersebut akan mengalami iritasi mulut, muntah, dan kesulitan menelan.

Tanaman Spider Plant (Chlorophytum comosum)

tanaman hias adalah

www.casaindonesia.com

Spider plant adalah tumbuhan dengan nama ilmiah Chlorophytum comosum yang berbentuk menyerupai laba-laba. Tanaman hias yang berasal dari Afrika dan kini tersebar ke segala penjuru dunia ini mempunyai tinggi mencapai 60 cm.

Tanaman spider plant mempunyai ciri-ciri dengan daunnya yang panjang dan rimbun tersedia dalam warna hijau atau strip kuning dan strip putih. Batangnya yang panjang sebenarnya kokoh dan banyak ditumbuhi bunga putih.

Merawat Spider Plant tergolong mudah. Anda tidak perlu repot-repot mengurus segala sesuatu untuk tanaman yang satu ini. Yang harus anda perhatikan adalah membagi tanaman ini ketika sudah membanyak atau sudah memenuhi pot. Karena terlalu banyak batang dalam satu pot dapat membuat pot tersebut pecah.

Setelah memindahkan sebagian tanaman ke dalam pot baru, sebaiknya anda menunggu empat hingga enam bulan sebelum memberinya pupuk. Sebenarnya yang harus sangat diperhatikan adalah bagaimana cara memberikannya air, Jika terlalu banyak atau terlalu sedikit air yang diberikan, daunnya akan terlihat kering seperti terbakar.

Fungsi tanaman ini dapat membuang zat karbon monoksida dan nitrogen dioksida yang ada di dalam ruangan. Dengan meletakkan tanaman ini dalam waktu 24 jam maka ruangan akan bebas dari zat-zat polutan. tanaman pembersih udara ini mampu menyerap benzena,formaldehida,kaarbon monoksida,bahan kimia pada industri kulit,karet dan percetakan.

Tanaman Bunga Peace Lily (Spathiphyllum)

tanaman hias dalam rumah

www.99.co

Bunga lily merupakan salah satu tanaman yang populer digunakan sebagai hiasan ruangan dan taman. Tanaman ini tampak indah dengan ciri khas bunga putih bersih menyerupai Kuncup tulip ini tumbuh tegap dengan daunnya yang hijau pekat.

Selain bisa dijadikan sebagai hiasan ruangan, juga mampu menyerap zat beracun di sekitarnya. Cara merawat bunga peace lily tergolong sangat mudah, tetapi beberapa orang kesulitan agar bunga lily rajin berbunga.

Bunga Lily atau disebut juga sebagai peace lily disebut Spathiphyllum Cochlearispathum merupakan genus Spathiphyllum yang terdiri dari sekitar 40 spesies tumbuhan berbunga monokotil dalam keluarga Araceae. Tanaman ini diduga berasal dari daerah tropis Amerika dan Asia Tenggara.

Tanaman Palem Areca

tanaman hias indoor

planet.merdeka.com

Palem areca merupakan tanaman yang sangat indah apabila digunakan sebagai dekorasi rumah. Dengan tanaman yang mempunyai ciri khusus dengan daun yang indah memanjang seperti halnya tanaman palem.

Daun yang berwarna hijau dapat menenangkan jiwa dan dapat menyehatkan mata karena dengan warna hijau yang tenang. Selain digunkan sebgai tanaman hias tanaman ini juga dapat sebagai menghilangkan racun akibat debu yang menumpuk dan partikel berbahaya dari lingkungan luar.

Tanaman Snake Plant atau Lidah Mertua

tanaman hias indah

www.faunadanflora.com

Lidah mertua merupakan sebutan untuk semua tanaman dari genus sansevieria. Lidah mertua sering dijadikan salah satu tanaman untuk menambah dekor rumah karena tanaman ini memiliki bentuk yang unik dengan ujung tanamannya yang tajam dan corak warnanya khas.

Selain namanya yang unik, tanaman lidah mertua juga memiliki manfaat yang sangat bagus yaitu menyerap bahan beracun seperti karbondioksida, benzene, formaldehydem dan trichloroethylene. Selain poin plus tersebut, masih ada lho poin plus yang lain. Apa saja? Yuk, baca sampai habis!

  1. Lidah mertua mempunyai aroma yang khas
  2. Lidah mertua cocok untuk dijadikan pagar semi permanen
  3. Lidah mertua mampu menyerap radiasi
  4. Lidah mertua sebagai kreasi anyaman
  5. Lidah mertua sebagai tonik rambut
  6. Lidah mertua sebagai obat kulit
  7. Lidah mertua mengurangi sick building syndrome

Ciri tumbuhan tersebut kurang lebih seperti ini daunnya tumbuh tegak menjulang dengan tekstur keras tidak berduri dan berbentuk seperti lidah. Ujung daunnya berwarna hijau keputihan dan di tengah berwarna hijau tua.

Tanaman Hias Sri Rejeki (Aglonema)

tanaman hias dinding

jogja.tribunnews.com

Aglaonema (Chinese Evergreens) atau di Indonesia populer dengan nama tanaman Sri Rejeki adalah pilihan yang sangat ideal untuk dibudidayakan dan dijadikan sebagai tanaman hias untuk memparcantik ruangan anda,

Daya tarik dari tanaman aglaonema ada pada daunnya yang mempunyai bentuk dan warna yang elegan. Tidak hanya berwarna hijau, tanaman ini juga mempunyai warna lain seperti kombinasi warna merah, putih, merah muda, dan kuning.

Meskipun mempunyai kandungan racun, tetapi tanaman ini tetap menjadi primadona untuk dijadikan tanaman hias. Yups, sri rejeki merupakan salah satu tanaman hias daun yang populer untuk memperindah lingkungan. Selain sebagai tanaman hias, ternyata sri rejeki mempunyai beberapa manfaat lain lho seperti mampu menyerap benzena dan formaldehida yang membandel di udara.

Tanaman Heart-Leaf Philodendron

tanaman hias dipot

http://zonatanamanhias.blogspot.com

Tanaman ini memiiki bentuk daun yang hampir sama dengan daun sirih. Berbentuk hati atau jantung dengan pertumbuhan yang juga merambat. Daunnya beracun karena daya serapnya yang tinggi terhadap polutan-polutan di udara.

Cocok ditanam di pot gantung dan di simpan sebagi penghias dinding rumah. Bisa juga dibalkon kamar atau dijendela kamar dengan membiarkan daunnya merambat ke sisi jendela.

Tanaman Hias Dragon Tree

contoh tanaman hias

www.faunadanflora.com

Dragon tree merupakan species dari genus tanaman hias daun dracaena. Tumbuh tinggi dengan batang yang keras dan daun yang panjang-panjang berwarna merah dan hijau tua. Tanaman semak ini mampu tumbuh tinggi sehingga cocok diletakkan di sudut rumah ataupun kantor. Kemampuannya menyerap racun pada udara yang disebabkan oleh bensin, pernis dan tak tidak diragukan lagi

Tanaman Hias Pakis Boston

contoh tanaman hias gantung

www.gardener.id

tanaman ini mampu membersihkan dan melembabkan udara. Hal ini membuatnya sangat cocok jika diletakkan di dalam kamar agar ketika tidur, kulit Anda akan tidak akan kering. Selain itu, juga bisa diletekkan pada kamar mandi karena pada dasarnya pakis boston menyukai daerah yang agak lembab.

Tanaman yang tidak tahan panas dan bisa menyimpan asupan air yang cukup banyak ini biasa ditanam langsung di tanah, di dalam pot atau juga digantung. Ia dapat menyerap polusi udara dan membersihkan udara di dalam ruangan anda

Tanaman Tanduk Rusa

tanaman hias unik

www.faunadanflora.com

Kalau anda memiliki ruang taman terbatas di rumah, pastinya anda tentu mencari jenis-jenis tanaman hias yang bisa digantung atau ditempelkan di dinding. Salah satu yang bisa anda pilih adalah paku tanduk rusa.

Jenis tumbuhan paku-pakuan yang juga dikenal dengan nama simbar menjangan ini biasanya sangat mudah dapat dijumpai tumbuh secara liar. Biasanya akan menempel pada batang pohon tapi tidak merugikan tumbuhan yang menjadi inangnya tersebut. Sehingga anda tak hanya bisa menanamnya di tembok, tapi juga bisa menempelkannya pada pohon yang ada di rumahmu.

Akan tetapi, harus menjadi catatan untuk anda, tanduk rusa lebih menyukai tempat yang tidak terkena sorotan sinar matahari secara langsung dan sejuk. Ia juga lebih menyukai hidup di tempat yang memiliki cukup kelembapan, sehingga kamu perlu memperhatikan agar media tempatnya tumbuh itu tidak terlalu kering atau terlalu basah.

Itulah beberapa tanaman anti polutan yang dapat diletakkan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Rata-rata tanaman yang kami sebutkan diatas dapat tumbuh dengan sempurna di dalam ruangan karena hanya membutuhkan sedikit asupan air dan dapat bertahan lama di dalam ruangan tanpa sinar matahari.

Semuanya dapat dijadikan alternatif untuk membuat rumah dan kantor anda lebih nyaman, indah, sejuk dan yang paling utama membuat Anda tumbuh dan hidup dalam lingkungan yang sehat. Ada banyak sekali tanaman yang bisa dijadikan alternatif pilihan tanaman indoor, akan kami bahas di lain kesempatan, tentunya jika Anda menyukai artikel ini. Sekian dan terimakasih.


ievoolme

Berpikir positif, tidak peduli seberapa keras kehidupan ini

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *